Persiapan Maudy Ayunda Debut jadi Produser Film: Banyak Bertanya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Artis Maudy Ayunda. Foto: Instagram/@maudyayunda

Artis Maudy Ayunda. Foto: Instagram/@maudyayunda

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada kabar terbaru dari artis multitalenta Maudy Ayunda. Maudy bakal menjadi produser film biopik Ki Hadjar Dewantara atau KHD yang bakal tayang 2026. Ini merupakan debut Maudy duduk di kursi produser. Seperti kita ketahui, Maudy sudah membintangi deretan judul film sekaligus menyanyikan lagu tema atau original soundtrack seperti Perahu Kertas.

Maudy mengaku sebenarnya sudah lama ingin menjajal peran produser. Tapi dia menunggu waktu dan proyek yang klop dengan hatinya.

"Sebenarnya aku sudah lama pengen produce, tapi aku pemikir aja. Kalau akhirnya debut jadi produser, rasanya harus sesuatu yang enak di hati, sesuai kemampuan aku, sesuatu yang aku percaya. Setelah aku ngobrol dengan mbak Gina S. Noer, ini merupakan proyek yang paling autentik dan inline sama jati diri aku," kata Maudy dalam exclusive media gathering project announcement film "KHD" di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Jakarta, Senin, 6 Mei 2024.

Maudy kemudian mengisahkan awal mula perbincangan dia dan Gina S. Noer selaku sutradara dan penulis film KHD di suatu kedai kopi. Menurut Maudy, mereka berjumpa setelah dia kembali ke Indonesia usai mengantongi gelar S2 pertengahan 2021 silam.

"Awalnya dari coffee shop, di mana kita bertukar pikiran. Mbak Gina sama aku sempat ngobrol saat aku awal-awal balik kuliah, 'Maudy sekarang sibuk apa, apa saja yang mau dilakukan, apa yang mau dicapai, dan aku pun bertanya sebaliknya. Di situ, kami ada ada kesamaan dan saya sangat menghargai karya-karya mbak Gina yang selalu membawa pesan penting," ucap istri Jesse Choi itu.

Dalam film KHD, sutradara Gina S. Noer menggandeng artis Maudy Ayunda sebagai produser. Foto: Instagram/@maudyayunda

"Di sana, kami membahas sosok Ki Hadjar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia. Nilai-nilai yang dia bawa, rasanya perlu diceritakan, disampaikan, itu yang aku percaya. Dari obrolan itu, jadi semakin dalam hingga sampai di titik sekarang," kata Maudy.

Selain itu, menurut Maudy, pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang progresif di masanya menginspirasi dia. Dan, dia sudah mengaguminya sejak kuliah.

"Saya kagum dengan pemikiran dan nilai yang dimiliki Ki Hadjar Dewantara. Kita bisa belajar dari kehidupan beliau, dari keluarga, masa kecil. KHD ebih dari film pendidikan, ini film tentang kehidupan seseorang, tentang manusia. Saya ingin anak muda bisa mengenal sosoknya, dan nilai beserta pemikirannya berlangsung panjang," ucap perempuan 29 tahun itu.

Persiapan Maudy Ayunda jadi Produser Film

Mengingat belum pernah ada pengalaman menjadi produser film, Maudy mengatakan selalu menumbuhkan rasa ingin tahu dan tak malu bertanya untuk mendalami perannya.

"Dari segi persiapan, selama ini banyak ngobrol sama para produser di Wahana Kreator. aku tahu i'm newbie, pertama kali juga. Jadi, approach (pendekatan) aku penuh rasa ingin tahu dan banyak bertanya ke tim Wahana Kreator," ucap Maudy.

Maudy juga mengatakan tak akan sungkan menimba ilmu dari rekan artis yang sudah lebih dulu terjun menjadi produser. "Banyak kawan yang sudah menjadi produser. (saya juga) belajar dari teman dan rekan lainnya," katanya.

Selain itu, lanjut Maudy, pengalaman dia memproduksi suatu karya atau proyek di luar film bisa menjadi bekal tambahan menjadi produser.

Ditanya soal dukungan suami tercinta, Maudy mengungkapkan pria berdarah Korea Selatan itu mendukung penuh setiap pilihannya untuk bertumbuh.

"Orang-orang sekitar saya sangat supportif terhadap pertumbuhan saya. Jesse selalu support (dukung) apa pun yang aku mampu dan bertumbuh. Itu yang selalu aku cari, kesempatan untuk bertumbuh. Ada ketakutan, excitement juga memulai dari nol suatu peran," ucapnya.

Film KHD Memasuki Tahap Riset

Produksi film yang digawangi Wahana Kreator dan didukung Kemendikbudristek itu tengah memasuki masa riset, pengembangan cerita maupun penulisan naskah. Film yang disutradarai dan ditulis oleh Gina S. Noer ini dijadwalkan mulai syuting pada tahun 2025 dan dirilis pada 2 Mei 2026 bertepatan dengan momen Hari Pendidikan Nasional.

Film KHD adalah sebuah perayaan akan kehidupan dan warisan pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Kami berharap film ini tidak hanya menghibur, tetapi juga menginspirasi dan memberikan refleksi yang mendalam tentang pendidikan yang merdeka dan relevan bagi masa depan bangsa," ucap Salman Aristo, Direktur Utama Wahan Kreator.

Proses pengerjaan film KHD juga sudah mengantongi restu dari keluarga Ki Hadjar Dewantara. Cicit Ki Hadjar Dewantara sekaligus Ketua Yayasan Keluarga Ki Hadjar Dewantara, Ki Bayu Prabangkara mengatakan keluarga besarnya menyambut baik rencana pembuatan film KHD.

Kita doakan semoga lancar pembuatan film KHD. Dan, apakah Maudy Ayunda akan membintangi atau menyanyikan lagu OST di film tersebut, kita pantau ke depannya, ya, Sahabat Cantika.

Pilihan Editor: Maudy Ayunda Kagum dengan Pesatnya Pertumbuhan Industri Kecantikan Indonesia

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."