3 Anjuran Dokter Agar Ibu Hamil Nyaman Selama Perjalanan Mudik Lebaran, Rutin Ubah Posisi Duduk

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi ibu hamil mudik. Shutterstock

Ilustrasi ibu hamil mudik. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dokter spesialis kandungan dan kebidanan Rumah Sakit Pelni, Dewita Nilasari, menganjurkan ibu hamil untuk mengganti posisi duduk maksimal dua jam sekali saat mudik lebaran agar nyaman.

“Amannya dua jam kalau duduk, kalau di mobil kan memang terbatas ruang geraknya. Jadi kalau misal tadinya duduk condong ke kanan, bisa bergeser sedikit ke arah lainnya jangan di tempat yang sama terutama dari panggul ke bawah sampai kaki,” kata Dewita dalam diskusi media di Jakarta, Rabu, 3 April 2024.

Berikut beberapa anjuran dokter untuk ibu hamil dan keluarganya yang ikut mudik lebaran.

1. Keluarga Perlu Beri Ruang untuk Ibu Hamil

Dikutip dari Antara, Dewita meminta tiap anggota keluarga memahami bahwa ibu hamil membutuhkan ruang atau tempat duduk yang lebih luas karena hal tersebut amat membantu ibu terhindar dari risiko kaki bengkak, kesemutan atau pegal-pegal.

2. Peregangan Saat Perjalanan

Ketika duduk di dalam mobil, pastikan ibu hamil duduk di bangku tengah agar ruang gerak jadi lebih luas. Selama duduk, ibu harus melakukan peregangan posisi badan dengan bergerak ke kanan atau ke kiri.

Ibu hamil juga dapat meluruskan kakinya beberapa saat agar kenyamanan selama perjalanan tetap terjaga.

3. Berjalan-jalan dan Ubah Posisi

Dewita mengatakan kalaupun ibu hamil mudik dengan menggunakan pesawat, maka cara yang dapat diterapkan adalah berjalan ke arah kamar mandi, sehingga ibu bisa melakukan peregangan tubuh.

Hal yang sama juga dapat dilakukan di kereta. Anggota keluarga dapat menemani ibu hamil berjalan-jalan di koridor atau berkunjung ke restoran atau kantin yang tersedia dan kamar mandi di gerbong terdekat.

“Kalau sudah lebih dari dua jam dalam posisi yang sama, itu ibu bisa tertekan. Akan ada keluhan pegal, karena peredaran oksigen berkurang, jadi keluhannya pegal-pegal dan kesemutan,” ucapnya.

Itulah 3 anjuran dokter agar ibu hamil nyaman saat melakukan perjalanan mudik. Semoga bermanfaat!

Pilihan Editor: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Ibu Hamil Saat Mudik Lebaran

ANTARA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."