Cara Mengejan yang Benar saat Melahirkan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi melahirkan. Freepik.com/

Ilustrasi melahirkan. Freepik.com/

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu fase melahirkan yang wajib diketahui adalah bagaimana cara mengejan. Sebagai informasi, ada tiga tahapan utama kelahiran. Tahap pertama dimulai dari saat kontraksi hingga serviks melebar sepenuhnya. Mengejan secara aktif dimulai pada tahap kedua persalinan hingga kelahiran. Lalu ada tahap terakhir, saat plasenta atau afterbirth dikeluarkan, menurut Mayo Clinic. Yuk, kita telusuri serba-serbi cara mengejan saat melahirkan.

Kapan Harus Mengejan Saat Melahirkan?

Mengejan harus dilakukan setelah tahap pertama persalinan selesai sepenuhnya dan Anda telah memasuki tahap kedua persalinan, yang berarti leher rahim (ujung bawah rahim yang menghubungkan ke vagina) harus melebar 10 sentimeter, menurut perawat persalinan Liesel Teen dan pendiri Mommy Labour Nurse. Itu angka yang mungkin pernah Anda dengar sebelumnya. Ternyata, ada alasan bagus mengapa hal ini dikutip secara luas.

“Jika Anda mengejan sebelum leher rahim Anda benar-benar melebar, ada kemungkinan tekanan kepala bayi justru dapat menyebabkan leher rahim Anda membengkak, sehingga membuat bayi lebih sulit keluar. Jika pembengkakan serviks cukup parah, hal itu mungkin juga berdampak. kemampuan Anda untuk melahirkan secara normal," kata Teen dikutip dari PopSugar, Rabu, 13 Maret 2024.

Bersalin berarti menunggu hingga bayi berada di bagian bawah panggul atau jalan lahir sebelum mengejan. Itu mungkin terjadi satu jam atau lebih setelah serviks melebar sepenuhnya.

Cara terbaik untuk mengetahui kapan bayi sudah turun cukup jauh (dan kapan waktunya mengejan) adalah besarnya tekanan yang Anda rasakan, kata Teen. Ya, tekanan saat mengejan bukan hanya sekedar diharapkan, tapi merupakan hal yang baik!

“Wanita yang tidak menggunakan epidural kemungkinan besar akan merasakan banyak tekanan di vagina dan rektum karena kepala bayi berada sangat rendah di panggulnya. Beberapa wanita yang menggunakan epidural masih merasakan tekanan, sementara yang lain tidak merasakan banyak tekanan,” katanya.

“Tidak salah untuk mulai mengejan sebelum Anda merasakan tekanan, namun upaya mengejan Anda akan lebih berhasil dan produktif jika Anda merasakan tekanan,” kata Teen. "Mendorong yang lebih produktif idealnya menghasilkan waktu mendorong yang lebih singkat!"

Teen mencatat bahwa mengejan sepenuh tenaga tidak cocok untuk semua orang. Hal ini juga meningkatkan total waktu persalinan (meskipun dapat mengurangi waktu mengejan aktif) dan membawa beberapa risiko, termasuk peningkatan risiko perdarahan pasca melahirkan, menurut laporan Clinic Cleveland. Jadi, meskipun ini mungkin merupakan strategi yang tepat dalam beberapa persalinan, hal ini belum tentu terbaik dalam semua kasus.

Teknik Mengejan Saat Melahirkan

Setelah tubuh Anda siap untuk mulai mendorong, ada beberapa teknik yang digunakan, kata Teen:

- Dorongan glotis juga disebut sebagai "mendorong secara spontan", metode ini memungkinkan ibu untuk memimpin.

“Intinya, Anda mengejan saat merasakan dorongan. Anda mungkin akan mengejan sekitar lima detik, tiga hingga lima kali setiap kontraksi,” kata Teen.

- Dorongan yang dipandu. “Selama dorongan terpandu, Anda akan dipandu untuk menahan napas selama enam hingga 10 detik, mengejan seperti sedang buang air besar, dan mengejan sekitar tiga hingga empat kali pada setiap kontraksi. dorongan, yang membantu mengarahkan seluruh energi Anda menuju bagian bawah tempat Anda mendorong,' kata Teen.

Teen mengatakan bahwa dia secara khusus menganjurkan dorongan glotis terbuka bagi mereka yang melahirkan tanpa epidural, namun kedua metode ini berguna dan sangat bergantung pada preferensi pribadi. Tidak masalah untuk memadupadankan keduanya atau mengikuti apa yang disarankan oleh tim kesehatan.

Bagi mereka yang menggunakan epidural, perbedaan utama dalam mengejan adalah bagaimana epidural membatasi gerakan dan posisi. “Ini tidak berarti bahwa Anda harus menekan punggung Anda dengan epidural, tetapi ini berarti Anda biasanya terbaring di tempat tidur,” kata Teen. Namun, Anda dapat mempertimbangkan untuk mendorong dari sisi tubuh, tangan dan lutut, atau bahkan dalam posisi setengah duduk.

Teknik Pernapasan Saat Mengejan 

Pernapasan juga merupakan bagian penting saat mengejan, kata Maeva Althaus, doula, pendidik persalinan, dan pendiri Hypnodoula Maeva. "Penting untuk menarik napas dalam-dalam di sela-sela dorongan. Detak jantung bayi biasanya turun saat Anda mengejan dan kembali meningkat di sela-sela dorongan, dan ini normal. Napas dalam-dalam di sela-sela kontraksi memberikan keajaiban [bagi orang tua dan bayi]," kata Althaus.

Di rumah sakit di mana orang tua menggunakan metode mengejan terpandu, terkadang perlu menggunakan masker oksigen di antara kontraksi. Bagi Althaus, yang lebih menyukai pendekatan persalinan otonom, dia merekomendasikan bernapas sesuka Anda saat mengejan, selama Anda memastikan untuk mengambil napas dalam-dalam dan melatih otot inti saat bernapas.

Berapa Lama untuk Mengejan?

Rata-rata waktu mengejan sat melahirkan adalah sekitar dua jam, kata Teen, meskipun jumlah ini dapat bervariasi berdasarkan individu dan berapa banyak kelahiran yang pernah mereka alami sebelumnya. Banyak rumah sakit memiliki batasan berapa lama ibu hamil dapat mengejan sebelum disarankan melakukan operasi caesar; biasanya sekitar tiga jam, kata Althaus.

Bagi orang tua yang baru pertama kali melahirkan, setidaknya diberikan waktu tiga jam untuk mengejan sebelum operasi caesar direkomendasikan, dan setidaknya dua jam untuk orang yang pernah melahirkan sebelumnya, menurut The American College of Obstetricians and Gynecologists.

Pilihan Editor: 5 Tips Sehat Bagi Ibu yang Baru Melahirkan

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."