Tips Ajarkan Anak Berbagi Sejak Kecil, Andien: Children See Children Do

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Andien/Foto: Instagram/Andien

Andien/Foto: Instagram/Andien

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Andini Aisyah Haryadi atau akrab disapa Andien bersama suaminya Irfan Wahyudi telah menerapkan kebiasaan baik yakni berbagi kepada kedua buah hati mereka, Anakku Askara Biru dan Anakku Tarisma Jingga.

Sejak awal, Andien mengajak bicara suaminya agar bisa selaras, baru setelah itu melangkahnya bersama bukan sendiri-sendiri. Dari awalnya berdua lalu setelah memiliki anak-anak ditularkan ke mereka. 

"Cara kami bukan sekadar ucapan, tetapi langung pada tindakan, karena anak itu sebenarnya adalah peniru yang ulung. Jadi mereka itu lebih bisa meng-copy apa yang orang tuanya perbuat gitu. Jadi kita ngomong terus dan tidak beraksi di depan mereka ya sudah hanya sambil lalu saja mereka dengar," ucap Andien saat ditemui usai peluncuran yayasan Andien Aisyah Foundation, Rabu, 20 Maret 2024. 

Pelantun lagu Indaahnya dunia ini mengatakan sejak anak-anaknya masih kecil sudah dibiasakan untuk melihat lingkungan sekelilingnya berbagi. "Kalau Kawa tuh umur 6 bulan aku ajak untuk bertemu dengan anak-anak yang punya penyakit langka. Waktu itu usia 6 bulan aku ajak ke panti anak-anak kanker. Jadinya lama-lama Kawa terbiasa untuk ikut aktivitas aku," ucap perempuan kelahiran 25 Agustus 1985 ini . 

Bagi Andien, tips ajarkan anak berbagi paling efektif melalui tindakan nyata, sebab anak melihat langsung apa yang orang tuanya lakukan atau children see children do. "Jadi daripada aku ngomong terus-terusan ke mereka, lebih baikmengajak mereka turun langsung, gitu. Mereka lihat sendiri baru habis itu dibahas, baru abis itu diajak ngobrol kayak “liat yang tadi gimana perasaan kamu gimana?” papar Andien. 

Menariknya, walau Kawa dan Tabi suka rebut-rebutan mainan berdua, tapi kalau ke orang lain mereka justru memberikannya. "Pernah berkunjung ke kampung pemulung terus ada anak kecil pengen minta balonnya dikasih sama mereka gitu, padahal aku enggak meminta, mungkin karena pengaruh melihat langsung, ya," pungkas Andien. 

Pilihan Editor: Peduli pada Masalah Anak dan Perempuan, Andien Aisyah Membangun Yayasan

Hai Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."