Info Beasiswa Luar Negeri ke Jepang, Kiat Mendaftar dan Benefit yang Didapatkan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi beasiswa. Freepik

Ilustrasi beasiswa. Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Universitas Airlangga sangat mendukung mahasiswanya untuk melanjutkan studi dengan beasiswa luar negeri. Komitmen tersebut ditunjukkan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum UNAIR dengan mengundang Konsulat Perwakilan Informasi Kebudayaan dan Pendidikan Jepang di Surabaya, Kota Nakagome, dalam talkshow internasional Japan Exchange Program. 

Acara tersebut dilaksanakan pada Kamis, 13 Maret 2024 di Aula Pancasila Gedung A Fakultas Hukum Kampus Dharmawangsa-B UNAIR. Mengeksplorasi “A Global Perspective on Japanese Academia”, Kota berbagi detail mengenai Beasiswa Pemerintah Jepang bagi mahasiswa UNAIR.

Beasiswa MEXT

Beasiswa MEXT telah didirikan oleh Pemerintah Jepang sejak tahun 1954. MEXT telah memberikan beasiswa kepada 102,000 pelajar dari 160 negara, termasuk Indonesia. Universitas ini menawarkan kesempatan bagi mahasiswa tingkat sarjana hingga doktoral untuk melanjutkan studi di Jepang dengan biaya penuh, mencakup biaya sekolah, biaya hidup, asuransi, biaya visa, tunjangan, dan bahkan biaya penelitian dan konferensi.

Namun, ia menyayangkan masih banyak pelajar Indonesia yang belum mengetahui mengenai beasiswa MEXT. “Sejak saya menjabat Konjen di Indonesia, saya sering mengunjungi sekolah dan kampus untuk mempromosikan beasiswa ini. Sayangnya, masih banyak pelajar yang belum menyadari peluang ini. Mudah-mudahan setelah ini banyak mahasiswa UNAIR yang tertarik belajar hukum di Jepang bersama MEXT,” kata Kota yang sudah lebih dari 10 tahun tinggal di Indonesia.

Manfaat belajar di Jepang

Jepang terkenal dengan kemajuan teknologi dan pengetahuannya. Selain ramah Muslim, tingkat kejahatannya juga rendah. Orang Jepang menghargai orang asing. Kota menegaskan, tidak perlu khawatir dengan kesulitan komunikasi karena banyak orang Jepang yang juga bisa berbahasa Inggris.

“Di Jepang, banyak universitas yang menyediakan kursus bahasa Inggris. Persyaratan sertifikat bahasa untuk beasiswa MEXT tidak tinggi, dengan minimal 5.5 IELTS dan 543 TOEFL. Jangan khawatir, kursus bahasa Jepang juga tersedia banyak,” ujarnya.

Selain kegiatan akademis, belajar di luar negeri memungkinkan siswa untuk belajar dan bertukar budaya dengan siswa internasional lainnya. “Anda bisa berteman dengan banyak teman di Jepang, sehingga Anda bisa jalan-jalan bersama mereka untuk merasakan budaya Jepang. Jepang memiliki empat musim, jadi Anda akan belajar tentang setiap musim dan sisi budaya Jepang yang terkenal,” jelas Kota.

Kiat aplikasi beasiswa

Terakhir, ia berbagi beberapa tips mendapatkan beasiswa Jepang. Belajar bahasa asing, belajar untuk tes tertulis, menulis surat motivasi, dan berlatih untuk wawancara adalah beberapa di antaranya. Ia juga mengingatkan mahasiswa untuk bekerja ekstra dengan mencari informasi beasiswa, persyaratan, dan program studi.

“Sebaiknya aktif mencari informasi beasiswa di Jepang melalui website dan media sosial,” saran Kota.

Pilihan Editor: Tips Mahasiswa Unpad yang Lolos Beasiswa Luar Negeri IISMA, Bahasa Inggris dan Soft Skill

UNIVERSITAS AIRLANGGA

Hai Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."