Begini Cara Menghilangkan Pewarna Telur Paskah di Jari hingga Pakaian

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi telur Paskah. Foto: Freepik.com

Ilustrasi telur Paskah. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mewarnai telur Paskah bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dinikmati seluruh keluarga, namun pewarna telur Paskah bisa meninggalkan bekas di jari atau pakaian. Hal itu bisa terjadi saat menggunakan pewarna makanan atau membuat pewarna alami sendiri, proyek liburan yang menyenangkan ini dapat mengubah ujung jari dihiasi aneka pewarna dan sulit untuk dihilangkan. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara menghilangkan pewarna telur Paskah dari jari dan pakaian kita, bahkan untuk noda yang paling membandel yang dibagikan para pakar berikut ini.

Cara Menghilangkan Pewarna Telur Paskah dari Jari

Jika Anda pernah mendekorasi telur bersama anak-anak dan mendapati ujung jari ternoda berbagai warna, Anda pasti ingin melakukan lebih dari sekadar mencuci tangan dengan sabun dan air. Sebagai gantinya, Anda perlu menambahkan cuka untuk membantu membersihkan tangan Anda.

“Sabun merupakan surfaktan, jadi tugasnya adalah mengangkat minyak dan kotoran ke permukaan,” kata Melissa Maker, pakar kebersihan, penulis, dan bintang saluran Clean My Space di YouTube dikutip dari Real Simple, Rabu, 27 Maret 2024. “Cuka akan membantu memecah pewarna, oleh karena itu cuka harus menjadi garis pertahanan pertama.”

Maker mengatakan teknik terbaik adalah memulai dengan merendam tangan Anda dalam cuka putih dan air dengan perbandingan yang sama selama sekitar satu menit untuk membantu mengangkat pewarna. Lalu, bilas dengan sabun dan air hangat.

Bagaimana dengan Noda Pewarna yang Membandel?

Jika cuka dengan sabun dan air tidak berhasil, ada pilihan lain untuk membantu membersihkan noda di kulit Anda, yaitu membuat scrub dari bahan-bahan alami di dapur. Maker menjelaskan bahwa Anda dapat membuat scrub dengan soda kue, minyak zaitun, dan sabun tangan dengan perbandingan yang sama untuk menggosok tangan Anda sebelum dibilas dengan baik dan dikeringkan.

Jika noda pewarna masih belum hilang, Maker mengatakan menggosokkan alkohol pada kapas akan membantu mengatasi pewarna yang membandel tersebut.

Cara Menghilangkan Pewarna Telur Paskah dari Kain

Jika pewarna telur Paskah menempel pada pakaian, handuk, taplak meja, atau bahan kain lainnya, pastikan untuk menggunakan penghilang noda secepatnya.

"Penghilang noda cucian standar bisa mengatasi masalah ini," kata Leslie Corona, Real Simple Associate Home Director.

"Segera bersihkan dengan penghilang noda, diamkan beberapa jam, masukkan ke dalam mesin cuci, dan jangan masukkan ke dalam pengering sampai Anda yakin nodanya hilang atau jika tidak, pengering akan menghilangkan noda,” jelasnya.

“Hidrogen peroksida juga bisa digunakan, meski berisiko karena bisa terlalu mencerahkan kain. Lebih baik untuk kain putih atau berwarna terang,” katanya.

Cara Menghilangkan Pewarna Telur Paskah dari Permukaan

Pastikan permukaan Anda terlindungi dengan menutupi ruang kerja Anda dengan benar, baik Anda mewarnai telur di meja atau meja dapur, Anda pasti ingin meletakkan sesuatu di atasnya, seperti koran atau tisu untuk membantu menampung tumpahan.

Namun jika ada pewarna yang tumpah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyeka sisa cairan dengan handuk atau tisu agar Anda dapat melihat luasnya noda. Melakukannya dengan cepat mungkin dapat mencegah noda jika Anda melakukannya sebelum pewarna menempel di permukaan.

Untuk membersihkan noda pada furnitur kayu, campurkan pasta gigi non-gel dan soda kue dengan perbandingan yang sama, lalu gosokkan pada noda. Kemudian bersihkan dengan kain katun mikrofiber. 

Untuk membersihkan meja batu, Anda dapat mencampurkan air dan cairan pencuci piring atau menggunakan pembersih yang diformulasikan khusus untuk granit, kuarsa, marmer, atau permukaan apa pun yang Anda miliki. Pastikan untuk tidak menggunakan cuka pada permukaan meja atau permukaan meja yang terbuat dari batu, karena dapat merusaknya.

Pilihan Editor: Libur Panjang Paskah Tiba, Yuk Ikuti Aktivitas Seru dengan Anak

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."