Oleh-oleh Khas Palembang Bukan Hanya Pempek, Coba 4 Jenis Makanan Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
 Semangkok pempek kapal selam di sentra pempek, Jalan Mujahiddin, Pasar 26 Ilir, Palembang, Sumatera Selatan. Tempo/Francisca Christy Rosana

Semangkok pempek kapal selam di sentra pempek, Jalan Mujahiddin, Pasar 26 Ilir, Palembang, Sumatera Selatan. Tempo/Francisca Christy Rosana

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pempek memang jadi penganan wajib yang harus dicicipi kala wisatawan melancong ke Palembang. Namun, masih ada oleh-oleh khas Palembang yang bisa dibawa pulang, selain penganan dengan adonan ikan tenggiri atau belinda itu.

Ada yang enak dinikmati pakai nasi, seperti kerupuk, ada juga yang cocok disantap sebagai teman minum teh. Berikut ini pilihan oleh-oleh yang bisa dibawa dari Palembang selain pempek.

1. Kerupuk Keriting

Foto Dok. (iStockphoto/Tyas Indayanti)

Disebut juga kerupuk unyel atau kerupuk sanggul. Bentuknya seperti sanggul perempuan Jawa: bulat dan bermotif meliuk-liuk.

Kerupuk keriting terbuat dari ikan tenggiri. Aroma ikannya sangat lekat. Teksturnya renyah dan empuk. Cara pengemasannya sederhana, yakni dibungkus menggunakan plastik putih.

Kerupuk keriting biasanya dinikmati dengan nasi hangat atau sambal. Bisa juga dimakan untuk camilan. Harga sebungkus kerupuk keriting dengan berat 2 ons yaitu Rp 15 ribu.

2. Kerupuk Lempang

Dok. umkm.madiunkota.go.id

Sama sepeti pempek, kerupuk lempang terbuat dari adonan tepung terigu dan ikan belinda atau tenggiri. Bentuknya bulat besar, sebesar telapak tangan orang dewasa.

Ada dua varian kerupuk lempang, yakni kerupuk yang dipanggang dan kerupuk yang digoreng. Biasanya, wisatawan paling banyak memburu lempang panggang. Rasanya lebih gurih dan ada aroma wangi seperti ikan asap. Sekantong kerupuk lempang dengan berat 2 ons dijual seharga Rp 15 ribu.

3. Tekwan Kering

Dok.tokopedia.com

Tekwan adalah versi lain pempek. Adonannya sama, hanya penyajiannya menggunakan kuah kaldu ikan. Tekwan juga tak disantap dengan cuka atau cuko.

Tekwan kering merupakan tekwan yang dipotong kecil-kecil, lantas dijemur di bawah sinar matahari. Tekwan kering dikemas memakai kotak makan yang terbuat dari plastik mika. Makanan ini bisa disantap langsung atau direbus kembali. Harga per bungkus berukuran setengah kilogram dijual Rp 50 ribu.

4. Lempok Durian

Lempok Durian, Olahan Dodol Khas Bengkalis ( foto : istimewa )

Pempek terkenal dengan duriannya. Maka, di sini banyak ditemui penganan olahannya. Salah satunya lempok. Lempok hampir mirip dengan dodol lantaran terbuat dari bahan utama gula aren. Bedanya, lempok durian punya dominasi rasa durian yang kuat. Bentuknya juga lebih besar dari dodol pada umumnya.

Lempok durian Palembang enak dimakan berdampingan dengan teh pahit. Harga per bungkus lempok berkisar Rp 30 ribu.

Pilihan Editor: Oleh-oleh Khas Surabaya, dari Kue Spikoe hingga Sambal Bu Rudy yang Legendaris

FRANCISCA CHRISTY ROSANA | REZKI ALVIONITASARI 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."