Deretan Oleh-oleh Malaysia, Kerongsang hingga Tau Sah Piah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Tau Sah Piah. Foto : Mykitchen

Tau Sah Piah. Foto : Mykitchen

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat berlibur, membeli oleh-oleh salah satu aktivitas yang menarik untuk semakin mengenal budaya dan masyarat asli di sana. Nah kali ini, kita mengulik oleh-oleh Malaysia. Negeri Jiran ini menyimpan banyak destinasi wisata yang indah dan kaya akan budaya. Negara ini juga terkenal akan masyarakatnya yang multikultural, namun tetap harmonis. Berikut 11 rekomendasi oleh-oleh Malaysia yang bisa dijadikan pilihan, dari pua kumbu hingga roti jala khas Melayu

1. Wau Bulan

Kalau biasanya layang-layang terbuat dari bahan plastik tipis tanpa motif, layangan khas Malaysia ini berbeda. Wau Bulan merupakan layang-layang bermotif seni berukuran besar. Ukurannya bisa mencapai  3,5 m x 2,5 m.

Wau Bulan. Shutterstock

Motif Wau Bulan menggambarkan budaya tradisional Negeri Jiran. Wau Bulan didominasi oleh motif bulan sabit, di bagian depan dihias ukiran corak bunga. Layangan ini sudah mendunia, pernah muncul di festival-festival internasional. Harga Wau Bulan ini diperkirakan antara Rp100.000 sampai dengan Rp3.000.000.

2. Pua Kumbu

Kain tenun ini merupakan warisan budaya asli Suku Iban, Serawak, Malaysia. Kerajinan kain tenun ini memiliki desain estetis sekaligus mengandung nilai tradisi suku Iban. Desain motif ini terdiri atas lima kategori, antara lain humanoid, abstrak, kontemporer, flora, dan fauna.

Unsur estetik dan filosofinya membawa Pue Kumbu menjadi peraih penghargaan internasional kategori Penghargaan Keunggulan Kerajinan Tangan Dewan Kerajinan Dunia UNESCO. Harga Pua Kumbu berkisar Rp80.000-Rp150.000

3. Labu Sayong

Labu Sayong. Tangankraf

Labu sayong merupakan tembikar hitam berbentuk labu yang umumnya digunakan sebagai hiasan atau pajangan. Ukiran labu berbentuk motif bunga, seperti bunga senduk, cengkih, lawang, pucuk rebung, pandi, dan bunga tanjung. Labu sayong sudah diproduksi secara massal di daerah Kuala Kangsar. Satu labu sayong ini dibanderol mulai dengan perkiraan harga Rp900.000-an

4. Miniatur Menara Petronas

Menara Kembar Petronas menjadi ikon negara Malaysia. Biasanya sehabis pulang jalan-jalan dari Malaysia, banyak yang membeli miniatur menara pencakar langit ini, cocok untuk dijadikan hadiah dan kenang-kenangan. Miniatur menara ini juga sering dimodifikasi menjadi gantungan kunci kecil. Kisaran harganya sekitar Rp50.000-Rp200.000.

5. Kerongsang

Kerongsang. Tokopedia

Buat perempuan, kerongsang bisa jadi oleh-oleh yang sangat berguna. Kerongsang modelnya seperti bros yang awalnya digunakan untuk hiasan pakaian adat Malaysia. Berbentuk kristal kecil warna warni yang sekelilingnya dibentuk ukiran, kerongsang akan mempercantik busana khususnya ketika sedang memakai kebaya di acara seremonial.

6. Old Town White Coffee

Kopi legendaris khas Malaysia ini wajib dicoba para pecinta kopi.  Brand kopi ini sudah terverifikasi halal. Biasanya kopi ini dijual per paket yang isinya 15 sachet. Varian rasanya juga banyak jadi menyesuaikan selera. Kunjungi OldTown White Coffee, jika mau merasakan langsung seduhan kopi ini. Estimasi harga satu pak kopi ini Rp70.000-Rp100.000

7. Roti Jala Khas Melayu

Roti Jala khas Melayu. Shutterstock

Roti yang bentuknya berjaring-jaring mirip jala (net) ini menjadi favorit banyak orang. Teksturnya lembut, rasanya juga ada yang manis dan asin. Roti jala yang asin biasanya dihidangkan dengan kuah kari Melayu. Untuk roti yang manis diberikan topping madu, susu kental manis, sirup, dan lainnya. Harga roti jala setiap merek berbeda-beda. Perkiraan harga sebungkus roti jala, misalnya merek Nyonya Kuih, mulai dari harga Rp100.000.

8. BOH Tea

BOH Tea sudah 90 tahun memberikan produk teh terbaik di negara ini. BOH Tea diproduksi dari daun teh berkualitas yang berasal dari Cameron Highlands, sebuah lahan perkebunan teh yang paling subur di negeri Jiran.

Rumah produksinya juga bisa dikunjungi wisatawan, namanya BOH Tea Centre. Di sana, wisatawan akan menjumpai lahanan perkebunan luas dan menikmati seduhan teh di kafetaria. Teh instan ini dibanderol seharga Rp80.000-Rp150.000 (tergantung varian yang dipilih).

9. Karipap

Karipap. Youtube

Pastel khas Malaysia ini memiliki rasa gurih, cocok sekali dijadikan cemilan saat ngopi di pagi hari. Karipap atau curry puff ini pertama kali ditemukan oleh etnis Austronesia yang sempat lama tinggal di Semenanjung Malaya pada 1800-an. Kemudian, makanan ini menyebar ke berbagai wilayah di Malaysia. Harga karipap dengan brand HOMI EXTRA Large dibanderol Rp85.000-Rp260.000.

10. Milo Cube Malaysia

Milo Cube sudah cukup populer di banyak kalangan. Rasanya manis sama seperti produk milo umumnya. Hanya saja Milo Cube ini bentuknya cube (kotak) yang dibungkus kecil. Selain jadi cemilan, Milo Cube juga bisa diseduh untuk diminum. Satu pak Milo Cube berisi 100 cube, harganya Rp85.000-Rp100.000

11. Tau Sah Piah

Namanya memang terdengar mirip makanan khas Cina, tapi ini merupakan pastry khas Penang, Malaysia.  Penduduk wilayah Penang didominasi oleh masyarakat beretnis Tionghoa. Itulah sebabnya, makanan ini begitu populer di kawasan Malaysia.

Tekstur tau sah piah mirip pia yang sedikit renyah di luar dan lembut di bagian dalamnya. Rasanya ada yang asin dan manis. Cemilan ini bisa dinikmati saat ngopi atau tea time bersama keluarga. Harga tau sah piah brand Ghee Hiang antara Rp37.000-Rp54.000.

Itulah deretan oleh-oleh Malaysia yang bisa dipilih. Perlu diingat, harga yang disebutkan ini bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari toko dan lokasi membeli. 

Pilihan Editor: 10 Kuliner Khas Sidoarjo, dari Lontong Balap hingga Tahu Tek-Tek

NETHANIA ROMAULI | DINI DIAH

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."