Oleh-oleh Khas Surabaya, dari Kue Spikoe hingga Sambal Bu Rudy yang Legendaris

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Spikoe Resep Kuno. Foto: Website Spikoe Resep Kuno.

Spikoe Resep Kuno. Foto: Website Spikoe Resep Kuno.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Ibu Kota Jawa Timur ini memiliki banyak destinasi wisata yang patut dikunjungi saat liburan tiba. Meski wisata alamnya kurang unggul, namun masih banyak potensi wisata lain seperti kuliner dan wisata sejarah. Tak mengherankan banyak wisatawan luar kota yang berburu oleh-oleh khas Surabaya ini.  

Ada banyak sekali oleh-oleh khas Surabaya yang wajib Anda beli ketika berkunjung ke Kota Pahlawan tersebut. Oleh-oleh khas Surabaya ada banyak ragamnya mulai dari makanan, souvenir hingga kerajinan. Kali ini Cantika akan mengulas oleh-oleh kas Surabaya berupa makanan atau kudapan. 

Berikut ini, akan disajikan beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya terbaik yang wajib Anda beli. Simak daftarnya di bawah ini. 

1. Kue Spikoe Kuno Surabaya

Dok. tokobogajaya.com

Kue Spikoe merupakan makanan berupa kue sejenis bolu yang mempunyai tekstur sangat lembut. Spikoe Surabaya menjadi oleh-oleh yang wajib Anda beli saat berkunjung ke kota tersebut. Salah satu spikoe yang paling populer di Surabaya adalah Spikoe Kuno Surabaya. Spikoe ini memiliki dua lapis kue yaitu lapis coklat dan lapis kuning. Di tengahnya terdapat selai dan juga kismis yang membuat cita rasanya semakin legit. Anda pun bisa dengan mudah membeli spikoe ini di berbagai pusat oleh-oleh Surabaya. 

2. Kerupuk Ikan Kenjeran

Dok. Shopee

Surabaya memiliki kawasan pantai yang terkenal akan hasil lautnya, yaitu kawasan Pantai Kenjeran. Di pantai tersebut dijual banyak makanan olahan hasil laut seperti ikan segar, ikan asap, ikan asin dan kerupuk ikan. Salah satu olahan hasil lautnya yang paling populer dan cocok dijadikan oleh-oleh adalah kerupuk Ikan Kenjeran. Kerupuk ikan kenjeran memiliki aroma yang khas dan teksturnya yang renyah. Kerupuk ini bisa dibeli dalam kemasan siap santap maupun mentah.

3. Almond Crispy

Dok. jdlines.com

Oleh-oleh khas Surabaya kekinian yakni almond crispy yang merupakan cemilan berbentuk bulat tipis dan tentunya bertekstur krispy. Di atasnya biasanya diberi topping almond dan keju. Almond Crispy tersedia dalam berbagai rasa, mulai dari cokelat, original, matcha dan masih banyak lainnya. Makanan ringan ini dapat dengan mudah ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh Surabaya.

4. Belinjo Udang

Dok.cookpad.com

Belinjo udang goreng merupakan oleh-oleh khas Surabaya berupa emping yang terbuat dari campuran biji melinjo dan daging udang. Berbeda dengan emping melinjo kebanyakan, cita rasa belinjo udang sangat lezat, gurih, dan nikmat. Teksturnya juga sangat garing. Belinjo udang bisa dibeli dalam bentuk matang maupun mentah.

5. Siropen Telasih

Siropen Telasih. shutterstock.com

Berkunjung ke Surabaya kurang lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh Siropen Telasih. Sirup ini merupakan merek sirup yang telah ada sejak tahun 1923 dan didirikan oleh orang Belanda bernama JC Van Drongelen dan Hellfach. Ada banyak varian rasa Siropen Telasih mulai dari rasa mawar, frambozen, vanili, coco pandan, leci, hazelnut, karamel dan masih banyak lagi. Siropen Telasih bisa dibeli untuk oleh-oleh di Jalan Meliwis 5, Surabaya, Jawa Timur. 

6. Cakwe Peneleh

Dok.pexelmarket.co

Cakwe merupakan makanan berupa roti goreng yang memiliki tekstur lembut dengan cita rasa yang gurih. Di Surabaya, terdapat cakwe yang cukup populer bernama cakwe Peneleh. Bukan hanya cakwe original, Cakue Peneleh juga menjual cakwe dengan isi cincangan udang dan ayam. Bagi Anda yang ingin membelinya sebagai oleh-oleh khas Surabaya, Anda bisa membelinya di Pasar Atom, Surabaya. 

7. Abon Sapi Padmosusastro

Abon Sapi Padmosusastro. FOTO/X

Oleh-oleh khas Surabaya yang cukup melegenda yakni Abon Sapi Padmosusastro. Olahan yang berasal dari daging sapi ini sudah didirikan sejak tahun 1995. Nama Abon Sapi Padmosusastro sendiri diambil dari kampung sentra pembuatan abon tersebut yang berlokasi di jalan Padmosusastro sebagai sentra abon sapi. Rasanya yang enak dan kualitas yang baik membuat abon sapi ini cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga.  

8.  Sambal Bu Rudy

Dok.depotburudy.co.id

Sambal Bu Rudy menjadi oleh-oleh khas Surabaya yang terkenal dan sangat legendaris. Sambal Bu Rudy merupakan sambal yang dikemas dalam botol plastik dan rasanyanya dijamin pedas nikmat. Salah satu varian sambal yang banyak diburu ialah sambal bawang.  

Pilihan Editor: Deretan Oleh-oleh Khas Surabaya, Bandeng Asap hingga Siropen Telasih

RIZKI DEWI AYU | VIVIA AGARTA FEBRIATI | ISTIQOMATUL HAYATI 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."