Ketahui Manfaat Botox di Bawah Mata dan Efek Sampingnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi suntik botox. shutterstock.com

Ilustrasi suntik botox. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam dermatologi kosmetik, tonjolan otot yang muncul di bawah mata saat Anda tersenyum disebut jelly roll. Beberapa orang menyukainya, dan yang lain membencinya. Jika Anda termasuk dalam kategori terakhir, botox di bawah mata dapat menjadi pilihan untuk dipertimbangkan.

Seperti kita ketahui, kulit di sekitar mata  jauh lebih tipis dan halus dibandingkan area lain di tubuh lainnya, sehingga sering kali menjadikannya area pertama yang menunjukkan tanda-tanda penuaan. Orang-orang biasanya mendapatkan suntikan botox pada otot di dekat pelipis mereka untuk mengurangi munculnya keriput, tetapi Anda juga bisa mendapatkan botox di area bawah mata Anda untuk mengatasi gulungan jeli tersebut.

Sebelumnya, dokter kulit bersertifikat Reshmi Kapoor, MD, dan Hee Jin Koh, MD, berbagi bagaimana sebenarnya Botox bawah mata bekerja untuk menghaluskan gulungan jeli, perbedaannya dengan filler di bawah mata, dan apa efek samping yang mungkin timbul saat menggunakannya. Botox di bawah mata Anda.

Cara kerja botox

Botox adalah neuromodulator, toksin botulinum tipe A, yang memblokir sinyal yang dilepaskan saraf sehingga menyebabkan otot berkontraksi. Saat disuntikkan ke wajah, botox menghaluskan kulit dengan mengendurkan otot-otot wajah untuk sementara yang berkontribusi pada garis-garis dalam dan kerutan, menurut dokter kulit bersertifikat Reshmi Kapoor.

Perlu kita ingat bersama, botox bersifat sementara, sehingga hasilnya hanya bertahan hingga tiga bulan.

Bisakah botox di bawah mata?

Secara teknis, ya, botox bisa digunakan di area bawah mata. Namun, Dr. Koh menunjukkan bahwa ini dianggap penggunaan di luar label. Botox tidak disetujui untuk suntikan di area bawah mata oleh Federal Drug Administration (FDA) seperti halnya untuk dahi, garis kerutan, dan kerutan.

Oleh karena itu, botox di bawah area mata hanya boleh dilakukan oleh dokter berpengalaman, kata dokter Kapoor. 

Manfaat botox di bawah mata

Jelly roll dibentuk oleh otot-otot kelopak mata bawah (secara ilmiah dikenal sebagai orbicularis oculi). Ketika Botox disuntikkan di bawah mata Anda ke otot-otot ini, hal ini akan mengurangi munculnya jelly roll dan menghaluskan kulit di bawah mata Anda, kata dokter kulit Hee Jin Koh. Ditambah lagi, dokter Kapoor mengatakan bahwa mengendurkan otot-otot yang menyebabkan jelly roll dengan botox di bawah mata dapat membuat mata tampak lebih lebar dan membantunya tetap terbuka saat Anda tersenyum.

Botox di bawah mata vs. filler di bawah mata

Botox bawah mata dan filler bawah mata memiliki dua mekanisme dan rangkaian manfaat yang berbeda. Botox di area bawah mata menargetkan dan melemaskan otot, jadi botox paling baik untuk mengurangi munculnya kerutan di bawah mata yang terbentuk saat tersenyum atau menyipitkan mata, menurut dokter Koh.

Namun, dokter Kapoor menambahkan bahwa prosedur ini tidak dapat membantu mengatasi kantung di bawah mata, bengkak, lingkaran hitam, dan lubang di bawah mata.

Di sisi lain, filler di bawah mata mengatasi masalah tersebut dengan membuat area bawah mata terlihat lebih tebal. Dokter Kapoor mengatakan bahwa pengisi asam hialuronat, seperti Juvéderm dan Restylane, biasanya merupakan pilihan terbaik untuk ini. Zat tersebut dikenal dapat mengembalikan volume yang hilang, membantu mengatasi cekungan, dan memperbaiki lingkaran hitam.

Apa pun suntikan yang paling cocok untuk mengatasi permasalahan di bawah mata Anda, dokter Koh sangat menyarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kulit untuk mendapatkan evaluasi dan rekomendasi yang dipersonalisasi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Persiapan botox di bawah mata

Persiapan untuk botox di bawah mata tidak berbeda dengan persiapan yang diperlukan untuk perawatan suntik lainnya, kata dokter Koh. Seperti biasa, konsultasi kosmetik dengan dokter berpengalaman merupakan langkah awal yang penting.

Jika Anda dianggap sebagai kandidat yang cocok untuk botox di bawah area mata, dokter Koh dan Kapoor menyarankan untuk menghindari meminum alkohol dan mengonsumsi obat pengencer darah serta suplemen apa pun selama tujuh hingga 10 hari sebelum prosedur Anda untuk mengurangi risiko memar. Ini termasuk aspirin, ibuprofen, vitamin E, minyak ikan, gingko, dan bahkan bawang putih.

Kisaran biaya botox di area bawah mata

Menurut American Society of Plastic Surgeons, biaya rata-rata suntikan toksin botulinum adalah USD528. Namun, harga botox di bawah mata bervariasi tergantung penyedianya.

“Beberapa klinik akan mengenakan harga per unit, dan beberapa akan mengenakan harga per area,” kata dokter Kapoor.

Efek samping botox di area bawah mata

Botox umumnya merupakan prosedur kosmetik yang aman. Efek samping yang paling umum adalah pembengkakan, memar, atau nyeri di sekitar lokasi suntikan.

“Dengan Botox di bawah area mata, terdapat risiko jika seseorang bukan kandidat yang tepat, mengendurkan otot jelly roll dapat menyebabkan kelambatan pada margin kelopak mata bawah dan, berpotensi, mata kering,” kata dokter Kapoor.

Kesimpulannya, botox di area bawah mata bisa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin menghaluskan kulit di bawah mata, terutama mereka yang menginginkan tampilan mata terbelalak saat tersenyum. Pastikan untuk menemukan dokter kulit bersertifikat yang berpengalaman dalam penggunaan botox.

Pilihan Editor: Bolehkah Botox saat Hamil atau Menyusui? Ini Penjelasan Ahli

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."