9 Tanda Pasangan Tidak Tersedia Secara Emosional

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Pressfoto

Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Pressfoto

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Suatu hubungan adalah tanggung jawab bersama dan memerlukan timbal balik dan komitmen yang lebih dalam. Namun, individu yang menjalin hubungan dengan pasangan tidak tersedia secara emosional mungkin bergumul dengan kompleksitas dalam memahami dia dan hubungan. Pasangan yang tidak tersedia secara emosional kurang peka terhadap emosinya. Ketidaktersediaan mereka ditandai dengan ketidakmampuan mereka membalas waktu, kasih sayang, cinta, dan usaha dalam hubungan yang pada akhirnya berujung pada kehancuran hubungan.

Individu yang menjalin hubungan dengan pasangan yang tidak tersedia secara emosional bisa terjebak dalam dinamika sepihak, situasi di mana pasangannya tiba-tiba menghilang atau bergumul dengan keintiman. Berikut sembilan tanda pasangan yang tidak tersedia secara emosional.

1. Pengabaian

Pasangan yang tidak tersedia secara emosional sering kali berusaha menghindari menghabiskan waktu bersama pasangannya. Bagi individu seperti itu, hubungan berada di urutan terakhir dalam daftar prioritas dan mereka tidak menganggap perlu untuk menghabiskan waktu bersama pasangannya. Singkatnya, pasangan yang tidak siap secara emosional dengan bertindak dingin dan kasar ketika menunjukkan keengganannya untuk berkomitmen.

2. Tidak ekspresif secara emosional

Ekspresi emosional hampir tidak terlihat ketika Anda berkencan dengan pasangan yang tidak tersedia secara emosional. Dalam kebanyakan kasus, individu yang menjalin hubungan dengan pasangan yang tidak siap secara emosional mendapati diri mereka mengambil ekspresi emosional sendirian. Tidak pernah ada proses dua arah dengan mereka.

Pasangan yang tidak tersedia secara emosional menghindari ekspresi emosional untuk melepaskan diri dari interaksi emosi dalam hubungan. Dia menghindari mengungkapkan cinta dan keinginan dalam hubungan.

3. Kesenjangan komunikasi

Kesenjangan komunikasi terus terjadi ketika Anda menjalin hubungan dengan pasangan yang tidak tersedia secara emosional. Tindakan diam menjadi terlalu sering menyebabkan jarak emosional. Dia tidak pernah mengomunikasikan prioritas, ketakutan, dan kebutuhan dalam hubungan tersebut. Dia tidak mau banyak berkomunikasi untuk menghindari keterikatan dengan pasangannya.

4. Takut akan keintiman

Pasangan yang tidak tersedia secara emosional memiliki ketakutan akan keintiman. Dia menghindari terlalu dekat dengan pasangannya karena takut akan keterikatan emosional. Dia merasa tidak nyaman saat momen intim. Individu yang menjalin hubungan dengan pasangan yang tidak tersedia secara emosional mungkin tidak memiliki chemistry yang sehat di kamar tidur.

5. Tidak pernah berempati

Pasangan yang tidak tersedia secara emosional sering kali gagal memberikan empati dalam hubungan. Dia mengabaikan emosi pasangannya dan tidak pernah mengakui pengalamannya. Saat Anda curhat kepada pasangan, dia kesulitan untuk berempati dengan pengalaman Anda.

6. Tidak mendukung

Pasangan yang tidak tersedia secara emosional tidak dapat menawarkan dukungan dan bantuan di masa-masa sulit. Mereka menjadi jauh secara emosional ketika Anda sangat membutuhkannya. Mereka gagal untuk hadir pada saat dibutuhkan. Orang-orang seperti itu meninggalkan pasangannya sendirian untuk melawan keadaan sulit atau menantang.

7. Kerap ghosting

Siklus ghosting yang berulang-ulang terlihat jelas dalam hubungan dengan pasangan yang tidak tersedia secara emosional. Dalam kebanyakan kasus, orang-orang tersebut pertama-tama tiba-tiba menutup komunikasi dan menghilang, lalu muncul kembali setelah ghosting. Ketidakmampuan dia untuk menampilkan emosi dan berkomitmen pada hubungan menciptakan dinamika yang tidak sehat.

8. Hubungan sepihak

Jika pasangan Anda mengharapkan untuk melakukan semua pekerjaan emosional dalam hubungan tersebut, itu adalah tanda bahwa Anda berkencan dengan pasangan yang tidak tersedia secara emosional. Pada saat ini, seseorang mungkin merasa tercekik secara emosional karena beban menginvestasikan lebih banyak waktu dan energi sendirian dalam hubungan tersebut. Pasangan yang tidak tersedia secara emosional gagal untuk membalas dan mengungkapkan rasa terima kasih, dan kasih sayang dalam hubungan tersebut.

9. Kasar dan sarkastik

Pasangan yang tidak siap secara emosional menjaga diri sendiri dan tidak pernah mengungkapkan apa yang sebenarnya ada dalam pikiran. Saat bertengkar dengan pasangannya, dia kerap melontarkan komentar sarkastik dan menunjukkan perilaku dingin. Dia menahan diri untuk tidak berempati, malah melontarkan lelucon dan melontarkan cibiran untuk menghindari ekspresi emosional.

Pilihan Editor: 7 Cara Memahami Pasangan Anda Lebih Baik

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."