Selain Mendengarkan dengan Baik, Simak 4 Cara Meningkatkan Empati

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan berbincang dengan temannya. Foto: Freepik.com

Ilustrasi perempuan berbincang dengan temannya. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Komunikasi empati memerlukan kemampuan berempati dan memahami keadaan, pengalaman, dan sudut pandang orang lain dengan bersikap peka dan lebih pengertian. Empati bukan hanya tentang mengungkapkan kebaikan kepada orang lain, melainkan perlu memahami kompleksitas orang lain dengan menempatkan diri kita pada posisi mereka. Berikut cara meningkatkan empati kepada orang lain.

1. Latihan Mendengarkan

Mendengarkan dengan sabar adalah prinsip utama yang membantu berempati terhadap orang lain. Ketika Anda mendengarkan orang lain dengan sabar tanpa menyela mereka atau menarik kesimpulan, maka mereka merasa didengarkan. Mendengarkan dengan sabar memberi ruang untuk menumbuhkan komunikasi empati.

2. Berbelas Kasih

Belas kasih memperdalam ekspresi empati dalam diri kita. Dengan peka terhadap pengalaman dan pendapat orang lain, seseorang menjadi orang yang lebih baik. Mengekspresikan kebaikan dan kasih sayang membantu menjadi berbelas kasih.

3. Jangan Menghakimi

Jangan terlalu mengkritik keyakinan dan pengalaman orang lain dengan memberikan penilaian dan komentar yang berlebihan. Individu yang suka menghakimi adalah orang yang kurang pengertian dan tidak peka. Dengan tidak menghakimi seseorang dapat lebih memahami dan tetap terbuka terhadap sudut pandang dan argumen orang lain.

4. Tempatkan Diri di Posisi Orang Lain

Salah satu cara terbaik untuk lebih berempati terhadap orang lain adalah dengan memahami orang lain dengan menempatkan diri Anda pada posisi mereka. Seseorang harus meluangkan waktu untuk merenungkan situasi orang lain agar dapat terhubung dan lebih memahami keadaan mereka.

5. Validasi Pengalaman dan Terbuka terhadap Perspektif

Baca Juga:

Memvalidasi pengalaman dan perspektif orang lain adalah bagian dari cara meningkatkan empati. Ini menunjukkan kemampuan Anda untuk lebih baik terhadap orang lain. Dengan memvalidasi dan mengakui pengalaman orang lain, seseorang bisa lebih berempati. Saat seseorang curhat kepada Anda, hindari mengabaikan pengalamannya dengan mengklaim bahwa hal itu bersifat universal, sebaliknya bersikaplah lebih reseptif dan peka terhadap emosinya.

Pilihan Editor: Belajar Rasa Empati Bisa Melalui Musik?

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."