Sejarah Rumah Mode Maison Margiela, dari Desainer Anonymous

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Sejumlah model mengenakan rancangan adi busana Maison Martin Margiela untuk koleksi musim dingin 2013 yang dipamerkan pada Rabu (3/7), di Paris. AP/Thibault Camus

Sejumlah model mengenakan rancangan adi busana Maison Martin Margiela untuk koleksi musim dingin 2013 yang dipamerkan pada Rabu (3/7), di Paris. AP/Thibault Camus

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rumah mode asal Paris, Maison Margiela, terkenal karena keunggulan busananya sejak didirikan pada 1988. Dikutip dari laman Coggles, label terkenal ini diluncurkan oleh desainer Belgia bernama Martin Margiela. Kreasinya dalam pakaian pria dan wanita telah mendorong batas-batas desain dengan mendekonstruksi, menciptakan kembali, dan mendefinisikan ulang siluet pria dan wanita.

Sejarah Lahirnya Maison Margiela

Martin Margiela mulai bekerja di industri fashion pada 1984. Ketika itu dia bekerja di Jean Paul Gaultier sebagai asisten desainer. Empat tahun kemudian, label Maison Margiela diluncurkan ke pasar fashion mewah. Tidak puas dengan tekanan dari satu label, Martin sekaligus menjadi direktur pakaian wanita di Hermes pada akhir tahun 1997.

Bergairah tentang dunia mode serta menantang norma-norma sosial dan mode, label Maison Margiela pertama kali dikenal karena teknik desainnya yang tidak lazim. Mencerminkan lebih banyak getaran mentah, belum selesai, dan grunge dalam koleksinya, koleksi tersebut menonjol di antara pasar yang ramai.

Pada awal tahun 90-an, merek tersebut menjadi perusahaan publik dengan mayoritas saham dimiliki oleh pemilik Diesel Group Renzo Russo. Setahun kemudian Martin meninggalkan posisinya di Hermes. Tak lama setelah itu diumumkan bahwa Martin Margiela akan mengundurkan diri dari Maison tanpa pengganti. Sebaliknya, tim kreatif anonim akan mengambil kendali dan meneruskan nama Maison Margiela.

Maison Margiela

Label ini tidak hanya dikenal dengan desainnya yang kreatif dan berkelamin dua, juga terkenal dengan warisannya dalam Haute Couture. Sebutan Haute Couture ini berasal dari Federation Francaise de la Couture sejak tahun 2012 dengan nama Maison Margiela Artisanal.

Dengan mendandani selebriti papan atas secara rutin, merek ini telah ditampilkan di depan majalah editorial dan terus menjadi berita utama karena koleksi runway-nya yang tidak konvensional. Pada tahun 2009 Martin meninggalkan label tanpa menunjuk penggantinya hingga tahun 2014, ketika couturier Inggris John Galliano dipekerjakan sebagai kepala Direktur Kreatif.

Anonimitas Martin Margiela

Berbeda dengan sebagian besar industri, kehadiran Martin Margiela di media selalu minim. Dia memilih untuk tidak disebutkan namanya dan tidak terlibat dalam wawancara atau foto. Bahkan setelah Martin meninggalkan label tersebut setelah dua dekade, tim desain terus merepresentasikan label tersebut dengan cara yang sama, dengan fasad ‘tanpa wajah’.

Kolaborasi Margiela dan Karya Luar Biasa

Maju cepat ke tahun 2012 dan Maison Margiela mengumumkan kolaborasi jalan raya pertama dengan raksasa scandi H&M. Koleksi kapsul menampilkan merek tersebut mengambil potongan arsip dan merevisinya untuk audiens yang lebih komersial tanpa kehilangan keunggulan Margiela.

Terkenal karena karyanya dengan bahan-bahan yang tidak biasa, Margiela mempersembahkan koleksi yang mendapat pujian kritis pada tahun 2006. Dia menampilkan pilihan jahitan yang terbuat dari kain pelapis dan menggunakan sabuk pengaman untuk dipasang di bagian pinggang.

Margiela juga dikenal bereksperimen dengan teknik sekarat untuk mencapai je ne sais quoi tertentu dari koleksinya. Cita rasa yang diperoleh dari sepatu bot kaki Tabi memulai debutnya di peragaan busana SS89 Margiela. Dia terinspirasi oleh Jepang abad ke-15 di mana sandal platform kayu dengan tali di antara jari kaki menjadi alas kaki pilihan, desain Margiela membawa faktor risiko ke dalam mode kelas atas.

Apa arti angka Maison Margiela?

Unik untuk setiap pakaian, label Maison Margiela menampilkan rangkaian angka dari 0-23, sesuai dengan koleksi yang ada. Misalnya pakaian dengan nomor yang dilingkari 4 termasuk dalam koleksi pria, sedangkan pakaian dengan nomor yang dilingkari adalah bagian dari pakaian wanita.

Pilihan Editor: Balenciaga Keluarkan Gelang Mirip Selotip

COGGLES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."