Mengenal Olivia Rodrigo, Penyanyi Keturunan Filipina yang Debut Tahun 2021

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Olivia Rodrigo/Foto: Instagram/Olivia Rodrigo

Olivia Rodrigo/Foto: Instagram/Olivia Rodrigo

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam ulasan finane and career kali ini, kita mengenal Olivia Rodrigo yang merupakan penyanyi, aktris dan penulis lagu. Dikutip dari IMDb, Olivia lahir 20 Februari 2003. Dia berdarah Filipina dari ayahnya dan keturunan Jerman, Inggris, Irlandia, dan Austria dari ibundanya. 

Olivia mulai bernyanyi sejak usia empat tahun dan berakting atas rekomendasi pelatih vokalnya. Dalam dua musim pertama serial Disney+ High School Musical: The Musical: The Series, dia tidak hanya berakting tetapi juga menulis dua lagu asli untuk serial tersebut.

Akting menjadi perkembangan baru baginya, namun bernyanyi dan menulis lagu telah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Beberapa artis yang menjadi inspirasinya, yaitu Fiona Apple, Jack White, PJ Harvey, dan Phoebe Bridgers.

Dikutip dari Fandom, karier Olivia melonjak saat ia merilis lagu pertamanya Drivers License pada 8 Januari 2021. Lagu ini, yang ditulis bersama produser Dan Nigro, memecahkan rekor Spotify untuk streaming terbanyak dalam sehari untuk lagu non-liburan dan mencapai nomor satu di Billboard Hot 100. Pencapaian ini membuka jalan bagi single berikutnya, Deja Vu dan Good 4 U, yang juga meraih posisi tinggi di tangga lagu.

Album debut Olivia, Sour, dirilis pada 21 Mei 2021, dan mendapat pujian kritis luas. Album ini debut di nomor satu di Billboard 200 dan diakui sebagai salah satu album terbaik oleh berbagai kritikus. Sour juga menjadi album terlaris di beberapa negara, dan Olivia dijuluki sebagai the Voice of her Generation oleh majalah Variety.

Pada akhir 2021, Olivia menutup tahun sebagai artis dengan penjualan single terbaik di dunia. Albumnya Sour yang paling banyak diputar di Spotify. Ia juga menerima tujuh nominasi di Grammy Awards Tahunan ke-64 dan memenangkan tiga di antaranya, termasuk Artis Pendatang Baru Terbaik.

Pada 2022, Olivia merilis film dokumenter Disney+ Olivia Rodrigo: Driving Home 2 U, yang memberikan gambaran lebih dalam tentang perjalanan musiknya. Dengan gaya menulis yang penuh empati dan kemampuan untuk menangkap emosi secara mendalam, Olivia terus menjadi inspirasi bagi generasi muda dan diakui sebagai salah satu artis paling berpengaruh.

Yang terbaru, Olivia dan dan penulis lagu yang menjadi mitranya selama ini Daniel Nigro dinobatkan sebagai Songwriter of the Year 2024 oleh American Society of Composers, Authors and Publishers (ASCAP).

Tur Asia

Belum lama ini, kekasih dari Louis Partridge itu mengumumkan jadwal tur GUTS untuk wilayah Asia mulai dari 16 September 2024. Sayangnya, Indonesia tidak masuk ke dalam daftar tersebut.

Dilansir dari Billboard, Bangkok dijadwalkan akan menjadi kota pertama di Asia yang akan dia sambangi sebelum melanjutkan ke Seoul pada 21 September, Hong Kong 23 September, di Tokyo empat hari setelahnya, 27 September, dan Singapura pada 1 Oktober 2024. 

Sebelum ke Asia, Olivia Rodrigo akan merampungkan rangkaian konser di Eropa dan Amerika terlebih dahulu. Terdapat total 82 penampilan yang akan dia lakukan di sepanjang tur GUTS yang ia gelar. Perjalanan turnya tersebut akan berakhir di Sydney, Australia yang dijadwalkan pada 22 Oktober 2024.  

Pilihan Editor: Kelelahan saat Tur Dunia, Olivia Rodrigo Tidur selama 14 Jam

WINDA OKTAVIA | HANIN MARWAH

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."