Manfaat Berenang pada Anak, Stimulasi Motorik dan Melatih Pernapasan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi anak berenang. Shutterstock.com

Ilustrasi anak berenang. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dokter anak di Rumah Sakit Hermina Kemayoran, Reza Fahlevi membagikan ulasan manfaat berenang pada anak. Ia mengatakan anak usia di bawah 1 tahun tidak direkomendasikan berenang di kolam renang. Namun, ia menjelaskan di Indonesia belum ada rekomendasi khusus terkait usia yang tepat untuk batita berenang di kolam renang. 

“Tapi kalau dari AAP (American Academy of Pediatrics) dulu direkomendasikan anak itu berenang di kolam renang, bukan baby spa, di atas usia 4 tahun,” kata Reza.

Ia menjelaskan seiring dengan berkembangnya penelitian, banyak anak usia 1-4 tahun yang tenggelam di kolam renang karena belum bisa berenang. Oleh sebab itu, rekomendasi AAP kemudian diubah. Reza juga mengatakan untuk bayi usia 4-6 bulan sudah direkomendasikan untuk berendam di kolam baby spa sebab usia tersebut sudah memungkinkan bayi untuk mengangkat kepala.

Manfaat Berenang pada Anak 

Reza juga menjelaskan manfaat berenang pada anak, beberapa di antaranya adalah untuk melatih motorik hingga menambah tinggi badan.

"Berenang termasuk ke dalam olahraga atau aktivitas fisik pada anak. Jadi, manfaatnya banyak, seperti melatih motorik anak, salah satunya. Kemudian juga menjaga kesehatan anak secara umum,” jelas Reza.

"Tinggi badan itu salah satunya dipengaruhi oleh faktor kesehatan anak secara umum. Artinya, gerakan fisik dan lain-lain. Jadi, bisa secara tidak langsung menyebabkan anak tinggi dengan aktivitas fisik yang teratur.” 

Tak hanya itu, Reza pun menjelaskan saat anak berenang juga dapat melatih keseimbangan pada anak, melatih pernapasan sehingga aman untuk anak-anak penderita asma.

"Kemudian, anak-anak juga bisa jadi ceria dengan berenang. Oleh sebab itu, berenang bisa meningkatkan ikatan antara anak dengan orang tua. Itu juga penting,” ucap Reza.

Pilihan Editor: Tips Mencegah Anak Tenggelam saat Berenang, Belajar Teknik Napas Buatan

ANTARA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."