5 Tips Nonton Konser Musik di Luar Negeri, Pilih Tempat Makan dan Penginapan Ramah Kantong

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Taylor Swift tampil dalam konser

Taylor Swift tampil dalam konser "The Eras Tour" di Tokyo, Jepang, 7 Februari 2024. Taylor Swift memulai tur dunianya di Tokyo yang memberikan penampilan memukau kepada para penggemarnya di Tokyo Dome di Jepang. REUTERS/Kim Kyung-Hoon

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Akhir-akhir ini banyak penyanyi konser musik di luar negeri. Terbaru Taylor Swift di Singapura dan berikutnya Bruno Mars pada bulan April. Hal ini membuat banyak penonton konser dari Indonesia berbondong-bondong ke luar negeri untuk menyaksikan penampilan idolanya.

Namun bepergian ke luar negeri untuk menonton konser tentu disertai dengan pertimbangan biaya yang tidak sedikit. Bahkan ada kisah seroang suami yang viral, karena menghabiskan Rp 30 juta untuk menonton konser Taylor Swfit bersama istrinya.

Supaya lebih hemat saat nonton konser di luar negeri dan traveling tentu harus membuat budgeting dan planning sedini mungkin. Biasanya anggaran terbesar adalah untuk membeli tiket pesawat dan akomodasi. Maklum, hargaa akan melonjak saat ada konser besar. 

Sebainya menyiapkan budget untuk nonton konser di luar negeri dari jauh-jauh hari, bahkan sebelum pembelian tiket dibuka. Hal ini untuk mencegah dikenakan biaya terlalu mahal untuk pemesanan tiket dan hotel. Selain itu, juga dapat menggunakan tools seperti Skyscanner untuk membandingkan tiket penerbangan yang tersedia. 

Tapi selain memesan tiket pesawat dan hotel dari jauh-jauh hari, ada cara untuk berhemat. Country Manager Wise Indonesia, Elian Ciptono membagikan beberapa tips nonton konser di luar negeri, seperti dikutip dari keterangan pers.

1. Pilih tempat makan yang terjangkau

Luangkan waktu untuk mencari tempat kuliner dengan harga ramah di kantong. Di Singapura, dapat mengunjungi hawker centers seperti Old Airport Road Food Centre, Chinatown Complex Market, dan Golden Mile Food Centre, yang menawarkan berbagai pilihan makanan, termasuk makanan halal, dengan harga mulai dari S$5 atau sekitar Rp58.000 per porsi. 

2. Gunakan transportasi umum lokal

Cara lain untuk berhemat adalah menggunakan transportasi umum ketika di luar negeri. Di Singapura, sistem transportasi umum mereka cukup mudah untuk digunakan, terutama dengan bantuan Google Maps atau aplikasi lokal seperti MyTransport.SG. Anda dapat menghemat dengan menggunakan bis dan MRT, dengan biaya mulai dari S$1.50 atau sekitar Rp 17 ribu

3. Temukan acara gratis lainnya

Carilah acara dan kegiatan gratis di dekat venue konser. Ada banyak akun media sosial yang mempromosikan acara lokal gratis, seperti akun @DistrictSixtyfive di Singapura. Dengan begitu akan mendapatkan pengalaman selama di luar negeri tanpa mengeluarkan biaya tambahan, serta menikmati budaya dan hiburan di negara yang dituju.

4. Siapkan emergency budget

Penting untuk mempersiapkan budget ekstra yang mungkin dibutuhkan selama perjalanan. Hal ini untuk biaya-biaya  tidak terduga. Dengan menyisihkan sebagian dana untuk keadaan darurat, dapat melakukan perjalanan dengan tenang dan menikmati pengalaman konser sepenuhnya.

5. Minta bantuan teman atau keluarga 

Kalau memiliki teman atau keluarga yang tinggal di negara yang ditujuju, Anda bisa memanfaatkan aplikasi seperti Wise untuk mengirim uang langsung ke rekening bank lokal mereka. Mereka dapat membantu menarik uang tunai dari ATM lokal, sehingga Anda terhindar dari biaya ATM yang mahal, biaya transaksi valuta asing, serta nilai tukar yang tidak menguntungkan.

Pilihan Editor: Punya Rencana Nonton Konser di Luar Negeri? Ini 4 Hal yang Perlu Kamu Siapkan

YUNIA PRATIWI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."