Berikut Rutinitas Skincare Pagi dan Malam untuk Kulit Berminyak, Menurut Dokter

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit berminyak. Foto: Unsplash.com/Haley Lawrence

Ilustrasi kulit berminyak. Foto: Unsplash.com/Haley Lawrence

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu tantangan pemilik kulit berminyak adalah menemukan produk perawatan kulit atau skincare yang menampilkan kilau alami, tapi tidak menambah "kilau" alias minyak berlebih di wajah. Tapi bukan berarti itu hal yang mustahil. Dengan menerapkan skincare pagi dan malam yang tepat sesuai kebutuhan kulit berminyak bisa berdampak besar pada penampilan. Berikut rutinitas skincare pagi dan malam untuk kulit berminyak menurut dokter.

Skincare Pagi

1. Membersihkan wajah

Langkah pertama dalam rutinitas skincare kulit apa pun harus selalu membersihkan. “Pembersih menghilangkan kotoran, minyak, dan kotoran dari permukaan kulit,” kata dokter kulit bersertifikat Tess Mauricio dikutip dari Byrdie.

Setelah wajah Anda bersih, para ahli merekomendasikan penggunaan toner pada kulit yang telanjang. “Toner menyeimbangkan tingkat pH kulit, mengencangkan kulit, dan melakukan eksfoliasi dengan lembut agar bahan aktif terserap lebih baik,” kata Mauricio.

2. Serum

Sekarang saatnya untuk menghidrasi dan mengencangkan kulit, memberinya perlindungan dan kelembapan pertama. Dokter kulit bersertifikat Lauren Penzi merekomendasikan serum antioksidan untuk melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas lingkungan dan membuat kulit lebih cerah.

3. Melembapkan

“Pelembap menghidrasi kulit dan menjaga keseimbangan kelembapannya,” ucap Mauricio. “Bahkan pada kulit yang rentan berjerawat atau berminyak, pelembap yang tepat sangatlah penting.”

Dokter kulit Blair Murphy-Rose merekomendasikan pelembab yang memberikan perlindungan antioksidan dalam formula non-komedogenik yang seimbang untuk kulit berminyak.

4. Tabir Surya

Tabir surya adalah sahabat kita semua. Ini adalah resep umur panjang kulit Anda, botox bawaan Anda, dan yang lebih penting, pelindung kulit Anda. Tabir surya melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya, mencegah penuaan dini dan kerusakan akibat sinar matahari, kata Mauricio. 

Skincare Malam

1. Membersihkan wajah

Setelah hari yang melelahkan—terutama yang melibatkan riasan, keluar rumah, atau aktivitas apa pun—pembersihan untuk mempersiapkan kulit menghadapi rutinitas malam sangatlah penting. Anda pasti ingin menghilangkan kotoran dan minyak yang terkumpul sepanjang hari. Para ahli merekomendasikan penggunaan pembersih yang sama seperti yang disarankan pada rutinitas skincare pagi.

2. Eksfoliasi

Setelah wajah dibersihkan, saatnya melakukan eksfoliasi. “Eksfoliasi dengan exfoliant asam alfa-hidroksi atau asam beta-hidroksi yang lembut untuk memecah sel kulit mati, menjaga minyak sebum keluar dari pori-pori, dan membantu menyerap produk perawatan kulit dengan lebih baik,” kata Penzi. 

Perhatikan bahwa pengelupasan kulit belum tentu merupakan sesuatu yang harus Anda lakukan setiap malam, dan penting untuk berkonsultasi dengan dokter kulit Anda untuk mendapatkan hasil terbaik.

3. Retinol

Sederhananya, kata dokter Murphy-Rose, retinol adalah peremajaan kulit dalam semalam. Dia menambahkan, jika digunakan secara konsisten, hal ini dapat membantu meminimalkan tampilan pori-pori dan membuat kelenjar minyak menjadi kurang produktif.

4. Melembapkan

Pasca retinol, penting untuk melembabkan kulit. Pilihlah pelembap non-komedogenik yang seimbang untuk kulit berminyak untuk mengunci kelembapan dan mencegah kehilangan air transepidermal dalam semalam tanpa menyumbat pori-pori.

5. Krim mata

“Oleskan krim mata semalaman untuk membantu melindungi lapisan tipis kulit di sekitar mata,” kata dokter Murphy-Rose. “Bahkan mereka yang memiliki kulit berminyak seringkali dapat menoleransi produk yang lebih berat di area ini.”

Beberapa ahli dermatologi tidak menganggap krim mata sebagai suatu keharusan, namun perhatikan bahwa krim mata dapat bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah khusus pada area mata, seperti lingkaran hitam, bengkak, dan kehilangan volume.

6. Perawatan Bibir

Seperti halnya krim mata, perawatan bibir belum tentu harus dilakukan. Namun, Murphy-Rose merekomendasikan untuk menjaga bibir tetap terhidrasi semalaman dengan produk bibir oklusif.

Pilihan Editor: 5 Cara Mencegah Pori-Pori Tersumbat pada Kulit Berminyak

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."