Alasan Kulit Berminyak Tetap Butuh Pelembap, Lindungi Skin Barrier

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi perempuan dengan kulit berminyak di daerah T, dan kulit kering di pipi dan bibir. shutterstock.com

Ilustrasi perempuan dengan kulit berminyak di daerah T, dan kulit kering di pipi dan bibir. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaKulit berminyak ditandai dengan rasa berminyak, pori-pori membesar, dan tampilan bersinar yang tidak menyenangkan. Karena permukaannya yang lengket dan lembap, jenis kulit seperti ini lebih rentan terhadap polusi lingkungan dan lebih rentan terhadap munculnya jerawat. Selain itu, produksi sebum berlebih dapat menyebabkan penampilan seseorang menjadi kusam, memicu reproduksi mikroba yang tidak diatur di kulit, dan meningkatkan kemiripan pori-pori yang tersumbat, sehingga menyebabkan komedo hitam, komedo putih, dan jerawat.

Saat ini, banyak orang dengan kulit berminyak sangat berhati-hati dalam menjalani rutinitas perawatan kulit dan melakukannya dengan sangat hati-hati untuk mencegah kondisinya semakin buruk. Salah satu produk yang sering kali membuat ragu untuk digunakan oleh orang-orang dengan kulit berminyak adalah pelembab. Sebelum kita mengetahui pantas atau tidaknya menggunakan pelembab untuk kulit berminyak, mari kita pahami lebih jauh tentang jenis kulit ini.

Penyebab Kulit Berminyak

Kulit berminyak hanyalah kecenderungan kulit seseorang untuk memproduksi minyak berlebih karena adanya kelenjar sebaceous. Meskipun ini adalah kondisi kulit umum yang dialami oleh sebagian besar populasi global, penyebab di baliknya masih sulit dijelaskan dengan pasti, sama seperti kondisi kulit kering. Pakar kulit terus berspekulasi bahwa faktor genetik, kondisi hormonal, kondisi cuaca, paparan panas dan kelembapan, pola makan, dll. sebagai faktor yang mungkin menyebabkan beberapa jenis kulit lebih berminyak dibandingkan jenis kulit lainnya. Namun, belum ada klaim yang dikonfirmasi mengenai hal yang sama.

Meskipun seseorang mungkin memahami penyebab utama kulit berminyak, sangatlah penting untuk memahami apa yang dibutuhkan dan cara terbaik untuk merawatnya. Meskipun pelembap merupakan bagian utama dan penting dalam perawatan kulit secara umum, hal ini cukup menjadi dilema bagi mereka yang memiliki jenis kulit lebih berminyak. Artikel ini bermaksud untuk menjawab pertanyaan ini dan menguraikannya.

Haruskah Pemilik Kulit Berminyak Menggunakan Pelembab

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."