7 Cara Membangun Bonding Keluarga yang Kuat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi keluarga. Freepik.com/Lifestylememory

Ilustrasi keluarga. Freepik.com/Lifestylememory

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Keluarga merupakan 'rumah' dalam membentuk pribadi. Keluarga adalah bagian dari identitas, sumber kekuatan juga kelemahan kita. Jadi untuk menghormati dan merayakan kontribusi besar yang dimainkan keluarga dalam membentuk seseorang, setiap tahun Hari Keluarga Internasional diperingati pada tanggal 15 Mei.

Hari ini dicanangkan oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1993 dan mencerminkan pentingnya komunitas internasional terhadap keluarga.

Tema Hari Keluarga Internasional tahun 2024 adalah 'Keluarga dan Perubahan Iklim'. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang bagaimana perubahan iklim berdampak pada keluarga dan peran yang dapat dimainkan oleh keluarga dalam aksi iklim.

"Melalui inisiatif keluarga dan komunitas, kita dapat mendorong aksi iklim melalui pendidikan, akses terhadap informasi, pelatihan dan partisipasi masyarakat,” demikian bunyi pernyataan di situs resmi PBB.

Berikut beberapa cara untuk menciptakan ikatan atau bonding keluarga yang kuat dan kenangan indah bersama.

1. Komunikasi yang jelas dan efektif

Ini merupakan aspek penting dalam hubungan apa pun. Hal ini termasuk mendorong komunikasi yang terbuka dan jujur yang membuat seseorang merasa didengarkan dan dipahami, mendengarkan secara aktif, juga tetap berhubungan dengan keluarga Anda dalam suka dan duka.

2. Menghabiskan waktu berkualitas

Bersama membantu seseorang memahami anggota keluarganya dengan lebih baik dan terhubung dengan mereka. Ini juga membantu dalam membangun kenangan indah bersama.

3. Berbagi tanggung jawab dan bekerja sebagai tim membantu anggota keluarga merasa penting dan terhubung satu sama lain. Hal ini membantu dalam menciptakan rasa memiliki dalam keluarga.

4. Merayakan pencapaian dan saling mendukung di masa-masa sulit membantu mengembangkan ikatan dan kepercayaan yang kuat di antara anggota keluarga.

5. Menciptakan ruang aman untuk menjadi diri sendiri di rumah, membantu seseorang merasa dipahami, dicintai dan diperhatikan, serta diterima.

Keluarga adalah tulang punggung, jadi saling mendukung adalah bagian penting dalam mengembangkan ikatan keluarga yang kuat.

6. Mengikuti dan merayakan tradisi keluarga juga membantu seseorang menjalin ikatan dan menciptakan kenangan indah bersama keluarga.

7. Menunjukkan cinta dan kasih sayang satu sama lain tanpa syarat adalah tujuan keluarga. Inilah inti dari ikatan keluarga yang kuat dan terpelihara yang bertahan lama.

Pilihan Editor: Saat Victoria Beckham Melangkah di Usia 50 Tahun, Keluarga Adalah Segalanya

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."