Foto Prewedding Rizky Febian dan Mahalini, Bergaya Etnik dengan Tenun Bali

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Foto prewedding Mahalini dan Rizky Febian mengusung adat Bali yang eksotis/Foto: Instagram/Rizky Febian

Foto prewedding Mahalini dan Rizky Febian mengusung adat Bali yang eksotis/Foto: Instagram/Rizky Febian

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Satu langkah lagi pernikahan sejoli Rizky Febian dan penyanyi Ni Luh Ketut Mahalini Ayu Raharja atau akrab disapa Mahalini akan digelar, sebelumnya mereka membagikan foto prewedding bergaya etnik dengan kain tenun Bali. Mereka mengunggah foto prewedding di laman instagram masing-masing. 

Dalam kolase foto prewedding tersebut, tampak Mahalini mengenakan kain tenun Bali atau biasa disebut dengan kain endek warna cokelat yang dililitkan seperti di dada. Bagian bawahnya kain bergaris warna krem dengan selendang endek. Sementara untuk aksesorinya dari Cahya Dewi Bali berupa belt, gelang, kalung, cincin, dan anting-anting. Tak lupa ia juga memakai hiasan kepala yang menyerupai payas agung. 

Foto prewedding Mahalini dan Rizky Febian mengusung adat Bali yang eksotis/Foto: Instagram/Rizky Febian

Sementara untuk riasannya dibuat bernuansa flawless natural dari Dhirman Putra. Nuansa cokelat muda menjadi pilihan Mahalini mulai dari makeup mata atau eyeshadow, contour hingga lipstik warna nude untuk menyempurnakan riasan. 

Calon pengantin pria, Rizky Febian mengenakan adat Bali berupa piyama yang dipairing dengan puter warna hitam yang dilengkapi brooch dan udeng di kepala. Sebagai pelengkap ia memakai sandal selop dan membawa keris. 

Upacara Mepamit

Sebelumnya, Mahalini dan Rizky Febian telah menjalani upacara Mepamit yang diselenggaran di kawasan Banjar Aseman Kawan, Tibubeneng, Kuta Utara, Badung, Bali hari ini, Ahad 5 Mei 2024.

Menurut artikel jurnal 'Tinjauan URF Terhadap Tradisi Mepamit Bagi Muallaf Hindu Menjelang Prosesi Perkawinan Islam (Studi Kasus di Desa Semapura Klod Kangin Kab. Klungkung)' Universitas Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq karya Rizal Azwan Universutas Islam Negeri, tradisi Mepamit merupakan istilah berpamitan atau perpisahan.

Rizky Febian dan Mahalini Raharja melangsungkan upacara adat menjelang hari pernikahan, Ahad, 5 Mei 2024. Foto: Instagram/@rfasmusic

Proses ritualnya dilakukan disanggah atau pura (tempat ibadah bagi agama Hindu) milik calon pengantin perempuan dan disaksikan langsung oleh keluarga, masyarakat, tokoh-tokoh adat serta pemuka agama setempat.

Makna lain dari Mepamit sendiri adalah berpamitan kepada para leluhurnya, karena ingin menikah dengan pasangan yang seagama maupun beragama lain dan dirinya telah menjadi tanggung jawab keluarga pasangannya.

Upacara ini merupakan legasi yang terwariskan dari zaman dahulu. Pasalnya, umat Hindu sangat mempercayai konsepsi relasi yang dikenal sebagai Bhatara Hyang Guru, yang diinterpretasikan sebagai pemberi anugerah cinta dan kasih sayang sepanjang masa selama hidup di dunia.

Oleh sebab itu, ketika ada seseorang yang menetapkan untuk meninggalkan kepecayaan Hindu atau beralih agama, diharuskan menjalani tradisi Mepamit terlebih dahulu.

Pilihan Editor: Jelang Menikah, Mahalini Bagikan Perayaan Ini di Rumah Calon Mertua

DIAN FITRIANI NURHAYATI  

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."