Manfaat Jahe untuk Berbagai Jenis Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi Jahe. Pixabay.com

Ilustrasi Jahe. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jahe mungkin menawarkan manfaat berbeda untuk jenis rambut berbeda, jadi mempertimbangkan tekstur dan jenis rambut Anda mungkin bisa membantu dalam mengatasi masalah Anda. Berikut ini manfaat jahe untuk berbagai jenis rambut:

Manfaat Rambut untuk Setiap Jenis Rambut

1. Rambut Berminyak

Jahe dapat membantu mengatur produksi sebum, membersihkan, dan membuka pori-pori kulit kepala yang tersumbat, mengurangi kelebihan minyak, lemak, dan kotoran.

2. Rambut Kering

Jahe juga menawarkan sifat pelembab yang dapat menghidrasi dan menutrisi rambut kering, mengurangi rambut kering dan rapuh serta melawan pengelupasan dan ketombe pada kulit kepala.

3. Rambut Halus atau Tipis

Jahe memiliki sifat merangsang sirkulasi darah, yang secara tidak langsung dapat meningkatkan kekuatan dan pertumbuhan rambut, sehingga meningkatkan volume rambut.

4. Rambut Ikal atau Keriting

Jahe dapat membantu mengurangi rambut kusut dan meningkatkan pola ikal alami pada rambut ikal atau keriting dengan menambah kelembapan dan kilau alami.

5. Rambut yang Diwarnai

Jahe dapat membantu memperbaiki dan melindungi rambut yang rusak akibat pewarnaan atau perawatan kimia. Selain itu, sifat anti-inflamasi dapat membantu menenangkan kulit kepala yang teriritasi akibat perawatan kimia.

Apakah Aman Mengoleskan Ramuan Jahe ke Rambut Anda Setiap Hari?

Biasanya bahan apa pun yang mengandung senyawa aktif tinggi dan menyebabkan reaksi sensitif tidak boleh digunakan setiap hari.

Dalam kasus penggunaan jahe untuk rambut rontok atau masalah terkait rambut lainnya, seseorang harus melakukan tindakan pencegahan tambahan karena ada penelitian pada hewan tertentu yang menyatakan bahwa gingerol mungkin menghambat pertumbuhan rambut yang sehat. 

Para peneliti menduga bahwa hal ini membantu mekanisme pembunuhan sel, yang juga dapat membunuh sel-sel folikel dan juga dapat menyebabkan fase telogen berkepanjangan dalam siklus rambut yang pada akhirnya mengakibatkan penghambatan pertumbuhan rambut. 

Meskipun belum ada penelitian yang menentukan tingkat reaksi ini, lebih bijaksana untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan sebelum melakukan tindakan tersebut. Selain itu, jahe mungkin tidak aman untuk semua orang, karena terlalu keras dan berpotensi menimbulkan efek buruk. 

Jadi, lakukan uji tempel sebelumnya dan terapkan sekali dalam dua minggu jika Anda menikmati pengalamannya. Semoga bermanfaat!

Pilihan Editor: 5 Perawatan Rambut DIY dari Jahe dan Cara Menggunakannya

PINK VILLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."