Mengulik Kesempatan Beasiswa Luar Negeri untuk S1 dan S2 di Australia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi beasiswa. Freepik

Ilustrasi beasiswa. Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Australia merupakan negara yang menjadi tujuan favorit untuk berkuliah dan incaran beasiswa luar negeri. Selain karena tersedianya sejumlah perguruan tinggi berkualitas, negara Kangguru ini juga diminati karena memberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk bekerja dan berkarier di sana. 

Namun, melanjutkan pendidikan di negara yang asing tentunya memerlukan persiapan yang matang, terutama dalam hal biaya. Kabar baiknya, ada berbagai beasiswa yang tersedia, termasuk beasiswa Australia fully funded.   

Di tengah pesona pendidikan global, Australia menyediakan lebih dari sekadar peluang pendidikan. Saat berkuliah di sana kamu akan bertemu dengan beragam budaya dan lingkungan belajar yang menarik.  

Menuntut ilmu di Australia bukan sekadar menggali pengetahuan, melainkan sebuah petualangan mendunia yang akan merubah dirimu. Dengan kombinasi keindahan alam, kota-kota kosmopolitan, dan institusi akademik unggulan, Australia menjadi tempat yang mendukung cita-citamu dan memperkaya kehidupanmu dengan pengalaman tak terlupakan. 

Berikut adalah beberapa kelebihan berkuliah S1 (gelar sarjana) dan S2 (gelar magister) di Australia: 

1. Menjadi lulusan yang berkualitas 

Australia memiliki universitas-universitas terbaik di dunia yang mengimplementasikan kurikulum seimbang antara teori dan praktik.  

Kurikulum di Australia dirancang dengan cermat untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi profesional yang adaptif, mampu menghadapi berbagai tantangan di dunia kerja.  

Sistem pendidikan itulah yang membuat Australia menghasilkan begitu banyak lulusan berkualitas. Mungkin kamu bisa jadi salah satunya nanti!  

2. Mendapatkan visa dan kesempatan untuk bekerja 

Para mahasiswa internasional yang belajar di Australia memiliki peluang untuk bekerja selama masa studi mereka. 

Dengan izin kerja selama masa perkuliahan, para mahasiswa dapat bekerja hingga 20 jam per minggu saat kuliah berlangsung, dan bahkan penuh waktu selama masa liburan. 

Tidak hanya itu saja, Australia juga menawarkan visa kerja sementara bagi lulusan pascastudi, yang membuat mereka dapat tinggal dan bekerja di Australia lebih lama setelah lulus. 

Hal ini membantu mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan finansial sehari-hari dan juga memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman kerja internasional dan membangun jaringan profesional yang lebih baik. 

3. Meningkatkan keterampilan bahasa Inggris 

Belajar di Australia dapat membuka kesempatan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu. 

Ini adalah salah satu aset berharga dalam dunia global saat ini, dan bisa meningkatkan peluang kerjamu di berbagai bidang. 

Perbedaan kuliah S1 dan S2 di Australia 

Kuliah S1 dan S2 di Australia memiliki beberapa perbedaan signifikan dalam hal durasi, tingkat spesialisasi, dan persyaratan masuk. Berikut adalah perbedaan utama antara kedua tingkat pendidikan tersebut: 

1. Durasi pendidikan 

Program S1 di Australia biasanya berlangsung selama 3 tahun penuh atau setara dengan 6 semester. Ada juga program yang disebut "Honours" yang membutuhkan satu tahun tambahan. 

Sedangkan program S2 umumnya berlangsung selama 1,5 hingga 2 tahun penuh atau setara dengan 3 hingga 4 semester. Namun, ada juga program S2 yang lebih pendek, seperti Graduate Certificates dan Graduate Diplomas, yang dapat selesai dalam waktu yang lebih singkat. 

Meski begitu, perlu diingat bahwa lamanya pendidikan di Australia untuk setiap jenjang bergantung juga pada jurusan dan tingkat keseriusanmu dalam menyelesaikannya.  

2. Spesialisasi 

Program S1 memberikan pemahaman secara umum dalam disiplin ilmu tertentu, dengan sedikit fokus pada spesialisasi. Hal tersebut karena S1 adalah pendidikan dasar tingkat tinggi. 

Lalu untuk program S2, biasanya lebih spesifik dan difokuskan pada bidang tertentu. Jenjang S2 memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan yang lebih mendalam dalam bidang tertentu. 

3. Persyaratan masuk 

Biasanya, untuk masuk ke dalam program S1, kamu perlu memiliki gelar sekolah menengah atau setara. Beberapa program S1 biasanya juga memiliki persyaratan khusus yang berbeda. 

Untuk program S2, kamu memerlukan gelar S1 yang relevan atau setara. Persyaratan masuk bisa berbeda-beda tergantung pada universitas dan program. 

Jenis beasiswa di Australia

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."