Pendaftaran Program Beasiswa Perempuan Inovasi 2024 Dibuka, Dian Sastro: Silakan Bergabung!

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Dian Sastro dari Yayasan Dian Sastrowardoyo bersama Amanda Simandjuntak dalam acara Graduation Day Perempuan Inovasi di Ganara Art Space, Plaza Indonesia, Jakarta, Kamis, 7 Maret 2024. Foto: CANTIKA/Rezki Alvionitasari

Dian Sastro dari Yayasan Dian Sastrowardoyo bersama Amanda Simandjuntak dalam acara Graduation Day Perempuan Inovasi di Ganara Art Space, Plaza Indonesia, Jakarta, Kamis, 7 Maret 2024. Foto: CANTIKA/Rezki Alvionitasari

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dian Sastrowardoyo, aktris dan pendiri Yayasan Dian Sastrowardoyo, menyampaikan info menarik dan penting bagi perempuan Indonesia yang ingin belajar teknologi dan coding. Program beasiswa Perempuan Inovasi 2024 dibuka mulai 27 Maret sampai 10 Mei 2024.

"Buat perempuan-perempuan di luar sana, siapa pun dirimu seorang mahasiswa, murid, ataupun IRT yang mau bekerja dari manapun, di mana saja, kalau mau bergabung di Perempuan Inovasi, langsung saja gunakan link yang ada di bio Perempuan Inovasi. Silakan bergabung!" Kata Dian Sastro dalam video Instagram Reels yang dia bagikan bersama akun Perempuan Inovasi, Selasa, 2 April 2024.

Dalam caption videonya, Dian menyebutkan bahwa program ini diselenggarakan secara gratis. Peserta bisa memilih program sesuai pilihan, seperti track Full Stack Web Development atau UI/UX Design. Peserta juga bisa mendapatkan pelatihan pengembangan diri atau soft skills, edukasi tentang kesetaraan gender, portfolio social impact project, serta persiapan karier hingga koneksi ke pekerjaan.

Bagi perempuan yang ingin mendaftar pada program beasiswa ini, bisa mengunjungi laman perempuaninovasi.com. Program Perempuan Inovasi 2023 telah rampung pada Maret lalu. Acara Graduation Day Perempuan Inovasi 2023 digelar di Ganara Art Space, Plaza Indonesia, Jakarta, pada Kamis, 7 Maret 2024.

Perempuan Inovasi adalah program kerja sama antara Yayasan Dian Sastrowardoyo, Markoding (Yayasan Daya Kreasi Anak Bangsa), dan Magnifique Indonesia. Program ini diadakan untuk melatih perempuan dalam bidang STEM (Science, Technology, Engineering, and Math) di Indonesia. Para peserta belajar tentang teknologi dan coding, bahkan sebanyak 36 perempuan mendapat beasiswa untuk membuat inovasi di bidang teknologi.

CEO Markoding, Amanda Simandjuntak, mengatakan program Perempuan Inovasi berupaya menguatkan perempuan dengan memberi pelatihan. Pendaftar yang tidak mendapat beasiswa pun diberi pelatihan-pelatihan gratis. “Kami juga melakukan advokasi-advokasi ke industri-industri, kampanye-kampanye supaya perusahaan mereka mendukung perempuan dan membuat lingkungan kerja yang sehat untuk perempuan, inklusif,” ucapnya pada Kamis, 7 Maret 2024.

Pada Graduation Day Program Inovasi 2023, para penerima beasiswa telah menyelesaikan proyek inovasinya di bidang kewirausahaan dan kesetaraan gender dalam bentuk aplikasi dan web. Pendaftar program ini sebanyak 16.596 dari 37 provinsi. 36 di antaranya mendapat beasiswa job-ready bootcamp. Mereka dari usia 14-25 tahun.

Amanda mengatakan partisipasi perempuan di bidang teknologi saat ini masih rendah yaitu 22 persen. Padahal saat ini peluang di bidang teknologi sangat tinggi. “Kalau partisipasi perempuan ditingkatkan 25 persen saja, itu bisa menyumbangkan aktivitas ekonomi Rp 950 triliun atau 2,9 persen GDP,” tuturnya.

Dian Sastro menambahkan, tahun ini program Perempuan Inovasi 2024 kembali dibuka dengan target peserta yang lebih banyak yaitu 20.000 perempuan. “Program Perempuan Inovasi akan terus berlanjut untuk mengembangkan skill set yang perlu dipelajari, yaitu coding,” ucap Dian.

Menurut dia, Yayasan Dian Sastrowardoyo tertarik untuk bergabung dalam Perempuan Inovasi karena program ini sesuai dengan visi dan misi lembaganya yang fokus pada pendidikan perempuan. “Pendidikan dan kebudayaan, jadi apa yang dilakukan Markoding masuk banget. Pendidikan informal buat perempuan baik anak-anak maupun ibu rumah tangga yang ingin mengembangkan skill di bidang teknologi atau coding,” tutur ibu dari dua anak ini.

Pilihan Editor: Dian Sastro Bicara Soal Mental Block Perempuan dalam Mengembangkan Diri, Seperti Apa?

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."