Tiara Andini Ungkap Pernah Insecure dan Tak Percaya Diri, Ini Penyebabnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Tiara Andini tetap berkarya di masa pandemi (Foto: Doc. Pribadi)

Tiara Andini tetap berkarya di masa pandemi (Foto: Doc. Pribadi)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi serta selebritas berbakat, Tiara Andini yang juga mewakili generasi Z ini membagikan pengalaman hidupnya saat pernah merasa di titik terpuruk dengan kegalauan, tepatnya mulai ia menginjak usia 15 tahun. 

"Aku pernah merasa cemas, galau, dan bahkan tidak percaya diri waktu mengikuti ajang pencarian bakat tapi hasilnya gagal. Waktu itu mikir kayaknya sudah deh, enggak perlu melanjutkan mimpi karena rasanya sudah gagal," ujar Tiara dalam  Kampanye #MyKilauTime dari Sunsilk Black Shine Temani Langkah Perempuan Gen-Z Wujudkan Mimpi, Rabu, 12 Juni 2024. 

Tiara sempat menghentikan mimpi karena kegagalan itu, beruntung momen itu tidak lama sebab ia mendapatkan dukungan dan support system dari keluarga dan teman-temannya. "Untuk bisa berada di titik yang sekarang, aku selalu menjadikan setiap hambatan maupun keberhasilan sebagai pengalaman berharga yang memacu aku terus berani bangkit," ucap perempuan kelahiranJember, 23 September 2001 ini. 

Berbicara mengenai rasa tak percaya diri dan insekuritas generasi Z, Psikolog Irma Gustiana Andriani mengatakan cara yang bisa dilakukan untuk menaklukkan overthinking dan rasa galau. Sebagai langkah awal, tanamkan afirmasi positif secara rutin pada diri kita sebagai langkah jitu untuk membangun rasa percaya diri.

“Selanjutnya, lakukan self-development karena setiap orang punya ruang untuk bertumbuh, coba hal-hal baru yang bisa menambah pengetahuan dan skill kita. Yang tidak kalah penting, cari dukungan dari support system yang dapat membantu meningkatkan rasa percaya bahwa selalu ada dukungan untuk membuat kita mampu berkilau bersama-sama,” sambung Irma.

Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Generasi Z

Survei “Gen Z and Millennial Survey 2023” dari Deloitte Global menyebutkan 62% Gen Z sudah atau ingin memulai bisnisnya sendiri. Begitupun Gen Z yang masih berstatus sebagai karyawan, survei Indonesia Gen Z Report 2024 menunjukkan bahwa 36% dari mereka menghabiskan setidaknya 10% dari income-nya untuk terus mengedukasi dan mengembangkan diri.

Namun, di balik kehebatan mereka, menurut Ari Astuti, Head of Hair Care Unilever Indonesia mengatakan perjalanan para perempuan Gen Z ini tentunya tidak mudah. Mereka menemui berbagai kendala seperti kecenderungan untuk overthinking atau rasa galau. Untuk itu, Sunsilk Black Shine mempersembahkan kampanye #MyKilauTime sebagai support system yang menemani perempuan Gen Z saat mereka berani mengambil langkah untuk berkilau.

Brand perawatan rambut legendaris Sunsilk Black Shine meluncurkan kampanye #MyKilauTime; rangkaian support system yang siap menemani setiap langkah perempuan Gen-Z dalam mewujudkan mimpi mereka. Selain itu, Sunsilk juga memperkenalkan Tiara Andini sebagai brand ambassador terbarunya. Tiara ikut berkolaborasi di lagu dan music video “My Kilau Time” sebagai penyemangat bagi semua perempuan Gen Z agar mereka menjadi lebih positif, percaya diri, dan siap berkilau bersama.

"Lebih dari support dalam bentuk produk yang berkualitas, Sunsilk Black Shine juga secara kontinyu menggelar berbagai program dan kampanye yang mendorong rasa percaya diri perempuan Indonesia, khususnya Gen Z, sekaligus memberikan kesempatan untuk menggali potensi diri agar mampu menjadi pribadi yang berkilau di tengah keseharian mereka," jelas Ari Astuti.

Pilihan Editor: Jadi Bridesmaid Mahalini, Tiara Andini dan Keisya Levronka Anggun Berkebaya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."