8 Tips menjadi Pendengar yang Baik dalam Hubungan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan pillow talk. Freepik.com/Prostooleh

Ilustrasi pasangan pillow talk. Freepik.com/Prostooleh

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu penyebab utama pertengkaran dalam hubungan adalah orang-orang mendengarkan bukan untuk memahami, melainkan untuk berbicara. Maka dari itu, berlatih mendengarkan dengan baik salah satu cara mengatasi masalah besar dalam hubungan. Berikut ini tips menjadi pendengar yang baik dalam hubungan.

1. Fokus pada pasangan

Memberikan perhatian penuh kepada pasangan selama berkomunikasi dengannya adalah hal yang penting. Hindari phubbing dan gangguan lainnya. Penting untuk menjaga kontak mata selama komunikasi.

2. Jangan memberikan penilaian

Hindari menarik kesimpulan acak. Dengarkan sudut pandang pasangan Anda dengan baik. Perilaku berpikiran terbuka dan penerimaan penting untuk menjadi pendengar aktif dalam hubungan.

3. Hindari berdebat

Jangan berbicara dengan pasangan Anda dalam suasana berdebat. Hindari mengubah percakapan menjadi perdebatan sengit.

4. Bersabar

Kesabaran adalah kunci mendengarkan secara aktif. dengan membiarkan pasangan Anda mengungkapkan pikirannya tanpa menimbulkan interupsi, Anda menciptakan ruang untuk percakapan yang sehat.

5. Renungkan apa yang dikatakan pasangan Anda

Setelah pasangan Anda mengutarakan pemikirannya, luangkan waktu sejenak untuk melakukan refleksi mendalam sebelum mengambil kesimpulan atau pernyataan. Bercermin membantu Anda untuk lebih menyadari apa yang dikatakan orang lain.

6. Mendengarkan untuk memahami, bukan membalas

Tahan keinginan untuk merespons saat pasangan Anda berbicara. Mendengarkan berarti memahami dengan sabar sudut pandang orang lain dan tidak sekadar mendengarkan untuk berbicara.

7. Parafrase

salah satu cara terbaik untuk membuat pasangan Anda merasa didengarkan dan dihargai adalah dengan mengulangi apa yang mereka katakan secara singkat. Parafrase membantu menunjukkan bahwa Anda adalah pendengar yang aktif.

8. Validasi

Memvalidasi memungkinkan Anda tidak hanya menjadi pendengar yang baik, tetapi juga individu yang pengertian. Mengakui sudut pandang pasangan Anda selama percakapan akan memupuk pemahaman mendalam tentang suatu hubungan.

Pilihan Editor: 5 Cara agar Suami Mendengarkan Kamu

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."