3 Cara Meracik Masker Pepaya Sesuai Jenis Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Masker wajah berbahan pepaya. Foto: dok. Pinkvilla.

Masker wajah berbahan pepaya. Foto: dok. Pinkvilla.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Meskipun ada berbagai manfaat dan kegunaan pepaya untuk kulit, Anda harus memilih obat atau produk buatan sendiri yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit Anda.

Berikut beberapa cara menggunakan pepaya untuk berbagai jenis kulit dan mendapatkan hasil yang diinginkan:

1. Kulit Kering

Orang dengan kulit kering selalu bermasalah dengan kulit yang kasar, bersisik, gatal, dan mengelupas. Paket wajah dengan bahan-bahan yang menghidrasi dapat membantu menjaga kelembapan dan membuat kulit Anda lembut.

Berikut paket wajah DIY untuk kulit kering yang bisa Anda coba:

Paket Wajah Pepaya untuk Kulit Kering

Ambil 4 potong dadu pepaya mentah dan campur dengan ½ sendok makan gel lidah buaya dan 4 tetes minyak vitamin E.

Haluskan bahan ini dengan baik untuk membentuk pasta halus dan oleskan secara bebas sebagai masker wajah. Simpan di wajah dan leher Anda selama 20 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

Manfaat

Lidah buaya, tanaman luar biasa yang disebut-sebut sebagai bahan perawatan kulit ajaib, memberikan kemampuan melembabkan yang kuat sehingga menenangkan gejala kulit kering. Vitamin E, sebaliknya, memiliki sifat anti-inflamasi yang memperlambat proses penuaan dan juga meningkatkan tingkat hidrasi.

2. Kulit Berminyak dan Rawan Jerawat

Bagi mereka yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, penting untuk menggunakan paket wajah yang mengontrol produksi sebum dan tidak membuat kulit berminyak. Ini paket untuk dicoba:

Paket Wajah Pepaya untuk Kulit Berminyak dan Rawan Jerawat

Ambil 6 kubus pepaya dan haluskan dengan garpu atau blender. Tuangkan 4 tetes minyak neem dan 2 tetes tea tree essential ke dalam pepaya yang sudah dihaluskan lalu aduk rata. Gunakan ini sebagai masker wajah dan leher dan cuci dengan air dingin setelah 20 menit.

Manfaat

Sifat antibakteri dari Mimba menjadikannya ramuan asli yang luar biasa untuk pencegahan dan pengobatan acne vulgaris. Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2022 terungkap bahwa sabun muka yang mengandung mimba cukup efektif mencegah dan mengurangi jerawat ringan hingga sedang tanpa efek samping.

3. Kulit Kusam

Jika paparan polutan dan gaya hidup yang buruk telah menghilangkan kilau alami kulit Anda, inilah saatnya memanfaatkan buah pepaya untuk kulit dan mencerahkan kulit Anda. Di bawah ini adalah masker wajah pepaya buatan sendiri yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi kulit kusam:

Paket Wajah Pepaya untuk Mengobati Kulit Kusam

Ambil 6 kubus pepaya dan haluskan dengan 4 tetes perasan lemon dan ½ sendok makan bubuk cendana. Aduk rata untuk membuat pasta dengan konsistensi halus. Oleskan secukupnya ke seluruh wajah dan leher Anda. Gunakan air dingin untuk mencucinya.

Manfaat

Lemon memiliki sifat antimikroba dan astringen yang kuat yang membantu mengencangkan pori-pori, mengecilkan pori-pori, dan menghilangkan minyak berlebih pada kulit. Selain itu, jus berbahan dasar jeruk dikenal karena sifat anti penuaannya — secara keseluruhan, menambahkan lemon ke dalam rangkaian perawatan kulit Anda dapat membantu Anda mengucapkan selamat tinggal pada kulit kusam.

Kayu cendana juga mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kulit – ia memiliki efek antioksidan dan anti-penuaan yang hebat pada kulit sehingga melindungi kulit dari kerusakan oksidatif dan radikal.

Itulah cara membuat masker dari pepaya yang sesuai jenis kulit. Selamat mencoba!

Pilihan Editor: 5 Manfaat Pepaya untuk Kulit: Menghidrasi dan sebagai Antioksidan

PINKVILLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."