5 Tips Sehat Bagi Ibu yang Baru Melahirkan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi ibu hamil berdiri di antara pepohonan. unsplash.com/Ryan Franco

Ilustrasi ibu hamil berdiri di antara pepohonan. unsplash.com/Ryan Franco

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ibu penting untuk memprioritaskan kesehatannya setelah melahirkan. Bila tidak, hal itu pun bisa berdampak tidak hanya pada diri, namun juga bagi kesehatan si bayi. Saat bugar, bisa menjadi fondasi kesejahteraan yang dapat memberdayakan Anda selama periode transformatif ini.

1. Istirahat Cukup

Hal pertama yang perlu diutamakan para ibu baru adalah istirahat yang cukup. Konsultan Psikiater dan Seks Madhura Samudra, menyarankan para ibu baru harus istirahat yang cukup. Ini sangat penting untuk pemulihan dan membantu mengatasi tuntutan fisik dan emosional sebagai ibu. "Menciptakan sistem pendukung yang memberikan waktu untuk istirahat dan pemulihan sangatlah penting," katanya seperti dilansir laman Hindustan Times, Rabu 21 Februari 2023,.

2. Penuhi Nutrisi

Selanjutnya, nutrisi memainkan peran penting dalam kesehatan pasca melahirkan. Pola makan seimbang yang kaya akan zat gizi mikro seperti vitamin D, magnesium, makanan kaya zat besi, dan makanan yang mendukung laktasi, sangat penting bagi ibu dan bayi baru lahir. Hidrasi juga penting, karena membantu produksi ASI dan mendukung kesejahteraan secara keseluruhan.

3. Aktivitas Fisik Ringan

Samudra juga mengingatkan agar para ibu melakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki atau yoga pasca melahirkan. Aktivitas ringan dapat membantu ibu baru mendapatkan kembali kekuatan dan energi. Aktivitas ringan seperti jalan kaki, gerakan memiringkan panggul, dan senam Kegel memberikan dasar yang kuat untuk latihan yang lebih intensif seiring kemajuan Anda.

Penting untuk memulainya secara perlahan dan secara bertahap meningkatkan intensitas olahraga untuk menghindari cedera dan mendukung proses pemulihan tubuh.

4. Waspadai Depresi 

Waspadai tanda-tanda nyata yang dapat menyebabkan depresi atau kecemasan pascapersalinan. Carilah bantuan profesional dan berinteraksilah dengan kelompok pendukung untuk lebih memahami emosi Anda.

5. Perawatan Diri

Selain itu, meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas perawatan diri, baik itu mandi air hangat, membaca buku, atau sekadar tidur siang. "Memberdayakan peran sebagai ibu memerlukan pendekatan holistik yang mencakup kesejahteraan fisik, emosional, dan mental. Dengan memprioritaskan kesehatan pasca melahirkan, para ibu dapat memastikan transisi yang lebih lancar menjadi orang tua dan membangun landasan yang kuat bagi diri mereka sendiri dan keluarga mereka," kata Samudra.

Menetapkan rutinitas kebugaran yang konsisten memang bermanfaat, tetapi fleksibilitas juga sama pentingnya. Menjadi ibu itu dinamis, dan hari-hari tertentu mungkin lebih menantang dibandingkan hari-hari lainnya. Sesuaikan latihan agar sesuai dengan jadwal Anda, menumbuhkan pola pikir positif terhadap kebugaran.

Pilihan Editor: Mau Melahirkan Normal Setelah Persalinan Caesar? Bisa, Asal...

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."