Cegah Penipuan Beasiswa dengan Mengetahui 6 Tanda Berikut Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi beasiswa. Forbes.com

Ilustrasi beasiswa. Forbes.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Musim pendaftaran beasiswa termasuk beasiswa luar negeri akan selalu kompetitif di mana pun Anda melamar. Meskipun saat ini bisa menjadi saat di mana banyak pelamar yang penuh harapan berkumpul untuk mengejar peluang sekali seumur hidup, pada saat ini juga banyak kasus penipuan beasiswa

Sudah menjadi fakta umum bahwa phishing dan penipuan online telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Namun para penipu menjadi lebih kreatif dan menyelidiki penipuan beasiswa untuk membodohi lebih banyak orang daripada yang sudah mereka lakukan.

Itu sebabnya calon kandidat harus mewaspadai tanda-tanda penipuan dan “penawaran beasiswa” palsu yang datang kepada mereka. Agar lebih waspada, berikut 6 cara membedakan apakah peluang atau penipuan beasiswa. 

1. Terlalu Bagus untuk Menjadi Kenyataan

Sama seperti penipuan lain di luar sana, tanda bahaya terbesar yang tidak boleh luput dari perhatian adalah ketika kesepakatan tersebut terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

Apakah perusahaan menjamin beasiswa penuh atau sebagian dengan imbalan biaya yang tidak terlalu minimal? Sebuah “penawaran waktu terbatas” yang menjanjikan paket bantuan keuangan komprehensif untuk menutupi biaya universitas? Atau mungkin akses eksklusif terhadap program beasiswa?

Kenyataannya adalah tidak ada hal seperti itu. Setiap siswa melewati proses yang sama; tidak ada jalan keluar. Pastikan untuk menggunakan akal sehat setiap kali Anda diberikan informasi yang meragukan.

2. Biaya Pendaftaran

Satu-satunya biaya yang harus dikeluarkan oleh beasiswa adalah waktu yang Anda habiskan untuk mengumpulkan dokumen dan biaya yang diperlukan untuk menjalankan tugas tersebut. Tidak ada lagi.

Beasiswa resmi yang ditawarkan oleh universitas-universitas di seluruh dunia tidak memungut biaya pendaftaran sama sekali. Mengapa sekolah membebankan biaya kepada siswanya padahal merekalah yang menanggung biaya studinya?

Saat sebuah perusahaan meminta biaya di muka, pemrosesan pembayaran, atau informasi kartu kredit atau rekening bank Anda, itu adalah tanda yang jelas untuk menutup tab browser.

3. “Hadiah” yang Anda Menangkan

Angkat tangan Anda jika Anda pernah menerima salah satu pesan pop-up yang menyatakan bahwa Anda telah memenangkan hadiah utama dalam lotere atau undian berhadiah. Sayangnya, hal yang sama juga terjadi pada pengajuan beasiswa.

Situs phishing akan menyebutkan bahwa Anda telah memenangkan tempat sebagai finalis penghargaan beasiswa, atau mungkin dipasangkan pada layanan pencocokan beasiswa. Ini bisa datang dalam bentuk email, pesan teks, panggilan, atau sesederhana pesan pop-up yang muncul di situs web mereka.

Sebagai ganti tempat, mereka biasanya meminta informasi pribadi atau detail kartu kredit Anda. Namun yang akan mereka lakukan hanyalah mengantongi uang dan menghilang. Dengan ketatnya persaingan dalam penerimaan beasiswa, ini adalah salah satu cara termudah untuk mengelabui target mereka.

4. Permintaan Informasi Pribadi

Merupakan praktik standar bagi pelamar untuk menghubungi sekolah atau penyedia beasiswa masing-masing jika mereka memerlukan bantuan selama proses pendaftaran; bukan sebaliknya.
Meskipun situs web universitas dipenuhi dengan informasi kontak untuk Anda teliti, penipu akan membuat situs web palsu yang meminta rincian Anda, mengklaim bahwa mereka akan menghubungi Anda.

Pada kesempatan lain, mereka juga menghubungi pelamar secara langsung melalui panggilan telepon, menanyakan informasi rahasia yang diperlukan untuk “proses lamaran”. Ikuti saja instruksi yang diberikan di situs web sekolah dengan hati-hati dan jangan pernah memberikan informasi pribadi Anda kepada siapa pun yang mencurigakan.

5. Batas Waktu Mendesak untuk Mengirimkan Aplikasi Anda

Berurusan dengan tenggat waktu yang mendesak sangat jarang terjadi selama periode penerimaan. Musim pendaftaran cenderung fleksibel di sebagian besar universitas di seluruh dunia, dengan beasiswa tertentu tersebar merata dalam beberapa bulan hingga sepanjang tahun.

Namun, banyak penipu akan menggunakan ini sebagai kesempatan untuk mengambil keuntungan dari siswa dan rasa urgensi mereka. Mereka sering melakukan hal ini dengan menghubungi siswa secara langsung beberapa hari atau jam sebelum batas waktu pendaftaran dan menipu mereka agar mematuhi apa pun yang mereka minta.

Lakukan uji tuntas Anda sebagai pelajar dengan mencatat tanggal dan tenggat waktu penting, serta waspada terhadap penipu dan trik ini.

6. Persyaratan Kelayakan Terbuka

Wajar jika beasiswa mempunyai kriteria kelayakannya. Namun yang tidak normal adalah penyedia layanan mempunyai persyaratan kelayakan terbuka bagi pelamar. Ini pada dasarnya berarti bahwa kriteria penerimaan tidak ada, sehingga secara harfiah siapa pun dapat lolos.

Universitas sangat ketat dalam menentukan siapa yang mereka pilih sebagai sarjana; kecil kemungkinannya mereka akan bersikap lunak dan fleksibel dalam bidang ini.

Selain persyaratan terbuka, perhatikan kemungkinan tanda bahaya di situs web mereka seperti “pemenang beasiswa” sebelumnya dan testimoni skeptis yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

Pilihan Editor: Mengulik Kesempatan Beasiswa Luar Negeri untuk S1 dan S2 di Australia

INTERNATIONAL EDUCATION SPECIALIST

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."