Hiperpigmentasi Dipicu oleh Faktor Hormonal, Salah Satunya Pemakaian Alat Kontrasepsi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita mengalami hiperpigmentasi atau dark spot. Freepik.com

Ilustrasi wanita mengalami hiperpigmentasi atau dark spot. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaHiperpigmentasi menyebabkan bercak kulit menjadi lebih gelap dibandingkan kulit di sekitarnya. Ini terjadi ketika kulit memproduksi melanin berlebih, pigmen yang memberi warna pada kulit.

Hiperpigmentasi sangat umum terjadi pada kulit berwarna, karena warna kulit yang lebih gelap sudah memiliki kandungan melanin yang lebih tinggi. Luka bakar, memar, jerawat, ruam, atau trauma lain pada kulit dapat menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak melanin dan menimbulkan flek hitam.

Dokter Estetika, Natalia Angreini Gunawan mengatakan masalah kulit perempuan sangat kompleks, salah satu pemicu hiperpigmentasi dari faktor hormon, salah satunya pemakaian alat kontrasepsi hormonal. 

"Jadi pengaruh KB hormonal itulah yang membuat melamin diproduksi lebih cepat atau istilahnya enzim yang membuat melamin jadi dihambat. Jadi yang seharusnya meningkat malah jadi turun karena produksi melamin ini terdegradasi atau rusak, kurang lebih seperti itu," ucap Dokter Natalia saat ditemui di Grand Launching My Prive Clinic di Jakarta, Senin, 25 Maret 2024. 

Saat ini perawatan kecantikan non invasive semakin marak dan berkembang secara luar biasa seiring dengan kebutuhan akan perawatan kecantikan yang semakin meningkat. Demikian juga kebutuhan akan alat-alat yang menunjang perawatan kecantikan dan untuk perawatan anti aging dan juga masalah kulit lainnya seperti hiperpigmentasi.

Cara Mengatasi Hiperpigmentasi dengan Picolaser 

Dokter Estetika, Natalia Angreini Gunawan/Foto: CANTIKA/Ecka Pramita

Perawatan kecantikan menggunakan laser saat ini sudah semakin dikenal oleh masyarakat umum. Laser juga dikenal sebagai salah satu alat yang menjadi "wajib" dimiliki oleh sebuah klinik kecantikan karena dapat digunakan untuk banyak perawatan kecantikan di klinik kecantikan. Tapi apakah masyarakat telah teredukasi dengan baik bagaimana memilih treatment laser yang original dan terpercaya. 

Beberapa tahun terakhir ini istilah Picolaser atau picosecond laser sangat popular baik di kalangan dokter dibidang Kulit dan kecantikan maupun di kalangan masyarakat awam yang ingin melakukan perawatan kecantikan. Picolaser atau picosecond laser merupakan teknologi laser terbaru yang menggunakan panjang gelombang khusus untuk bisa memecahkan pigmentasi di kulit dengan lebih cepat namun dengan efek samping yang minimal. Sehingga lebih baik dari segi efekitifitas dan juga keamanan selama treatment. 

My Prime Aesthetic yang memiliki misi untuk memberikan pelayanan estetika terbaik, memiliki Pico Laser yaitu Picoway Laser. Sesuai dengan tagline My Prime Aesthetic Clinic " Personalize your Beauty Perfection" kehadiran PicoWay yang memiliki empat panjang gelombang yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit, misalnya dapat menggunakan panjang gelombang 1064 nm, 532 nm dan 730 nm, yang akan disesuaikan dengan kebutuhan perawatan kulit dan PicoWay juga memiliki pulse duration terpendek.

Kelebihan yang akan didapatkan dari pulse duration terpendek adalah mendapatkan hasil treatment yang memuaskan namun dengan resiko efek samping yang rendah dan sangat minimal down time. Sehingga setelah melakukan perawatan dengan PicoWay, pasien tidak perlu khawatir dengan reaksi kemerahan berlebihan pada kulit. Selain itu PicoWay dengan panjang gelombang 1064nm juga merupakan pico laser yang paling cocok untuk tipe kulit orang Indonesia yang lebih gelap. 

Dokter Natalia menambahkan bahawa PicoWay dapat digunakan untuk banyak indikasi kulit diantaranya hiperpigmentasi (melasma), acne scar, gejala penuaan dini sampai dapat digunakan untuk menghilangkan tato secara permanen. PicoWay juga sudah memiliki ijin dari FDA, CE dan Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Dengan studi klinis yang cukup banyak dan juga dengan pengalaman penggunaan PicoWay dari para ahli kulit dan kecantikan tingkat dunia, PicoWay dapat dikatakan salah satu pico laser terbaik di dunia.

Dengan mengusung tema "Get Glow in one Hour" treatment PicoWay sangat cocok untuk para pasien, karena dalam waktu 1 jam kulit akan menjadi growing dan terlihat lebih sehat dengan menggunakan PicoWay. 

Selain dengan PicoWay, "Get Glow in One Hour" juga bisa dilakukan dengan menggunakan Liftera. Liftera merupakan mesin High Intensity Focused Ultrasound (HIFU) yang terkenal dari Korea. Banyak digunakan oleh klinik-klinik kecantikan ternama di Korea, Liftera memiliki kelebihan dapat menghasilkan kulit kencang dan lifting dengan menggunakan 2 hand pieces yaitu berbentuk line dan pen yang memungkinkan untuk menjangkau area-area kecil pada wajah sehingga hasil yang didapatkan lebih maksimal.

Dengan menggabungkan termal dan energy Ultrasound, Liftera dapat bekerja untuk banyak indikasi seperti pengencangan kulit, lifting dan mengurangi garis-garis halus pada wajah dan leher. 

Walaupun hasil maksimal akan didapat pada waktu sekitar 2 bulan (waktu yang dibutuhkan untuk pembentukan kembali kolagen kulit) namun hasil dapat dilihat  hanya dalam 1 kali treatment, bahkan sesaat setelah treatment pun hasil sudah terlihat dengan kulit yang lebih kencang dibanding sebelum treatment pertama kali dan hasil maksimal akan didapat sekitar 2 bulan pasca treatment saat kolagen baru di kulit telah mengalami regenerasi. Liftera dapat bekerja pada kedalaman 1,5 - 4,5mm di bawah kulit sehingga dapat bekerja untuk  kolagen reproduksi sehingga semakin lama kulit terlihat semakin kencang dan sehat.

Pilihan Editor: Perawatan Kulit Wajah dengan Laser, Atasi Hiperpigmentasi dan Cegah Penuaan Dini

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."