Bos Microsoft Bertemu Jokowi di Istana, Bahas Investasi Besar untuk Pelatihan AI

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
CEO Microsoft Satya Nadella berjalan usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 30 April 2024. Pertemuan tersebut diantaranya membahas investasi Microsoft di Indonesia. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

CEO Microsoft Satya Nadella berjalan usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 30 April 2024. Pertemuan tersebut diantaranya membahas investasi Microsoft di Indonesia. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan kerja Chief Executive Officer Microsoft Satya Nadella di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 30 April 2024. Jokowi dan bos Microsoft tersebut membahas rencana investasi besar perusahan teknologi asal Amerika Serikat ini di Indonesia, yaitu di bidang kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Menteri Komunikasi dan Informatika, yang mendampingi Jokowi saat bertemu Nadella mengatakan Microsoft akan berinvestasi secara signifikan selama empat tahun ke depan dalam AI, komputasi awan, serta kesempatan pelatihan AI untuk 840.000 orang.

Selain itu, Budi Arie mengatakan ada juga dukungan untuk komunitas developer yang sedang berkembang di Indonesia seperti program “AI Oddyssey” yang diharapkan dapat menjangkau 10.000 developer dengan Microsoft kridensial.

"Kita yakin dengan penggabungan teknologi dan kekuatan Indonesia bisa kita jadi negara maju," ucap Budi Arie dalam keterangan di Istana.

Budi Arie enggan merinci nilai investasi yang disepakati antara Microsoft dan Pemerintah Indonesia. Namun dia menyebut nilai ini sebagai investasi tunggal terbesar dalam sejarah kegiatan bisnis Microsoft selama 29 tahun di Indonesia.

Nadella tidak memberikan keterangan sama sekali usai bertemu Jokowi. Persamuhan bos Microsoft dan Presiden berlangsung sekitar setengah jam. Dia akan mengumumkan dalam acara Microsoft Build: AI Day di Jakarta Convention Center, Selasa ini.

Rencana investasi Microsoft untuk Indonesia sebenarnya sudah ditandai mulai dari penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Microsoft pada Maret 2024. Dalam MoU itu, Microsoft berkomitmen untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia bidang digital dan penguatan infrastruktur dan digitalisasi pemerintah.

Sebelumnya, Budi Arie menyebutkan investasi yang bakal dihadirkan Microsoft untuk Indonesia sekitar Rp 14 triliun. Namun dalam keterangan hari ini di Istana, dia menyebut nilai investasi itu akan lebih besar. "Nanti diumumkan di JCC, pokoknya besar lah," kata dia.

Pilihan Editor: Lawatan CEO Apple Tim Cook di Indonesia: Makan Sate Ayam, Bahas Investasi dan Akademi

DANIEL A. FAJRI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."