Yura Yunita Nyanyikan Karya Glenn Fredly yang Belum Pernah Dirilis, Judulnya Keluarga

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Yura Yunita/Foto: Instagram/Yura Yunita

Yura Yunita/Foto: Instagram/Yura Yunita

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Glenn Fredly meninggalkan banyak kesan terhadap orang terkasih di sekitarnya. Termasuk untuk para pendengar karya-karyanya. Sebuah lagu yang belum sempat dirilis oleh Glenn Fredly dan masih tersimpan di handphone Glenn, akhirnya berhasil diselesaikan. Lagu berjudul “Keluarga” itu dinyanyikan oleh Yura Yunita.

Lagu “Keluarga” tersebut memiliki lirik yang membicarakan tentang arti menjadi keluarga. Bagaimana berkumpul dalam suasana yang menyenangkan merupakan momen yang tak ternilai harganya. Berbagi tawa dan cerita, serta menerima kurang dan lebih satu sama lain anggota keluarga. 

Dengan aransemen minimalis gitar dan piano yang manis, dibalut vokal Yura yang lembut, memberikan lagu ini nuansa yang mengajak pendengarnya untuk memaknai penerimaan satu sama lain sebagai sebuah keluarga.

Menurut Produser “Glenn Fredly The Movie” Daniel Mananta terasa spesial karena lagu yang diciptakan oleh Bung Glenn itu kini bisa didengarkan oleh publik, dan akan menjadi OST untuk film “Glenn Fredly The Movie” yang akan tayang tahun ini. Proses penemuan lagu ini terjadi ketika produser “Glenn Fredly The Movie” dan DAMN! I Love Indonesia Pictures sedang melakukan riset tentang keluarga Bung Glenn. Diharapkan, lagu “Keluarga” bisa menjadi OST “Glenn Fredly The Movie” yang mampu memberikan impak lebih dan mengetahui lebih mendalam tentang film dan visi yang dimiliki oleh Bung Glenn.

"Kami menemukan sebuah lagu yang sempat direkam oleh almarhum Glenn Fredly di handphone pribadinya. Ini direkam setelah putrinya lahir ke dunia. Seperti yang kita semua tahu, sebulan setelah putrinya lahir, Bung Glenn meninggal dunia. Judul lagu tersebut adalah “Keluarga," ucap Daniel melalui siaran pers, Sabtu, 16 Maret 2024. 

Konferensi pers peluncuran film Glenn Fredly The Movie yang dibintangi Marthino Lio dan Zulfa Maharani di Jakarta, Rabu, 24 Januari 2024/Foto: Doc. Poplicist

Mengingat visi Bung Glenn bukan hanya memimpikan keluarga pribadi untuk dirinya tapi juga mengharapkan kita, satu Indonesia juga bisa menjadi sebuah keluarga besar, tanpa melihat lagi perbedaan. Sehingga, untuk original soundtrack “Glenn Fredly The Movie” kami memutuskan menyelesaikan lagu ini sebagai bentuk dedikasi ke Bung Glenn. 

Yura, yang dipercaya menyanyikan lagu “Keluarga” tentu bukan sosok yang asing. Glenn adalah sosok sahabat, mentor, sekaligus temannya baik dalam hidup dan karier bermusik Yura. Ia pun mengungkapkan rasa haru saat diminta untuk membawakan lagu ini.

Yura mengatakan  membawakan lagu “Keluarga” yang diciptakan Glenn yang belum pernah dirilis dan kini setelah dia meninggalkan kita semua, rasanya seperti kembali berbicara dengannya. Lagu “Keluarga” memberikan makna tentang bagaimana kita bisa saling memahami kekurangan satu sama lain dan perbedaan yang ada sebagai anggota keluarga. 

"Bukan hanya dalam lingkup keluarga pribadi, tetapi secara lebih jauh juga bisa dimaknai bagaimana kita sesama manusia bisa saling memahami. Semoga lagu “Keluarga” yang akan menjadi OST “Glenn Fredly The Movie” bisa memberikan kita ruang untuk lebih mengenali sosok Kak Glenn lebih dekat,” kata Yura.

Lagu “Keluarga” ciptaan Glenn Fredly yang dinyanyikan Yura Yunita akan tersedia di seluruh DSP dan akan menjadi OST “Glenn Fredly The Movie.” Film “Glenn Fredly The Movie” merupakan persembahan dari Time International Films yang diproduksi oleh DAMN! I Love Indonesia Pictures bekerja sama dengan Adhya Pictures. 

Perjalanan Karier Yura Yunita

Yura Yunita. Foto: Yura Yunita/Merakit

Yura Yunita adalah penyanyi dan penulis lagu perempuan yang lagu-lagu hitsnya sudah tidak asing di Indonesia. Yura menjadi Artis Solo Wanita Pop Terbaik versi AMI Awards sebanyak 4 kali di 2017, 2018, 2022 dan 2023. Sementara karya seni yang membentuk lagu-lagunya pun meraih penghargaan, seperti Piala Maya 2022 untuk Video Klip Musik “Dunia Tipu-Tipu” dan Piala Citra Festival Film Indonesia 2023 untuk Pencipta Lagu Tema Terbaik lewat lagu “Jalan Pulang.”

Selain musik, masyarakat mengenalnya sebagai inspirasi dalam pemberdayaan perempuan dan sosok yang aktif dalam mendukung kawan-kawan di komunitas disabilitas. Tidak hanya di Indonesia, ia juga memiliki potensi pasar di Asia Tenggara. 

Yura terpilih ke dalam ‘99 Most Inspiring Women 2019’ oleh GlobeAsia Magazine. Yura mulai dikenal di Malaysia, Singapura, dan Filipina karena single kolaborasinya dengan 11 penyanyi wanita Asia Tenggara yang berjudul ‘Heal’. Yura pun menjadi perwakilan Indonesia untuk membawakan OST Mulan dari Walt Disney, ‘Reflection’, bersama tiga penyanyi perempuan Indonesia lainnya.

Pilihan Editor: Yura Yunita dan Rossa Meriahkan Gelaran It's His/Her Day

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."