Mengenal Apa Itu Lip Blushing, untuk Tampilan Bibir Merah Alami tanpa Lipstik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bibir. Unsplash.com/Anna Sastre

Ilustrasi bibir. Unsplash.com/Anna Sastre

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Lip blushing salah satu cara untuk mendapatkan warna bibir alami. Dari namanya, proses pewarnaan bibir ini agar tampak merona dari sebelumnya. Tekniknya mirip seperti microblading alis dan eyeliner tattoo, tapi dilakukan bibir. Nah bagi kamu yang belum tahu, berikut teknik perawatan lip blushing, efek samping, dan kisaran biayanya.

Apa Itu Lip Blushing?

Lip blushing adalah tato semi permanen yang secara alami mempercantik warna bibir dan mempertegas bentuknya. Dengan kata lain, perawatan ini memberikan tampilan bibir merah alami tanpa pulasan lipstik.

“Ini adalah bentuk riasan semi permanen, mirip dengan microblading untuk alis,” ucap Diane Bowman Mills, teknisi dan pelatih kosmetik permanen bersertifikat di About Face di Brielle, New Jersey, Amerika Serikat, dikutip dari Real Simple, 29 Februari 2024.

Selama prosedur lip blushing, seniman profesional menggunakan jarum untuk memasukkan pigmen ke dalam bibir, menciptakan warna halus yang menyerupai warna bibir atau perona pipi.

Sesuai dengan namanya, ini bukan tentang menciptakan warna bibir yang berani atau mencolok—seperti merah cerah atau merah jambu cerah—tetapi lebih tentang menciptakan rona yang tampak alami.

“Saat kita memasuki era tren kecantikan yang lebih alami, perona pipi—jika dilakukan dengan benar—dapat melengkapi bibir yang paling tipis dan paling asimetris sekalipun,” kata Limor Weinberg, praktisi perawat bersertifikat dengan gelar master di bidang estetika. di The Clinic di Miami, Florida.

“Saya sangat merekomendasikan lip blushing kepada setiap pasien filler bibir saya karena, [menurut saya], keduanya merupakan kombinasi yang sempurna,” ucapnya.

Perawatan dan Pemulihan Lip Blushing

Sesi pengobatan bervariasi, tetapi umumnya berlangsung antara satu dan tiga jam, kata Mills. Sebelumnya, teknisi akan mengoleskan krim mati rasa untuk mengurangi rasa sakit atau ketidaknyamanan, dan mereka akan terus mengoleskannya kembali sepanjang janji temu untuk menjaga area tersebut mati rasa. Mereka juga akan menggunakan kompres dingin untuk membantu meminimalkan pembengkakan.

Jackie Spagnuolo, praktisi perawat bersertifikat dan pendiri Beauty Nurse New York, mengatakan bahwa sensasi “berdengung atau bergetar” selama proses tersebut adalah hal yang wajar.

“Waktu pemulihan biasanya 7 hingga 10 hari penyembuhan, mirip dengan pemulihan tato di mana permukaan kulit akan berkeropeng dan terkelupas,” tambah Mills. Rasanya mirip dengan mengatasi bibir pecah-pecah.

Selama proses penyembuhan, sekitar 30 persen hingga 50 persen warna yang ditanamkan akan hilang, dan sisa pigmen yang tertinggal di bibir akan meninggalkan warna yang lebih lembut daripada yang ditanamkan sebelumnya.

Terkadang, diperlukan beberapa janji temu untuk mendapatkan efek yang Anda inginkan. Mills mengatakan ini mungkin terlihat seperti dua hingga tiga sesi yang diberi jarak setiap delapan hingga 10 minggu. Sangat penting untuk mengikuti instruksi perawatan setelahnya yang diberikan oleh seniman untuk memastikan penyembuhan yang tepat dan hasil yang bertahan lama.

Apakah Lip Blushing Itu Sakit?

Lip blushing dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang mirip dengan microblading, suntikan, atau microneedling. Namun, area tersebut cukup mati rasa untuk meminimalkan rasa sakit, dan kebanyakan orang menganggap pengobatan ini dapat ditoleransi, kata Weinberg.

Berapa Biaya Lip Blushing?

Biaya lip blushing bervariasi tergantung pada pengalaman dan permintaan artis, berapa banyak sesi yang direkomendasikan, dan lokasi geografis Anda. Rata-rata, perawatan lip blushing di kisaran USD500 hingga USD1500 atau sekitar hampir Rp8 juta hingga Rp Rp24 juta.

Berapa Lama Lip Blushing Bertahan?

Pigmen lip blushing secara alami memudar seiring berjalannya waktu, biasanya berlangsung antara satu hingga tiga tahun, kata Spagnuolo. Berapa lama itu bertahan tergantung pada faktor-faktor seperti jenis kulit, gaya hidup, dan perawatan Anda. Sentuhan biasa dilakukan untuk mempertahankan warna dan bentuk yang diinginkan.

Pilihan Editor: 7 Tips Kecantikan untuk Pemilik Bibir Tipis

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."