Orang dengan 7 Kondisi Berikut Tak Boleh Mandi Air Hangat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita sedang mandi. shutterstock.com

Ilustrasi wanita sedang mandi. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mandi air hangat atau air panas memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Apa saja itu? Mulai dari mendukung kesehatan kardiovaskular, meredakan stres, mengurangi nyeri otot dan sendi hingga meningkatkan kesehatan kulit. Meski demikian, sejumlah orang dengan kondisi berikut diimbau untuk menghindari mandi air hangat atau panas. Apa alasannya? Berikut pemaparan para ahli.

1. Orang dengan psoriasis, eksim, atau kondisi kulit serupa: Mandi air panas atau air hangat dapat meningkatkan iritasi dan kekeringan, serta memperburuk gejala, menurut Michael I. Jacobs, dokter kulit bersertifikat, dan profesor dermatologi di Weill Cornell Medical College.

2. Orang lanjut usia dengan masalah kesehatan pembuluh darah kardiovaskular: "Mandi dengan air hangat atau panas bisa menyebabkan mereka merasa pusing," kata dr. Jacobs dikutip dari Real Simple, Minggu, 24 Maret 2024.

"Jika kemampuan termoregulasi berkurang karena defisiensi kardiovaskular atau obat-obatan, mandi dengan air panas tidak disarankan,” ujar Meredith Warner, ahli bedah ortopedi di praktik swasta di Baton Rouge, Louisiana,

3. Orang dengan kondisi kesehatan atau cedera yang melibatkan metabolisme, saraf, persendian, atau organ dalam: "Mereka harus berkonsultasi dengan dokter tentang percobaan mandi air panas untuk kondisi mereka," kata Thomas Pontinen, ahli anestesi bersertifikat ganda dan spesialis manajemen nyeri, dokter. Sekalipun mereka mendapat lampu hijau, kelompok ini harus berhati-hati mengenai respons kulit mereka terhadap suhu yang lebih panas, imbaunya.

4. Orang dengan neuropati: Mereka mungkin mengalami gejala yang memburuk saat mandi dengan air yang terlalu panas atau terlalu dingin, menurut dokter Pontinen.

5. Orang hamil: Mandi air panas tidak disarankan selama kehamilan karena suhu tubuh bisa naik terlalu tinggi. Namun, mandi air hangat tidak masalah, asalkan dokter kandungan mengizinkan, catat dokter Warner.

6. Anak-anak: Menurut Warner, anak-anak tidak memiliki kemampuan untuk melakukan termoregulasi, dan sebaiknya hanya mandi air hangat (bukan air panas).

7. Orang dengan masalah mobilitas tertentu: Siapa pun yang tidak dapat masuk dan keluar dari bak mandi dengan aman harus menghindari mandi air panas atau air hangat, kata Warner. 

Pilihan Editor: Mandi Air Hangat Buat Bayi Tidur Lebih Nyenyak

REAL SIMPLE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."