3 Kegiatan Seru untuk Merayakan Hari Buku Anak Sedunia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Sejumlah anak membaca buku di perpustakaan, Rumah Susun (Rusun) Sentra Mulya Jaya, Jakarta, Rabu, 31 Januari 2024. Rusun dengan biaya sewa terjangkau ini dikhususkan bagi masyarakat pra sejahtera, kelompok miskin dan rentan. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

Sejumlah anak membaca buku di perpustakaan, Rumah Susun (Rusun) Sentra Mulya Jaya, Jakarta, Rabu, 31 Januari 2024. Rusun dengan biaya sewa terjangkau ini dikhususkan bagi masyarakat pra sejahtera, kelompok miskin dan rentan. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaHari Buku Anak Sedunia atau International Children's Book Day diperingati setiap 2 April. Selama berabad-abad, pentingnya membaca telah diajarkan di sekolah.

Salah satu kebahagiaan terbesar dalam hidup adalah menghadiahkan seorang anak sebuah buku dan menyaksikan mereka menemukan dunia membaca yang ajaib. Hal inilah yang diperingati melalui Hari Buku Anak Internasional sejak tanggal 2 April 1967. Dikutip dari National Today, 2 April juga dikenal sebagai hari ulang tahun Hans Christian Andersen, seorang penulis Denmark yang terkenal dengan dongengnya antara lain The Ugly Duckling dan The Little Mermaid.

Dongeng terinspirasi oleh cerita rakyat Eropa dan mencakup karakter seperti kurcaci, elf, peri, raksasa, kurcaci, goblin, putri duyung, dan binatang yang bisa berbicara. Di sebagian besar kebudayaan, tidak ada perbedaan jelas antara mitos dan cerita rakyat atau dongeng; semua ini bersama-sama membentuk buku anak-anak. Meskipun dongeng adalah bentuk pelarian naratif yang paling umum diberikan kepada anak-anak, beberapa buku mengajarkan mereka lebih banyak tentang kehidupan melalui cerita dan alat yang cerdas.

Guru memainkan peran paling penting dalam membekali anak dengan kemampuan membaca, memahami, dan memanfaatkan apa yang mereka pelajari melalui buku dan membaca. Orang tua juga berperan, terutama pada perkembangan awal, namun sekolah adalah tempat anak-anak paling banyak belajar. Itulah sebabnya sekolah menghabiskan banyak uang dan waktu untuk menemukan buku teks yang tepat bagi siswanya untuk memastikan bahwa mereka akan aktif membaca dan mempelajari sesuatu.

Hari Buku Anak Sedunia disponsori oleh International Board on Books for Young People, organisasi nirlaba yang berbasis di Inggris. Lomba menulis, pengumuman penghargaan buku, dan acara bersama penulis sastra anak merupakan beberapa kegiatan yang diadakan setiap tahunnya.

Berikut 3 rekomendasi kegiatan bagi Anda yang ingin memperingati Hari Buku Anak Sedunia.

1. Berikan anak sebuah buku

Anda dapat membeli buku baru atau memilih buku dari koleksi atau arsip Anda dan diberikan kepada anak di keluarga Anda, lingkungan Anda, atau bahkan anak dari seseorang yang bekerja dengan Anda. Buku adalah ide hadiah yang luar biasa, dan memberikan kesenangan selama berjam-jam bagi si kecil. Pastikan Anda mengetahui usia anak agar Anda bisa memberikan sesuatu yang pantas dan memperkaya.

2. Baca kembali buku favorit lama

Saat tumbuh dewasa, kita menemukan hal-hal favorit kita seperti halnya selera kita terhadap musik, televisi, pakaian, dan buku. Setiap orang memiliki satu buku yang sangat berarti bagi mereka, terutama sejak usia dini, yang memberikan pengaruh penting dalam pemahaman mereka tentang dunia. Jadi, bersihkan buku anak-anak favorit Anda dan bacalah kembali. Menghidupkan kembali keajaiban pasti akan membuat Anda merasa nostalgia dan gembira.

3. Kunjungi perpustakaan

Saat ini orang tidak pergi ke perpustakaan sesering dulu. Dan apa yang harus disalahkan? Ponsel, televisi, dan e-book? Pada suatu waktu di masa lalu, ada suatu masa ketika setiap orang memiliki kartu perpustakaan, terutama anak-anak dan remaja. Bukankah ini saatnya Anda mengunjungi kembali dunia magis perpustakaan? Sebagian besar perpustakaan mengizinkan Anda memperbarui kartu perpustakaan yang sudah habis masa berlakunya dan biasanya gratis. Lakukan, ambillah sebuah buku dan nikmati sensasi membuka buku sambil menyerap kata-katanya.

Pilihan Editor: Cara Asmirandah Biasakan Anaknya Membaca Buku Sejak Kecil

NATIONAL TODAY

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."