Arumi Bachsin Ungkap Tantangan Punya Anak Generasi Alpha, Lawannya Gadget

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Arumi Bachsin/Foto: Instagram/Arumi Bachsin

Arumi Bachsin/Foto: Instagram/Arumi Bachsin

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Istri Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Arumi Bachsin membagikan tantangan menjadi orang tua di zaman now, berbeda dengan masa ia kecil, tantangan sekarang jauh lebih kompleks salah satunya ialah melawan gadget.  

"Perbedaan generasi milenial ke generasi alpha membuat pola asuh juga berbeda. Tantangan anak-anak saya yang termasuk generasi alpah ialah gadget, mereka sudah terbiasa sedari kecil mengenal gadget," ucap Arumi dalam talkshow menuju 70 Tahun SGM Peluncuran Program Dana Pendidikan Dukung Kemajuan Anak Indonesia di Jakarta, Rabu, 5 Juni 2024. 

Ibu tiga anak ini mengatakan masih belajar terus gimana menghadapi anak-anak yang kesehariannya banyak ditemani gadget, bahkan sekolah juga pakai Google Class Room. "Belum lagi ditambah kemudahan informasi-informasi yang didapatkan anak kita ternyata bukan hanya dari kita, tapi dari gadget. Tapi satu sisi kita juga enggak bisa mengurung anak kita kayak di gua gitu," imbuh dia. 

Arumi pun akhirnya mengencangkan doa dan berharap agar semua pihak bisa bahu-membahu untuk melindungi anak-anak di Indonesia. "Jadi menurut saya juga itu baik dari nutrisi, pola yang kita hadapi dengan stunting dan juga pola asuh, khususnya pola asuh terhadap gadget gitu."

Selain dekat dengan gadget, generasi alpha juga mendapat label generasi strawberry yang kalau ditekan sedikit rapuh sehingga peran orang tua juga sangat dibutuhkan. "Menurut saya usahakan apa yang kita mau ekspektasikan dari anak-anak itu kita contoh dulu. Jadi kalau saya lihat anak-anak saya “ih, kok malas-malasan belajar?” biasanya harus introspeksi diri juga sih gitu."

Menurut Arumi, jika semua kebutuhan anak-anak sudah terpenuhi, apa pun yang kita berikan ke mereka, apalagi melalui perbuatan maka akan berpengaruh. "Jadi intinya apa yang kita mau ekspektasikan, mau ekspektasi anak yang sopan, ekspetasi anak pinter belajar punya semangat minimal kita semua jadi contoh kan. Minimal kalau di rumah cara ini coba kami lakukan," ungkap dia. 

Semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya, tak terkecuali Arumi. Sebagai seorang ibu, saya ingin anak-anak saya pun memiliki tumbuh kembang yang maksimal melalui pemenuhan nutrisi yang optimal dan pendidikan yang baik. Sangat penting bagi saya untuk memastikan bahwa anak-anak dapat mengenyam pendidikan dasar yang kuat untuk menjadi bekal perkembangan mereka nantinya," pungkasnya. 

Pilihan Editor: Chat Arumi Bachsin ke Emil Dardak Bikin Baper, Bilang Kangen Langsung Datang

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."