6 Tips Perawatan Kulit untuk Rosacea

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan memakai pelembap. (Self)

Ilustrasi perempuan memakai pelembap. (Self)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika baru-baru ini Anda menyadari bahwa kulit wajah terus memerah dan terasa sangat sensitif, ada kemungkinan Anda mengalami kondisi peradangan kulit yang disebut rosacea. Jika ya, jangan khawatir kondisi ini umum terjadi, dan meskipun Anda tidak dapat menyembuhkannya sepenuhnya, Anda dapat mengendalikannya dengan menghindari hal-hal yang mengiritasi kulit, minum obat bila diperlukan, dan menyesuaikan rutinitas perawatan kulit Anda. Untuk mengetahui lebih dalam, berikut gejala dan tips perawatan kulit untuk rosacea.

Gejala Rosacea

- Kulit sensitif

- Hidung dan pipi kering

- Wajah memerah

- Kemerahan di wajah mereka

- Kulit terbakar

- Jerawat

- Pembuluh darah terlihat di permukaan kulitnya

Tentu saja, sebagian besar gejala ini mungkin disebabkan oleh penyebab lain, jadi cara terbaik untuk mengetahui secara pasti apakah Anda menderita rosacea adalah dengan berkonsultasi dengan dokter kulit. Namun, banyak tips perawatan kulit terbaik untuk rosacea melibatkan pendekatan yang lembut dan sederhana, jadi biasanya aman untuk mencobanya, baik Anda memiliki diagnosis atau tidak.

Tips Perawatan Kulit untuk Rosacea

1. Ketahui Pemicu 

Untuk menetapkan rutinitas perawatan kulit yang tidak akan memperburuk kulit yang rawan rosacea, mulailah dengan memahami pemicunya, atau faktor-faktor yang menyebabkan gejala Anda semakin parah. Pemicu ini dapat bervariasi dari orang ke orang, namun beberapa pemicu yang paling umum adalah stres, panas, dingin, angin, alkohol, polusi, sinar matahari, produk perawatan kulit dan rambut tertentu, serta makanan seperti susu, coklat, dan makanan pedas.

Saat terpapar karena pemicu ini, kulit Anda mungkin teriritasi dan meradang, jadi jika Anda tahu apa yang biasanya menyebabkan rosacea Anda kambuh, sebaiknya lakukan yang terbaik untuk menghindarinya.

Meskipun menghindari pemicu dapat membantu, perlu diingat bahwa metode ini tidak sepenuhnya mudah.

“Bagi beberapa pasien, pengendalian rosacea dapat dilakukan melalui penghindaran pemicu yang rajin,” kata dokter kulit bersertifikat Deeptej Singh dikutip dari Byrdie. Namun, orang lain mungkin mendapati bahwa menghindari pemicu saja tidak cukup untuk mengatasi kondisi mereka.

2. Membersihkan secara Lembut

Saat Anda menghadapi rosacea, pembersihan secara lembut adalah hal yang tidak bisa dinegosiasikan terutama karena kulit Anda meradang dan Anda tidak ingin melakukan apa pun yang akan semakin mengiritasinya.

“Pembersihan yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi,” kata dokter Singh. “Sering kali ini lebih tentang menghilangkan produk kosmetik yang diaplikasikan pada kulit daripada memenuhi kebutuhan pembersihan.”

Dokter kulit bersertifikat Purvisha Patel menyarankan pembersihan dua kali sehari menggunakan air hangat dan pembersih lembut. Dia juga menekankan bahwa penderita rosacea harus menghindari scrubbing.

Singh mengatakan bahwa seberapa sering Anda membersihkan kulit dapat bervariasi tergantung pada kulit dan gejalanya, jadi pastikan untuk memeriksakan kulit Anda dan menilai secara teratur bagaimana perasaan kulit Anda.

“Jenis dan tingkat keparahan rosacea berbeda-beda pada setiap individu, dan toleransi seseorang terhadap pembersihan dapat berubah seiring waktu,” katanya. Berikut beberapa tip dalam memilih pembersih yang lembut:

Pilih formula yang lembut: Carilah pembersih dan sabun yang dikatakan lembut atau cocok untuk kulit sensitif, seperti pembersih wajah Cetaphil.

Carilah niacinamide: Pembersih yang mengandung niacinamide dapat bermanfaat bagi sebagian penderita rosacea. Bahan ini berpotensi mengurangi peradangan dan membantu melindungi kulit dari pemicu stres lingkungan.

Pertimbangkan bahan-bahan sintetis tertentu: Pembersih yang terbuat dari deterjen sintetis (bukan sabun) dapat membantu mengurangi gejala rosacea bagi sebagian orang karena mungkin tidak terlalu menyebabkan iritasi. Ini mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi, tetapi pH asam dari jenis pembersih ini mungkin lebih selaras dengan keasaman alami kulit Anda.

3. Fokus pada Hidrasi 

Melembapkan sangat penting bagi penderita rosacea, karena memiliki beberapa manfaat potensial termasuk memperbaiki penghalang, menjaga mikrobioma kulit, dan menjaga keseimbangan pH.

“Melembapkan kulit membantu mengurangi peradangan dan membantu mengatasi rasa gatal dan ketidaknyamanan akibat rosacea,” ucap dokter Patel. "Ini [juga] memperbaiki penghalang sehingga saraf tidak terkena udara."

Mencari pelembap yang aman untuk kulit Anda yang rentan rosacea? Dokter kulit merekomendasikan untuk mencoba produk yang non-komedogenik, pH seimbang, dan mengandung ceramide, yang membantu melindungi dan memperbaiki kulit. Produk dengan asam hialuronat atau asam azelaic juga bisa membantu.

4. Gunakan Tabir Surya

Meskipun perlindungan terhadap sinar matahari sangat penting bagi semua orang, hal ini terutama berlaku bagi mereka yang menderita rosacea karena sinar ultraviolet dapat menjadi pemicu dan memperburuk iritasi dan peradangan.

“Dengan mengoleskan tabir surya, Anda dapat menghindari peradangan rosacea,” kata dokter Patel.

Tips memilih tabir surya untuk penderita rosacea:

- Carilah produk tabir surya yang mengandung SPF 30 atau lebih tinggi: Untuk menghindari iritasi akibat sinar matahari, Anda memerlukan perlindungan yang memadai. Yang terbaik adalah memilih formula dengan SPF 30 atau lebih tinggi, dan pastikan untuk mengaplikasikannya kembali sepanjang hari.

Pilih formula mineral: Coba gunakan tabir surya fisik yang mengandung titanium atau zinc oksida. Seringkali, produk tabir surya ini cenderung tidak menyebabkan peradangan dibandingkan produk tabir surya kimia.

5. Hindari Produk yang Mengiritasi

Jika Anda menderita rosacea, pelindung kulit atau skin barrier dapat terganggu, dan kosmetik serta produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan keras dapat dengan mudah mengiritasi dan meradang pada kulit Anda. Misalnya, orang dengan rosacea, eksim, atau kondisi kulit medis sebaiknya tidak menggunakan produk perawatan kulit kelas medis atau toner pengelupas kulit, karena dapat memperburuk kondisinya. Sebaliknya, dia merekomendasikan untuk mencari bahan-bahan berikut:

- Minyak seabuckthorn: Ini dapat membantu menyembuhkan kulit yang meradang.

- Niacinamide: Seperti disebutkan, bahan ini mengandung sifat menenangkan dan antibakteri/antimikroba, yang sangat membantu bagi mereka yang menderita rosacea atau kulit yang teriritasi.

- Asam hialuronat: Hidrator ini dapat membantu mengembalikan kelembapan tanpa memerangkapnya.

6. Konsultasi dengan Dokter

Sama seperti ketika Anda menghadapi kondisi kulit lainnya—terutama jika Anda belum terdiagnosis—penting untuk menemui dokter kulit bersertifikat untuk pertanyaan dan kekhawatiran apa pun tentang rosacea. Ahli dapat menilai gejala Anda dan menggunakan keahlian mereka untuk membuat rencana pengobatan yang dirancang khusus untuk Anda. Langkah ini sangat penting karena pengobatan rosacea terbaik tidak akan sama untuk semua orang.

Tentunya penting juga untuk memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi yang Anda curigai benar-benar rosacea. “Penting untuk menyadari bahwa tidak semua kemerahan pada wajah disebabkan oleh rosacea,” kata Singh. “Jika pengobatan tidak efektif, ini mungkin mengindikasikan perlunya mengevaluasi kembali diagnosis.”

Rosacea bisa membuat frustrasi dan tidak nyaman, tetapi kabar baiknya adalah jika Anda dapat mengetahui pemicunya dan memilih rutinitas yang lembut dan sederhana, iritasi dapat diminimalkan. Meskipun Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit untuk memastikan apakah Anda memiliki kondisi tersebut dan mengetahui apakah mereka memiliki tips mengenai rutinitas tperawatan kulit terbaik untuk Anda. Perawatan kulit untuk rosacea umumnya dirancang untuk menghidrasi, melindungi, dan mengurangi kambuhnya penyakit, sehingga sebagian besar langkah-langkah di atas berpotensi membantu berbagai sensitivitas.

Pilihan Editor: Idap Penyakit Rosacea, Maia Estianty: Kena Panas Dikit, Merah

 

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."