Dari Yura Yunita hingga Maudy Ayunda, Intip Selebritis yang Kerap Berkebaya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Maudy Ayunda/Foto: Instagram/Maudy Ayunda

Maudy Ayunda/Foto: Instagram/Maudy Ayunda

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kebaya merupakan salah satu busana tradisional Nusantara yang kerap dipakai wanita dalam beberapa acara formal. Namun tak hanya masyarakat biasa, deretan para artis ini pun dengan bangga mengenakan kebaya dalam setiap kesempatannya tampil di muka umum dan di posting dalam media sosialnya

Berikut beberapa nama artis yang kerap memakai kebaya dan kain wastra khas Indonesia.
 

1. Yura Yunita

Yura Yunita/Foto: Doc. Pribadi

Penyanyi Yura Yunita memakai kebaya yang diunggah ke sosial medianya. Dalam setiap kesempatan bernyanyi, Yura Yunita selalu memakai kebaya atau kain tradisional Indonesia sebagai pakaiannya di atas panggung. Ia juga melengkapi aksesori manggungnya dengan sneakers atau sepatu berplatform tinggi untuk mendukungnya beraksi saat bernyanyi.

Yura sering memadu padankan warna-warna yang mencolok dari kain wastra yang ia kenakan. Baru-baru ini ia juga mengenakan kebaya dengan paduan 3 macam wastra beraneka motif saat menjadi tamu di Pura Mangkunegaran, Solo pada akhir April.
 

2. Dian Sastro

Dian Sastrowardoyo. Foto: Instagram/@therealdisastr

Berkat perannya yang memuaskan di serial Netflix "Gadis Kretek", Dian Sastrowardoyo atau akrab disapa Dian Sastro berhasil mengangkat salah satu kebaya khas Yogyakarta yaitu kebaya Janggan. Kebaya Janggan memiliki ciri khas menutupi bagian leher dengan kerah chongsam, dan detail kancing yang menyamping miring menyerupai busana adat pria Jawa, surjan.

Dalam beberapa kesempatan, Dian memamerkan busana kebaya Janggan dari desainer tanah air. Selain itu, ia juga terlihat cantik saat memakai kebaya dalam acara penggalangan dana Indonesia Dance Festival pada awal Mei. 
 

3. Titi Radjo Padmaja

 

Musisi wanita yang mahir bermain drum Titi Radjo Padmaja juga kerap membagikan momen di media sosial Instagramnya mengenakan kebaya. Baru baru ini saat memeringati Hari Kartini, Titi memakai kebaya tidak berlengan dilengkapi dengan kain berwarna oranye cerah. Dalam beberapa kesempatan lainnya, ia juga berpose mengenakan kebaya khas Bali berwarna putih.

Titi pun hadir dalam acara yang digelar ASEAN dalam rangka mengusung kebaya masuk dalam daftar warisan budaya Unesco bersama komunitas kebaya.
 

4. Happy Salma
 Happy Salma/Foto: Instagram/Happy Salma

Aktris Happy Salma adalah salah satu pesohor yang beberapa kali mengabadikan momennya di media sosial dengan mengenakan pakaian dan kain khas Indonesia.

Akhir-akhir ini, wanita yang juga kerap menggelar acara monolog di teater membagikan fotonya mengenakan kebaya Janggan dan juga sering terlihat memakai kebaya khas Bali, tempat tinggalnya bersama sang suami. Ia juga tak ragu memakai karya dari perajin lokal yang mengangkat keindahan wastra Indonesia.
 

5. Ariel Tatum
 Gaya Ariel Tatum mengenakan kebaya di acara Istana Berkebaya, Minggu, 6 Agustus 2023/Foto: Instagram/ Ariel Tatum

Model dan aktris Ariel Tatum beberapa kali terlihat memakai setelan kebaya dan kain wastra saat menghadiri acara formal. Tak jarang juga ia memakai kain wastra saat penampilannya di catwalk membawakan balutan kain dari desainer ternama Indonesia.

Pada Agustus tahun 2023 Ariel juga menjadi salah satu tamu undangan di acara Istana Berkebaya. Ia berkesempatan menarikan tarian khas Sukabumi dengan balutan kebaya.

6. Maudy Ayunda 

Maudy Ayunda/Foto: Instagram/Maudy Ayunda

Aktirs, pengusaha, dan produser film Maudy Ayunda juga kerap mengunggah fotonya saat berkbaya, terutama saat ia menjadi bridesmaid atau pengiring pengantin wanita. Dalam foto yang pernah diunggah, istri Jesse Choi ini mengenakan kebaya brokat pink nude yang dijahit oleh Asky Febrianti. Kebaya ini dihiasi payet mutiara di permukaannya, terdapat bros warna emas juga yang menghiasi atasan. Sedangkan untuk bawahan, Maudy mengenakan rok batik warna cokelat bata. Ia juga memakai tas tangan Chanel dengan warna serupa dengan kebayanya.

Lalu untuk tampilan kedua Maudy sebagai bridesmaid, Maudy terlihat menawan berkebaya warna hijau matcha hasil karya Penny Arie. Kebaya brokat ini memiliki kerah yang rendah hingga pundak dan pernak-pernik hijau, putih, dan emas di permukaan. Di bagian bawah terdapat dibentuk segitiga. 

7. Andien

Saat para pesohor memamerkan gaya fashion Barbie modern, Andien tampil out of the box dengan busana bernuansa Wastra Nusantara/Foto: Instagram/Andien

Penyanyi Andien juga kerap menampilkan gaya anggun berbalut kebaya dan wastra Nusantara. Salah satunya saat ia meluncurkan yayasannya yang bertajuk Andien Aisyah Foundation pada Maret lalu. Ia tampil etnik berbalut kebaya janggan berbahan suede dengan moyif kancing cheongsham yang dipadukan kain jumputam. 

Sebelumnya, saat tren Barbie Challenge ia juga mengunggah video reels ragam kebaya dengan warna-warna cerah ala barbie.  Salah satu gayanya Andien memadukan baju kurung berlayer warna peach dengan kain songket sebagai bawahan dan selendang, tak lupa heels warna pink. Dilanjutkan dengan gaya kedua, ibu dua anak ini anggun berkebaya encim warna ungu beraksen bordir. Tak lupa ia memadukan dengan kain batik nuansa peach dan selendang merah muda. Agar tampilannya semakin stuning, ia menyematkan brooch di bagian atas kebaya. 

Nah, Sahabat Cantika lebih suka yang mana nih, di antara penampilan para selebritis yang berkebaya?

Pilihan Editor: Kebaya Diajukan ke UNESCO, Didiet Maulana: Semakin Bangga

ANTARA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."