Dian Pelangi Rilis Koleksi Lebaran Bersama Benang Jarum, Inspirasinya Songket Palembang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Dian Pelangi/Foto: Instagram/Dian Pelangi

Dian Pelangi/Foto: Instagram/Dian Pelangi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perancang mode, Dian Wahyu Utami atau dikenal dengan Dian Pelangi lama tidak muncul dengan koleksi tunggalnya di panggung peragaan busana. Bisa dibilang, sejak menikah Dian belum secara total lagi mengembangkan butiknya baru sebatas memproduksi secara reguler. Tahun ini ia berkolaborasi dengan brand modest fashion lokal Benang Jarum dengan tajuk Benang Pelangi. 

"So far aku masih asyik dengan keluargaku. Jadi brand sendiri belum terlalu all out, tapi untuk kolaborasi ini biasanya bersifat seasonal yang masih bisa dikerjakan tanpa banyak meluangkan waktu," ucap Dian sebelum acara Modinity Fashion Parade, Sabtu, 9 Maret 2024 di Jakarta.

Dian Pelangi saat ditemui di Modinity Fashion Parade, Sabtu, 9 Maret 2024 di Jakarta/Foto: CANTIKA/Ecka Pramita 

Dalam kolaborasi kali ini, agaknya Dian coba menciptakan tren tanpa melulu merujuk pada tren global.  Ibu satu putri ini mengatakan paduan dua sentuhan ikonik masing-masing terwujud dalam Benang Pelangi dengan warna-warna yang lebih bold seperti seperti merah marun, hijau emerald, navy blue dan burgundy.

"Selama ini Benang Jarum memang lebih dikenal sekali dengan motif printing digitalnya, sementara kalau Dian Pelangi itu dengan kain-kain tradisional Indonesia-nya. Jadi kami menggabungkan keduanya. Motifnya tetap bernuansa tradisional Indonesia dari kain songket, tapi motif tersebut diaplikasikan dalam digital print menjadi baju yang bisa dikenakan. 

Benang Pelangi, koleksi Lebaran dari Benang Jarum dan Dian Pelangi/Foto: Doc. Benang Jarum

Mengapa menjelma digital print? Sebab, menurut Dian bahan kain songket kaku dan berat, seringnya dipakai di acara-acara formal atau sakral seperti pernikahan. Dari situlah terpikir bagaimana mengemas kain songket Palembang dalam wajah modern. 

"Padahal motif songket cantik sekali, mewakili warna Indonesia. Jadi mengapa enggak kalau aku aplikasikan melalui digital print. Kami pakai bahan ringan dan nyaman seperti katun silk dan organza, siluetnya juga mewah tetapi motifnya tetap melestarikan tradisi yang bisa dikenakan baik untuk Lebaran maupun keseharian," paparnya. 

Pilihan Editor: Profil Desainer Dian Pelangi yang Merancang Outfit untuk Anies Baswedan dan Keluarga

Hai Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."