6 Manfaat Body Lotion dan Efek Sampingnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi memakai body lotion. Freepik.com

Ilustrasi memakai body lotion. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam ulasan kecantikan atau beauty kali ini, mari kita mengulik manfaat body lotion. Pelembap tubuh atau body lotion adalah obat mujarab untuk melembapkan, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sangat kering dan dehidrasi.

Seringkali body lotion dan pelembap digunakan secara bergantian, namun ada perbedaan di antara keduanya. Meskipun keduanya bekerja secara efektif untuk memberikan hidrasi dan nutrisi pada kulit, body lotion ringan dan memiliki kandungan air lebih tinggi dibandingkan dengan pelembap. Sebaliknya, pelembap memiliki konsistensi yang kental dan kaya serta mungkin terasa sedikit berminyak.

Selain itu, body lotion sebagian besar mengandung emolien dan humektan yang membantu mencegah hilangnya air transepidermal, sehingga mencegah kekeringan, serta meningkatkan elastisitas dan kehalusan kulit.

Dari segi kandungan, body lotion mengandung emolien yang membantu meringankan kekeringan kulit. Emolien juga membantu memperkuat pelindung kulit dan menenangkan kondisi kulit kering sekaligus mengurangi pengelupasan. Dan, kebanyakan lotion yang tersedia di pasaran mengandung pengemulsi, air, minyak, emolien, humektan, dan pengawet, formulasinya mungkin berbeda dari satu produk ke produk lainnya. Body lotion dirancang khusus untuk menarik kelembapan ke dalam kulit dan menjaganya tetap halus dan kenyal.

6 Manfaat Body Lotion

1. Menjaga Kulit Tetap Terhidrasi

Kulit tubuh kita terus kehilangan kelembapan karena berbagai faktor lingkungan, yang menyebabkan kekeringan dan hilangnya elastisitas. Oleh karena itu, penggunaan body lotion diperlukan untuk memberikan kulit Anda dosis hidrasi harian yang dibutuhkan untuk mencegah penguapan kelembapan dan memperkuat pelindung kulit.

Salah satu manfaat utama losion adalah membantu menghilangkan dahaga pada kulit kering dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan agar tetap sehat.

2. Mencegah Tanda-tanda Penuaan

Kulit yang tidak mampu mengunci kelembapan akan menyebabkan kekeringan. Kulit dehidrasi melemahkan pelindung kulit, menyebabkan kulit kehilangan kepadatan dan elastisitasnya, sehingga menyebabkan kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Body lotion meningkatkan hidrasi, sehingga membantu mencegah serta mengurangi tanda-tanda penuaan. Selain itu, beberapa body lotion dibuat dengan bahan anti penuaan seperti asam hialuronat, retinoid, dan vitamin yang membantu menunda penuaan kulit.

3. Meredakan Gejala Kapalan

Kapalan ditandai dengan area kulit yang keras dan tebal yang biasanya muncul di kaki, tangan, dan jari. Biasanya terjadi karena gesekan berulang kali atau tekanan berlebihan pada kulit Anda. Salah satu manfaat utama body lotion yang melembapkan adalah membantu meredakan gejala xerosis kaki, termasuk kulit mengelupas dan gatal.

4. Melembutkan Kulit

Karena mengandung bahan-bahan yang ramah kulit, body lotion membantu menenangkan bagian kasar akibat kekeringan dan menjaga kulit tetap lembut dan lembap.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Dengan meningkatkan hidrasi kulit dan meningkatkan elastisitas kulit, body lotion membantu membuat kulit bercahaya. Menurut sebuah penelitian, losion herbal yang terbuat dari lidah buaya, madu, gliserin, dan bahan alami lainnya menghilangkan sekresi berminyak, mengurangi munculnya bercak kasar pada kulit, dan membuat kulit tampak lebih bercahaya.

6. Menenangkan Indera Penciuman

Body lotion tidak hanya menenangkan kulit, tetapi juga indera penciuman Anda. Menggunakan body lotion dengan wangi yang menyenangkan dapat membantu Anda merasa segar sepanjang hari.

Efek Samping Penggunaan Body Lotion

1. Bisa Menyebabkan Alergi

Banyak body lotion yang tersedia di pasaran mengandung bahan-bahan seperti paraben, alkohol, dan bahan pengawet tertentu yang dapat memicu alergi pada beberapa orang. Body lotion yang mengandung wewangian dapat berbahaya bagi kulit dan kesehatan. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa wewangian sintetis berpotensi menyebabkan sakit kepala, gangguan pernapasan, iritasi mukosa, dan dermatitis.

2. Memicu Jerawat

Menggunakan body lotion secara berlebihan, produk yang mengandung minyak juga dapat menyumbat pori-pori. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan produk non-komedogenik, terutama bagi mereka yang memiliki kulit berminyak.

Di halaman selanjutnya, cara memilih body lotion sesuai jenis kulit dan cara penggunaannya yang tepat.

Cara Memilih Body Lotion Sesuai Jenis Kulit

Menggunakan body lotion dapat memberikan hasil yang signifikan dalam hal hidrasi, namun penting untuk memilih body lotion yang sesuai dengan jenis kulit.

- Kulit Kering: Orang dengan jenis kulit kering sebaiknya memilih losion yang mengandung bahan-bahan seperti gliserin, asam hialuronat, dan shea butter. Kuncinya adalah memilih produk yang memiliki humektan dan emolien karena membantu menyegel kelembapan pada kulit, menjaganya tetap lembut. dan halus.

- Kulit Berminyak: Body lotion yang ringan dan berbahan dasar air adalah pilihan ideal bagi mereka yang memiliki kulit berminyak dan rentan berjerawat. Carilah label ‘nonkomedogenik’ saat memilih body lotion untuk jenis kulit berminyak.

- Kulit Sensitif: Orang dengan jenis kulit sensitif harus berhati-hati sebelum memilih body lotion, karena kulit mereka lebih rentan terhadap iritasi dan alergi. Pilihlah body lotion yang 'hipoalergenik' dan mengandung bahan-bahan yang menenangkan seperti lidah buaya, madu, oatmeal, serta mentimun.

- Kulit Kombinasi: Orang dengan kulit kombinasi sering kali memiliki kulit kering dan berminyak dengan zona T yang cukup berminyak, sehingga menyulitkan mereka untuk mencari body lotion yang tepat. Oleh karena itu, sebaiknya pilih produk yang ringan dan mudah menyerap ke dalam kulit tanpa meninggalkan rasa berminyak.

- Kulit Normal: Mereka yang memiliki jenis kulit normal dapat bereksperimen dengan body lotion yang berbeda karena kulit mereka tidak terlalu berminyak atau terlalu kering. Mereka dapat memilih formula ringan yang dikemas dengan bahan-bahan yang menghidrasi kulit untuk mendapatkan kulit yang lebih lembut.

Cara Menggunakan Body Lotion yang Benar

Penting untuk menggunakan body lotion dengan cara yang benar untuk mengoptimalkan manfaatnya. Berikut cara penggunaannya:

1. Ambil body lotion dalam jumlah banyak ke telapak tangan Anda.

2. Gosok telapak tangan dan oleskan body lotion ke tubuh dengan gerakan memutar.

3. Lebih fokus pada area kulit kering agar tetap terhidrasi dengan baik.

4. Anda bisa mengoleskan pelembap tubuh yang menghidrasi baik pada siang hari maupun malam hari. Saat mengaplikasikan body lotion di malam hari, pastikan menggunakan produk yang cocok untuk dipakai malam hari.

Dari menjaga kulit tetap terhidrasi hingga melawan tanda-tanda penuaan dini termasuk manfaat body lotion. Menggunakan body lotion yang sesuai dengan jenis kulit Anda secara konsisten dapat membantu menghaluskan kulit kering, meredakan gejala kapalan, memperbaiki tampilan kerutan dan garis halus, serta meremajakan kulit. Namun perhatikan juga potensi efek samping body lotion dari segi bahan-bahannya. Berhati-hatilah terhadap losion yang mengandung zat berbahaya seperti paraben, alkohol, pewangi buatan, dan lain-lain.

Pilihan Editor: Manfaat Shea Butter, Jaga Kulit Lebih Terhidrasi

PINK VILLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."