3 Cara Membuat Masker Alami dari Buah Naga untuk Berbagai Jenis Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Buah naga (Pixabay.com)

Buah naga (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Buah naga merupakan sumber vitamin C dan E yang baik, membantu melawan stres oksidatif, mengobati sengatan matahari, mencegah peradangan, memperkuat pelindung kulit, dan menjaga kelembapan kulit. Selain itu, konsumsi buah naga juga menawarkan manfaat kesehatan tertentu.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari manfaat buah naga pada kulit, Anda bisa memakannya secara teratur atau mengoleskannya pada wajah Anda untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat. Anda dapat membuat paket perawatan wajah berbeda yang menargetkan masalah kulit berbeda menggunakan buah naga dengan cara berikut:

1. Untuk mengatasi jerawat

Untuk mendapatkan manfaat vitamin C, zinc, dan niacinamide dari buah naga, Anda bisa menggunakannya langsung pada kulit Anda.

  • Ambil beberapa potong buah naga dan haluskan menjadi pasta.
  • Kemudian ambil kapas kecil atau gunakan jari untuk mengoleskannya pada flek jerawat atau jerawat aktif sebagai spot treatment.
  • Biarkan selama satu jam dan bilas.
  • Jika kulit Anda bereaksi dengan baik, Anda juga dapat membiarkannya semalaman.

Namun, Anda mungkin tidak melihat hasil instan setelah menerapkan perawatan ini. Jadi, jika Anda memiliki masalah kulit yang serius, disarankan untuk menggunakannya sebagai pilihan pengobatan tambahan bersama dengan obat resep Anda.

2. Untuk mencerahkan kulit

Jumlah antioksidan dan mineral kuat yang terkandung dalam buah naga dapat mencerahkan kulit kusam dan lelah serta menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Berikut cara membuat masker wajah dari buah ini:

  • Ambil 1/4 cangkir buah naga yang sudah dipotong dan diubah menjadi bubur.
  • Kemudian ambil vitamin E dan/atau gel lidah buaya dan campurkan.
  • Oleskan ini ke seluruh wajah Anda dan biarkan selama 15 menit.
  • Cuci wajah Anda secara menyeluruh dengan air dingin untuk membilasnya.

3. Sebagai hidrasi alami

Seperti yang sudah kita bahas, buah naga mengandung hampir 80 persen air. Anda dapat menggunakannya untuk mengatasi dehidrasi pada kulit dan membuat kulit Anda tampak lebih sehat.

  • Ambil 1/2 sendok makan jus buah naga.
  • Campur rata dengan 1 sendok makan yogurt.
  • Oleskan ke wajah Anda dan diamkan selama 15 menit.
  • Cuci bersih dengan air hangat dan nikmati manfaat buah naga yang menghidrasi.

Bagaimana Cara Makan Buah Naga?

Buah naga adalah salah satu buah yang paling sehat dan seseorang dapat memakannya segar untuk mendapatkan semua manfaatnya. Untuk memuaskan selera Anda, Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus. 

Manfaat jus buah naga sangat banyak – meningkatkan kesehatan jantung, membantu pencernaan, dan mencegah kerusakan sel, sehingga menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. 

Dapat juga digunakan sebagai bahan penyedap rasa untuk membuat selai, smoothies, dan salad menjadi lebih nikmat. Bahkan, Anda juga bisa mengonsumsi kulit buah naga — pastikan untuk mencucinya hingga bersih sebelum dikonsumsi. Banyak orang juga menggunakan bubuk buah naga dan menambahkannya ke minuman dan makanan penutup untuk membuat makanan lebih enak.

Efek Samping Buah Naga:

Buah naga biasanya merupakan buah yang sangat lembut dan aman untuk dimasukkan ke dalam makanan Anda. Namun, jarang sekali orang mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi buah ini.

Oleh karena itu, Anda harus melakukan uji tempel sebelum mengoleskan buah naga secara topikal pada kulit Anda dan menjalani tes alergi sebelum mengonsumsinya jika ragu. 

Belum ada cukup data ilmiah mengenai efek samping yang ditimbulkan dari mengonsumsi atau mengaplikasikan buah naga. Namun, seseorang dapat mengambil tindakan pencegahan tertentu agar lebih aman. Beberapa di antaranya adalah:

1. Mungkin tidak cocok untuk dikonsumsi bersamaan dengan obat lain karena tidak banyak data yang dapat diandalkan mengenai reaksi yang ditimbulkannya.

2. Karena kehamilan menyebabkan banyak perubahan fisik dan hormonal, buah naga dapat menyebabkan alergi, jadi sebaiknya batasi asupannya.

3. Mengkonsumsi buah naga terbukti dapat mengontrol kadar gula darah dengan mengurangi lonjakan gula pada pasien pradiabetes dan diabetes. Oleh karena itu, jika Anda menderita diabetes, disarankan untuk memeriksa kadar glukosa setelah mengonsumsi buah naga dalam jumlah tinggi.

4. Seseorang juga sebaiknya menghindari konsumsi buah-buahan yang berpotensi mengubah kadar gula dan dapat menimbulkan reaksi sebelum menjalani operasi

Pilihan Editor: 6 Manfaat Buah Naga untuk Kulit: Tampak Bercahaya dan Awet Muda

PINK VILLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."