Informasi Beasiswa Luar Negeri, Simak 5 Keuntungan Studi di Kanada

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi beasiswa. Freepik

Ilustrasi beasiswa. Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika Anda mahasiswa Indonesia yang sedang mencari kesempatan beasiswa luar negeri, Kanada bisa menjadi pilihan.  Kanada, dikenal oleh keamanan dan sistem pendidikan yang luar biasa, adalah sebuah destinasi pendidikan terkenal untuk mahasiswa internasional yang ingin mengikuti program sarjana dan pascasarjana. 

Banyak universitas terkemuka di negara ini memiliki nilai lulusan dengan pekerjaan yang sangat baik dan menawarkan beragam program studi. Perpaduan yang baik antara pendidikan berkualitas dan kesempatan kerja pascastudi yang pada akhirnya dapat menyebabkan imigrasi adalah alasan utama mengapa banyak siswa memilih untuk kuliah di Kanada. 

Meskipun pendidikan di luar negeri mahal, Kanada mengurangi kekhawatiran keuangan untuk mahasiswa internasional dengan menawarkan banyak peluang beasiswa, termasuk bagi mahasiswa Indonesia. Peluang beasiswa, seperti beasiswa Vanier CGS untuk studi pascasarjana, seringkali mencakup biaya kuliah dan biaya hidup, yang secara signifikan mengurangi beban keuangan Anda. Keragaman beasiswa juga berarti menemukan peluang yang sesuai menjadi hal yang mudah tanpa memandang level studi.

Pilihan beasiswa Kanada untuk mahasiswa internasional

Saat mencari beasiswa di Kanada, mahasiswa internasional dapat menjelajahi tiga kategori utama berikut ini: 

1. Beasiswa federal ditawarkan oleh pemerintah Kanada

Contoh yang terkemuka adalah Vanier Canada Graduate Scholarships, dirancang untuk mahasiswa doktoral di seluruh dunia, yang memberikan dukungan finansial signifikan kepada mereka yang menunjukkan keterampilan kepemimpinan dan standar pencapaian ilmiah yang tinggi.

2. Beasiwa provinsi 

Beasiswa provinsi diberikan oleh masing-masing provinsi di Kanada untuk mendukung siswa yang tertarik untuk belajar atau melakukan penelitian di wilayah tersebut. Misalnya, Ontario Graduate Scholarship tersedia untuk mahasiswa pascasarjana di berbagai disiplin ilmu yang belajar di Ontario, dengan menekankan keunggulan akademik.

3. Beasiswa universitas

Beasiswa khusus universitas, yang dirancang untuk menarik bakat internasional, sering ditawarkan sebagai beasiswa yang secara otomatis diberikan kepada mahasiswa baru. Tanpa perlu mengajukan aplikasi terpisah, beasiswa ini membantu Anda menyederhanakan proses aplikasi studi di luar negeri. 

Sebagai contoh, University of British Columbia menawarkan penghargaan International Leader of Tomorrow Award, yang mengakui mahasiswa internasional tingkat sarjana yang menunjukkan pencapaian akademis tinggi, keterampilan kepemimpinan, serta keterlibatan dalam urusan mahasiswa dan pelayanan masyarakat.

Cara mendaftar beasiswa Kanada

Beasiswa Kanada memiliki persyaratan yang berbeda-beda yang biasanya mencakup:

1. Menunjukan prestasi akademik

2. Menunjukan kemampuan Bahasa Inggris dengan tes seperti IELTS. Anda bisa memesan tes IELTS dengan IDP dan memanfaatkan materi persiapan IELTS online untuk belajar. 

3. Memperlihatkan keterlibatan dalam kegiatan ekstrakurikuler sebagai representasi karakter dan kepribadian yang baik. 

4.Untuk meningkatkan peluang, sangat disarankan jika Anda: 

- Mendaftar lebih awal untuk waktu persiapan yang lebih banyak.
- Susun pernyataan pribadi atau esai yang memikat untuk membuat aplikasi Anda menonjol.
- Ingatlah, proses pendaftaran sangatlah kompetitif, memerlukan ketelitian dan ketepatan pada instruksinya dan pemeriksaan aplikasi Anda sebelum diserahkan. Ketelitian semacam ini memastikan rincian aplikasi Anda lebih komprehensif dan terlihat lebih baik. 

Beasiswa berkualitas dan keuntungan belajar di Kanada

Selain beasiswa, berkuliah di Kanada menawarkan banyak sekali keuntungan: 

1. Dapatkan gelar yang diakui secara internasional yang membuka peluang pekerjaan dan kemajuan karier yang lebih baik.

2. Studi dan bekerja paruh waktu serta magang hingga 20 jam seminggu selama berkuliah dan hingga 30 jam selama liburan.

3. Lulusan universitas Kanada dapat tinggal dan bekerja di negara tersebut selama maksimal 3 tahun dan berkemungkinan memperoleh izin tinggal tetap.

4. Kanada aman dan damai, menempati peringkat ke-6 dari 163 negara dalam Global Peace Index 2019.

5. Tingkatkan keterampilan bahasa Inggris dan nikmati budaya kosmopolitan.

Pilihan Editor: Mengulik Ragam dan Manfaat Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

INTERNATIONAL EDUCATION SPECIALIST

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."