Ketahui Cara Mencerahkan Bibir Gelap dan Faktor Penyebabnya, Kurangi Kafein

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita merawat area bibir. Freepik.com

Ilustrasi wanita merawat area bibir. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sahabat Cantika pernah mengalami bibir gelap? Terdapat banyak faktor yang membuat bibir gelap seperti stres dan merokok. Faktanya, bibir gelap sangat umum terjadi pada wanita. Hal ini mungkin disebabkan karena kondisi medis tertentu atau pilihan gaya hidup. Yuk simak cara mencerahkan bibir gelap berikut ini. 

Kulit di bibir Anda sangat halus dan sensitif sehingga mudah menjadi gelap. Ada sejumlah alasan mengapa bibir Anda yang tadinya sehat dan merah muda menjadi lebih gelap dan kering, antara lain:

1. Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi (produksi melanin berlebih) adalah kondisi umum yang mengubah warna bibir Anda. Ini bisa menjadi tanda penyakit inflamasi, kelainan genetik, perubahan fisiologis, penggunaan obat atau bahan kimia tertentu, dan pertumbuhan jaringan abnormal.

2. Kondisi medis

Kondisi medis tertentu, seperti kekurangan vitamin, melasmai, sindrom Laugier-Hunziker, dan anemia, dapat membuat bibir gelap. Penyakit Addison, kelainan langka pada kelenjar adrenal, juga diketahui menyebabkan bibir menjadi gelap Beberapa perawatan dan resep medis, seperti kemoterapi, juga dapat mengubah warna bibir Anda.

3. Merokok

Menurut penelitian yang dilakukan tentang efek merokok pada bibir, hasilnya menunjukkan bahwa lebih banyak perokok yang memiliki bibir lebih gelap dibandingkan bukan perokok (6). Hal ini menunjukkan bahwa merokok dapat mengubah warna bibir Anda.

4. Paparan Sinar Matahari

Sama seperti kulit lainnya, kulit bibir Anda juga bisa menjadi kecokelatan. Jika Anda sering berada di bawah sinar matahari, hal ini mungkin menjadi penyebab bibir Anda menjadi lebih gelap. Paparan sinar UV meningkatkan melanin di kulit, menyebabkan area menjadi gelap.

5. Stres

Saat Anda stres, tubuh Anda memproduksi lebih banyak radikal bebas. Radikal bebas ini menyebabkan kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan perubahan warna kulit.

Hiperpigmentasi pada bibir mungkin terjadi akibat dehidrasi atau konsumsi kafein berlebihan. Ini juga bisa menjadi tanda reaksi buruk terhadap bahan keras dalam produk kosmetik, seperti lipstik atau pasta gigi.

Cara Mencerahkan Bibir Gelap

1. Ikuti Regimen Perawatan Kulit

Sama seperti kulit di tubuh Anda, kulit di bibir Anda membutuhkan perhatian dan kasih sayang setiap hari. Jadi melembabkan bibir Anda setiap hari. Berikut beberapa hal lagi yang dapat Anda tambahkan ke rutinitas perawatan bibir Anda:

- Campurkan dan oleskan Vaseline dan vitamin E, atau cukup gunakan lip balm yang terbuat dari bahan alami untuk mengubah bibir gelap Anda.
- Beberapa pelembap bibir bahkan dilengkapi dengan perlindungan SPF untuk melindungi kulit halus di mulut Anda dari sinar UV yang keras.
- Eksfoliasi kulit bibir Anda dengan eksfoliator atau scrub bibir buatan sendiri setiap dua hari sekali.

2. Hindari Menggunakan Terlalu Banyak Produk

Kulit di bibir Anda sangat halus. Sebagian besar produk bibir mengandung bahan-bahan keras tertentu yang cenderung lebih berbahaya daripada manfaatnya. Semakin banyak produk riasan atau perawatan kulit yang Anda gunakan, semakin rentan bibir Anda mengalami kerusakan. 

Inilah sebabnya mengapa banyak ahli perawatan kulit direkomendasikan untuk menggunakan produk alami atau lip balm buatan sendiri untuk menyegarkan dan mencerahkan bibir Anda. Anda juga dapat menggunakan lip liner bebas bahan kimia untuk mempertegas bentuk bibir dan memberi warna pada bibir Anda.

3. Praktikkan Gaya Hidup Sehat

Seberapa sehat kulit Anda tergantung pada seberapa baik Anda merawat tubuh Anda. Untuk menjaga kulit bersinar dan tampak awet muda, Anda perlu mengikuti gaya hidup sehat. Inilah yang dapat Anda lakukan:

Ini berarti mengonsumsi makanan seimbang yang mengandung buah-buahan, sayuran, sayuran hijau, kacang-kacangan, kacang-kacangan, daging yang baik, dan biji-bijian. Saat Anda makan sehat, Anda bisa melihat perubahan pada bibir Anda.

Menjaga diri Anda tetap terhidrasi serta bibir kering lebih rentan terhadap kerusakan dan penggelapan. Juga, berolahraga setiap hari. Anda mungkin terkejut betapa produk ini membantu menjaga bibir Anda tetap lembab. Hindari merokok dan kehidupan yang penuh stres. Carilah pilihan pereda stres, seperti meditasi atau terapi. Selain itu, kurangi konsumsi kafein Anda.

4. Perawatan Medis

Ada beberapa perawatan, seperti pengelupasan kimiawi dan pemutihan kulit, yang dapat membantu mengurangi pigmentasi bibir. Namun jangan menggunakannya tanpa berkonsultasi dengan dokter kulit karena mungkin mengandung bahan yang mungkin terlalu kuat untuk kulit halus di bibir. Asam kojic, yang diekstraksi dari jamur, juga menghambat produksi melanin di kulit. Krim retinoid topikal dapat digunakan untuk mencerahkan bibir dan mengurangi pigmentasi yang disebabkan oleh peningkatan pergantian sel yang cepat.

5. Pengobatan Alami

Terdapat beberapa bahan alami yang dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi di bibir Anda, meningkatkan kelembapan, dan menjadikannya merah muda. Antara lain berupa madu, gliserin, lidah buaya, mentimun, jus jeruk nipis, cocoa butter, vitamin C, minyak zaitun, dam kunyit. 

Pilihan Editor: 

STYLECRAZE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."