Produk Groceries hingga Fashion Paling Laris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(Kiri-Kanan) Pemilik Usaha Jenna and Kaia, Lira Krisnalisa; E-Commerce Communication Director Shop Tokopedia, Nuraini Razak; Pemilik Usaha Tulus Skin, Jessica Anggrainy; dan Pemilik Usaha Hijrahfood Meatshop, Akram Amrullah Rajab usai berbincang soal tren belanja online selama Ramadan 2024 di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 25 April 2024. Tempo/Novali Panji

(Kiri-Kanan) Pemilik Usaha Jenna and Kaia, Lira Krisnalisa; E-Commerce Communication Director Shop Tokopedia, Nuraini Razak; Pemilik Usaha Tulus Skin, Jessica Anggrainy; dan Pemilik Usaha Hijrahfood Meatshop, Akram Amrullah Rajab usai berbincang soal tren belanja online selama Ramadan 2024 di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 25 April 2024. Tempo/Novali Panji

IKLAN

sCANTIKA.COM, Jakarta - Perusahaan teknologi, Tokopedia menjabarkan tren belanja daring atau online masyarakat selama Ramadan dan Lebaran tahun 2024. Menurut catatan Tokopedia, produk groceries atau kebutuhan sehari-hari termasuk makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan diri, rumah tangga, dan fashion menjadi tiga kategori yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024.

“Penjualan produk groceries dan elektronik masing-masing mengalami kenaikan penjualan hampir 2 kali lipat selama kampanye Ramadan Ekstra Seru berlangsung di Tokopedia sepanjang 23 Februari-5 April 2024 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sedangkan produk fashion melonjak hampir 2,5 kali lipat,” kata E-Commerce Communications Director Shop | Tokopedia, Nuraini Razak saat Media Gathering di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 25 April 2024. 

Adapun selama ramadan Tokopedia menghadirkan kampanye "Ramadan Ekstra Seru" untuk mendongkrak penjualan para pedagang, terutama brand lokal. Kampanye yang berlangsung pada 23 Februari hingga 5 April 2024 ini mengizinkan penjual untuk promosi dan berjualan di halaman khusus Tokopedia dan Shop Tokopedia lewat aplikasi TikTok.

Kampanye "Ramadan Ekstra Seru" ini juga menawarkan keuntungan bagi masyarakat, seperti mendapatkan kemudahan mencari produk lokal yang dibutuhkan saat Ramadan dan Lebaran.

Nuraini menuturkan, kampanye ini turut membawa dampak positif bagi penjualan produk di berbagai kategori. "Produk groceries dan elektronik masing-masing mengalami kenaikan penjualan hampir 2 kali lipat selama kampanye Ramadan Ekstra Seru, dibanding dengan tahun sebelumnya," ucapnya. 

Lonjakan penjualan juga terjadi pada produk fashion, yang naik hampir 2,5 kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu. Produk lokal juga mengalami peningkatan penjualan selama Ramadan dan Lebaran 2024.

Nuraini menyebut, peningkatan penjualan untuk brand lokal di Tokopedia mencapai rata-rata 9 kali lipat di berbagai kategori produk. Hal itu, menurut dia, berkat dampak dari kampanye "Beli Lokal" yang dikonsep untuk mendukung pelaku usaha lokal supaya menjadi pilihan utama masyarakat selama Ramadan dan Lebaran.

Tren Belanja di Shop Tokopedia 

Nuraini juga mengungkapkan tren belanja online masyarakat lewat aplikasi TikTok atau Shop Tokopedia selama ramadan dan lebaran. Shop Tokopedia mencatat, produk fashion muslim perempuan, perawatan kulit atau skincare, dan makanan ringan menjadi tiga produk yang paling laris dibeli masyarakat.

"Shop Tokopedia mencatat penjualan rata-rata pelaku usaha yang mengikuti kampanye Ramadan Ekstra Seru naik lebih dari 3 kali lipat dibandingkan rata-rata mingguan pada Februari 2024," katanya. 

Peningkatan penjualan juga terjadi untuk produk lokal selama ramadan dan lebaran. Shop Tokopedia mencatat transaksi brand lokal dari berbagai kategori yang ikut dalam kampanye "Beli Lokal" rata-rata naik 9 kali lipat sepanjang Ramadan 2024, apabila dibandingkan dengan Ramadan 2023. Volume pesanan pada Februari 2024 di Shop Tokopedia juga tercatat meningkat hingga 2,5 kali lipat dibanding dari periode September 2023.

Pilihan Editor: Hari Perempuan Sedunia, Simak Kisah 3 Pengusaha Wanita Brand Lokal

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."