10 Daftar Perempuan Pemimpin Bank, dari Alexandra Askandar hingga Meliza Musa Rusli

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Wakil Direktur Utama atau Wadirut Bank Mandiri, Alexandra Askandar/Foto: Doc. Pribadi

Wakil Direktur Utama atau Wadirut Bank Mandiri, Alexandra Askandar/Foto: Doc. Pribadi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu industri yang memiliki kontribusi bagi keuangan negara ialah perbankan. Jika dulu jajaran pimpinan banyak diduduki oleh laki-laki, seiring zaman perempuan juga memiliki kesmpatan yang sama untuk berkontribusi sesuai passion dan bidangnya masing-masing. Sejumlah bank memiliki pemimpin perempuan, mulai Bank Mandiri dengan Wakil Direktur Alexandra Askandar dan Direktur Bank Permata Meliza Musa Rusli. 

Berikut ini Cantika mengulas profil singkat daftar pemimpin bank perempuan yang bisa menginspirasi saat kamu memilih bidang perbankan. 

1. Alexandra Askandar - Wadirut Mandiri

Alexandra Askandar/Foto: Doc. Pribadi

Alexandra Askandar adalah Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Ia dipilih melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Mandiri (Persero) Tbk pada Oktober 2020. 

Sebelum menjadi Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, Alexandra Askandar lebih dulu menjabat sebagai Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri pada 2018 sampai 2019. Kemudian pada 2019 sampai 2020, dirinya menduduki jabatan Direktur Corporate Banking.

Alexandra Askandar merupakan lulusan Sarjana Ekonomi Universitas Indonesia (UI) dan MBA dari Boston University (Amerika Serikat). Ia adalah anak dari Askandar, salah seorang bankir senior Indonesia. 

Mengutip laman Srikandi BUMN, Alexandra sudah berkarier di Bank Mandiri sejak 2000. Ia mengawali karier sebagai Assistant Vice President, kemudian Vice President Coporate Banking hingga 2008.

Pada 2009, Alexandra melanjutkan karier sebagai Senior Vice President di Corporate Banking. Posisi ini ia tempati sampai 2016. Pada tahun-tahun berikutnya, Alexandra menduduki posisi Senior Executive Vice President. Di tahun 2018 ia sempat menjabat sebagai Komisaris PT Mandiri Sekuritas.

Sebagai bankir, Alexandra Askandar termasuk salah satu sosok cemerlang di dunia perbankan Indonesia. Menteri BUMN RI, Erick Thohir menilai Alexandra sebagai salah satu wanita bertalenta terbaik yang dimiliki BUMN.

Xandra juga memiliki ketertarikan terhadap wastra nusantara, khususnya kain sogan. Keindahan dan keunikan motif menjadi daya pikatnya. Setiap pola dan warnanya mengandung makna mendalam dari warisan budaya indonesia, yang secara tak langsung memperkaya pengalaman dia dalam memahami nilai-nilai tradisional yang tercermin dalam karya seni tersebut. 

2. Parwati Surjaudaja 

Presdir dan CEO Bank OCBC NISP, Parwati Surjaudaja/Foto: Instagram: Parwati Surjaudaja Parwati Surjaudaja adalah Presiden

Direktur PT. Bank OCBC NISP Tbk. Beliau berdedikasi untuk melayani dan memajukan jutaan nasabah individu, UKM, dan korporasi melalui saluran digital dan lebih dari 200 kantor cabang di seluruh Indonesia. Dia bersemangat mengadvokasi kesetaraan gender, kesehatan mental, dan keberlanjutan. Parwati adalah Advokat G20 EMPOWER dan pelopor inisiatif ESG di Indonesia. Di waktu luangnya, ia menikmati membaca, belajar, jalan-jalan bersama keluarga, dan berbagi pengalamannya di platform media sosial seperti LinkedIn, Instagram, dan podcastnya 'TAYTB with Me'.

Di tengah kesibukannya memimpin Bank OCBC NISP, Parwati Surjaudaja kerap memberikan tips kepemimpinan. Mulai dari pengalamannya menjadi CEO selama 15 tahun hingga refleksi tahunan. 

Salah satunya yang pernah dibagikan di laman Instagram ialah bagaimana tips berpikir kritis. Menurut Parwati, saat ini kita berada di era infodemik, di mana banyak informasi yang beredar tapi sulit dipastikan kredibilitasnya. Hal ini membuat kemampuan critical thinking menjadi sesuatu hal yang krusial ketika kita melihat satu hal atau satu ide. Kita tidak serta merta menerima atau menolak, tapi sebaiknya kita dig deeper untuk menemukan alasan rasional dan objektif di baliknya.

"Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk melatih hal ini adalah dengan banyak bertanya, sayangnya jangankan banyak bertanya, berani bertanya saja sering masih menjadi kendala baik dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Berikut berbagai hal yang saya pelajari lewat pengalaman saya untuk bisa membudayakan berani bertanya sehingga kemampuan untuk berpikir kritis bisa semakin terasah," tulis ibu empat anak ini. 

3. Vera Eve Lim

Direktur Keuangan Bank Central Asia (BCA) Vera Eve Lim. Foto: CANTIKA/Sukarnin-oton

Direktur Keuangan  PT Bank Central Asia Tbk (BCA), Vera Eve Lim termasuk dalam jajaran pemimpin perempuan di bidang perbankan. Sosoknya pernah masuk dalam daftar Most Powerful Women, yakni para perempuan tangguh yang mempunyai peran penting dan berpengaruh. 

Melansir laman BCA, Vera  merupakan Direktur Keuangan BCA yang menjabat sejak 1 Februari 2018 silam. Ia terpilih menjadi Direktur Keuangan BCA dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang juga disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pekerjaan Vera membidangi dan mengawasi kegiatan keuangan, mulai dari penyusunan kebijakan akuntansi keuangan, pencatatan, dan pelaporan. Selain itu, ia turut mengawasi sekretariat perusahaan serta melakukan riset ekonomi perbankan dan industri.

Di balik kesibukannya menjadi pemimpin, Vera Eve Lim mengisi waktu luangnya dengan melukis sebagai momen me time dan caranya bersyukur. Kegiatannya melukis bisa dilihat dari postingan yang diunggah di laman Instagramnya. Dalam salah satu fotonya bersama lukisan gaya abstrak miliknya, Vera mengatakan jika ia tidak pernah berpikir bahwa lukisan begitu memuaskan baik jiwa dan karakter pribadi.

Vera mengatakan karya lukis pertamanya adalah gambar batik. Lukisannya itu dia kerjakan 4 sampai 5 kali hingga selesai dan warnanya pas menurut Vera. Dia punya guru melukis, yaitu pelukis Agus Budiyanto. Vera mengaku memilih cat air sebagai bahan lukisnya. “Bersyukur ketemu guru yang baik,” kata Vera saat ditemui Cantika di kantornya, Menara BCA, Jalah M. H. Thamrin, Jakarta, Jumat, 19 April 2024.

4. Fransiska Oei 

Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga, Fransiska Oei. Foto: CANTIKA/Sukarnin-oton

Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal PT Bank CIMB Niaga Tbk. (CIMB Niaga) Fransiska Oei merupakan alumnus Business Law Course from Warnborough College – Inggris (1982) dan S1 Hukum, Universitas Trisakti - Indonesia (1981).

Pengalaman di perbankan antara lain Director of legal, Compliance and Corporate Secretary - PT Bank Danamon Indonesi Tbk (2009-2016). Director of Legal, Compliance and Corporate Secretary - PT Bank Internasional Indonesia Tbk (2005-2009), Senior Advisor for Legal & Compliance - PT Bank International Indonesia Tbk (2004-2005), dan Member of the Board of Commissioners - PT Bank Mandiri Tbk (2004-2005.

Fransiska Oei mengungkapkan salah satu mimpi yang tengah dia kejar adalah punya waktu lebih untuk pekerjaan sosial. Mimpi itu berangkat dari sederet aktivitas sosial yang sudah dia geluti baik di CIMB Niaga maupun di beberapa organisasi. Hatinya terpanggil untuk meluangkan waktu lebih banyak.

"Walaupun saya membidangi CSR (Corporate Social Responsibility atau tanggung jawab sosial perusahaan) di CIMB Niaga, saya merasa perlu lebih banyak waktu untuk pekerjaan sosial. Dedikasi waktu saya untuk sosial, itu salah satu mimpi saya. Kalau saya punya lebih banyak waktu, saya akan lebih banyak di sosial," katanya kepada Cantika di Jakarta, Kamis, 18 April 2024.

Fransiska diketahui menjadi sebagai Ketua Forum Komunikasi Direktur Kepatuhan Perbankan (FKDKP), juga Ketua Bidang Pengembangan Kajian Hukum & ESG di Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas). Setiap hari, selain menuntaskan pekerjaannya di CIMB Niaga, dia juga meluangkan waktu untuk berkontribusi di organisasi tersebut.

"Saya sangat aktif di organisasi. Waktu saya banyak terpakai di organisasi. Kita menggunakan waktu dan tenaga untuk organisasi. Menurut saya, itu salah satu cara giving back to society (berkontribusi kepada masyarakat)," ucap perempuan yang sudah berkarier di perbankan hampir 30 tahun.

5. Novita Widya Anggraini

Direktur Keuangan BNI, Novita Widya Anggraini/Foto: Instagram/

Lahir tahun 1976. Memperoleh gelar Sarjana (S1) Ekonomi di bidang Akuntansi,Universitas Islam Indonesia. Sebelumnya menjabat sebagai Senior Vice President Accounting, PT Bank Mandiri(Persero), Tbk (2017-2020). Senior Vice President Strategy Performance Management, PT Bank Mandiri (Persero), Tbk (2020). Novita tidak memiliki hubungan afiliasi baik dengan Anggota Direksi lainnya, Anggota Dewan Komisaris, maupun Pemegang Saham Utama dan Pengendali.

Novita kerap membagikan kegiatan dan aktivitas saat bekerja sebagai Direktur Keuangan BNI dengan timnya, sesekali ia mengunggah momen saat bersepeda, minum kopi, dan menggunakan wastra Nusantara serta kebaya. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."