Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Berikut 5 Rekomendasi Film Bertema Mudik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Poster film Mudik yang tayang di Mola TV sejak Jumat, 28 Agustus 2020. Foto: Dok. Mola TV.

Poster film Mudik yang tayang di Mola TV sejak Jumat, 28 Agustus 2020. Foto: Dok. Mola TV.

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaHari Raya Idul Fitri erat dikaitkan dengan kegiatan mudik. Pulang kampung menjadi momen yang tepat untuk berkumpul dan bercengkrama dengan keluarga. Namun tidak semua perantau bisa mudik tiap tahun, ada faktor dan kondisi yang membuat mereka harus berlebaran jauh dari keluarga.

Bagi Anda yang ingin mengenang ataupun merasakan nuansa perjalanan mudik, berikut ada 5 rekomendasi film bertema mudik.

1. Mudik (2019)

Film karya sutradara Adriyanto Dewo ini dibintangi oleh Ibnu Jamil, Putri Ayudya, Asmara Abigail, dan Yoga Pratama. Film berdurasi 90 menit itu berkisah mengenai pasangan suami istri, Aida (Putri Ayudya) dan Firman (Ibnu Jamil) yang sedang dalam konflik rumah tangga dan memutuskan untuk melakukan mudik atau perjalanan pulang kampung ke Yogyakarta menjelang Hari Raya Lebaran. Aida digambarkan sebagai perempuan yang terbiasa untuk memendam perasaannya hingga akhirnya sebuah peristiwa membuatnya meluapkan isi hatinya.

Di tengah perjalan keduanya mengalami kecelakaan dan merenggut nyawa seorang pria. Peristiwa tragis tersebut juga mempertemukan keduanya dengan Santi (Asmara Abigail) dan juga Agus (Yoga Pratama). Pertemuannya dengan Santi itulah yang membuat Aida harus mengambil keputusan terberat dalam hidupnya dan mengubah cara pandangnya mengenai rumah tangga.

2. Mencari Hilal (2015)

Film ini dibintangi oleh Deddy Sutomo, Oka Antara, dan Torro Margens. Film ini bercerita tentang Mahmud yang diperankan Deddy Sutomo (60), adalah seorang pendakwah yang mendengar isu sidang Isbat Kementerian Agama menelan dana sembilan miliar untuk menentukan hilal. Realita itu membuatnya teringat lagi tradisi mencari hilal yang dilakukan pesantrennya dulu. Sebuah tradisi yang tak berjalan lagi sejak pesantrennya bubar puluhan tahun lalu.

Mahmud ingin mengulang tradisi itu untuk membuktikan kepada semua orang bahwa ibadah tidak dibuat untuk memperkaya diri. Hilal bisa ditemukan tanpa harus menelan biaya milyaran. Sayangnya upayanya itu terhalangi oleh anaknya. Mereka mengkhawatirkan kesehatan Mahmud yang menurun.

Mahmud bersikeras pergi. Mahmud boleh pergi hanya jika ditemani Heli (Oka Antara), anak bungsunya yang sejak lama pergi dari rumah karena selalu bertentangan dengannya. Heli, aktivis lingkungan hidup, kerap membuat Mahmud gerah dengan kritik sekuler liberal yang menurutnya sesat.

Heli terpaksa menuruti permintaan kakaknya yang bekerja di kantor imigrasi, agar membantunya mengurus paspornya yang kedaluwarsa bertepatan dengan libur lebaran. Dia butuh secepatnya keluar negeri membantu para aktivis dunia berjuang melawan perusakan lingkungan di Nikaragua.

3. Pulang (2022)

Film produksi KlikFilm Productions, Canary Studios, dan RK23 Pictures ini disutradarai oleh Azhar Kinoi Lubis. Film ini dibintangi oleh Imelda Therinne, Ringgo Agus Rahman, Mark Natama, dan Ziva Magnolya.

Film Pulang menceritakan tentang keluarga Rindu (Ziva Magnolya) yang berada di ujung kehancuran. Cerita dimulai saat perjalanan Rindu dengan ayahnya yang bernama Pras (Ringgo Agus) ke Yogyakarta. Santi (Imelda), ibunda Rindu dan Biru sudah lebih dulu di Yogyakarta. Dalam perjalanan, Rindu dan ayahnya banyak berbicara, hingga beberapa rahasia terbongkar. Dimulai dari tato yang dimiliki Rindu, sampai hubungan ayah dan ibunya yang hampir bercerai.

Rindu syok, saat mengetahui hubungan orang tuanya sedang tidak baik. Hingga Rindu bertanya kepada ayahnya kenapa mereka ingin bercerai. Dari perbincangan tersebut, Pras saperti baru tersadar. Ia lantas menelpon istrinya. Perjalanan itu membuka mata hati Pras. Bahwa, selama ini yang ia butuhkan adalah pulang. Pulang ke dalam kenangan terindah dalam dirinya, yang menyisakan perjalanan panjang.

4. Sampai Jadi Debu (2021)

Sampai Jadi Debu adalah film drama yang diproduksi KlikFilm Productions berkolaborasi dengan Canary Studios dan RK23 Pictures. Film ini mengadaptasi salah satu lagu paling populer dari Banda Neira yang berjudul Sampai Jadi Debu.

Mengetahui ibunya menderita alzheimer membuat Damar (Wafda Saifan) mengambil keputusan terbesar dalam hidupnya untuk merawat ibunya (Cut Mini Theo) dan meninggalkan Laras (Yasamin Jasem) kekasihnya.

5. Mudik Lebaran (2011)

Mudik Lebaran merupakan film drama komedi yang dibintangi Irwansyah, Wiwid Gunawan, dan Leroy Osmani. Film yang diproduksi tahun 2011 ini berkisah tentang berbagai karakter yang mengalami kesulitan dan konflik saat mudik. Film ini menyoroti ritual budaya dan arti sebenarnya dari mudik.

Itulah 5 rekomendasi film bertema mudik yang bisa menemani hari Anda saat berkumpul dengan keluarga ataupun untuk merasakan nuansa mudik.

Pilihan Editor: 7 Film Bioskop untuk Temani Libur Lebaran 2024, Ada The First Omen dan Dua Hati Biru 

TEMPO | ANTARA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."