12 Pantangan Saat Imlek yang Perlu Diketahui, Menagih Utang hingga Makan Bubur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Imlek 2024 Tahun Naga Kayu. Freepik.com

Ilustrasi Imlek 2024 Tahun Naga Kayu. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjelang perayaan Tahun Baru Cina atau Imlek 2575 Kongzili pada Sabtu, 10 Februari 2024, ada sejumlah tradisi maupun pantangan yang dipercaya masyarakat Tionghoa secara turun-temurun. Dalam ulasan kali ini mengulik sejumlah pantangan saat Imlek. Disebut pantangan karena jika dilakukan bisa membawa kemalangan dan kesialan dalam hidup di masa mendatang. Berikut ini 12 pantangan saat Imlek.

1. Mengucapkan kata-kata buruk atau kehilangan seperti 'kematian', 'penyakit', 'kehilangan', 'sakit', 'sakit', 'miskin', 'kosong' dan banyak lagi dari kosakata Anda. Menurut kepercayaan umum, mengucapkan kata-kata ini selama festival mungkin akan membuat Anda terjebak dengan kata-kata tersebut sepanjang tahun dan membawa kemalangan.

2. Memarahi anak-anak selama festival. Alasannya tindakan itu bisa menjadi pola sepanjang tahun. Selesaikan segala masalah yang timbul dengan damai. Jangan menyerah pada pertarungan.

3. Memotong rambut adalah hal yang sangat dilarang. Jika dilanggar bisa menjadi kutukan bagi paman Anda.

4. Memecahkan kaca atau porselen. Jika terjadi secara tak disengaja, bungkuslah dengan kertas merah sambil mengucapkan kalimat yang menyenangkan. Buang sampah berbalut warna merah ini ke danau setelah Tahun Baru.

5. Menagih utang dan meminjam uang. Aktivitas tersebut bisa berdampak buruk pada kedua belah pihak.

6. Menyapu atau membersihkan selama Imlek karena dipercaya bisa menyapu keberuntungan Anda selama setahun ke depan.

7. Memakai benda tajam seperti gunting, jarum, pisau dan lain-lain karena dipercaya bisa memotong jalur keberhasilan.

8. Memakai baju rusak saat Imlek dipercaya bisa membawa kesialan bagi pemakainya.

9. Masih soal baju, memakai baju hitam atau putih termasuk pantangan saat Imlek karena identik dengan kedukaan. Maka dari itu, masyarakat yang merayakan Imlek memakai busana berwarna cerah.

10. Dalam bahasa Cina, 'Ikan' diucapkan mirip dengan 'kelimpahan'. Oleh karena itu, hindari makan kepala atau ekor ikan dengan cara apa pun. Meninggalkan beberapa ikan di malam tahun baru untuk keesokan harinya menandakan bahwa Anda akan memiliki banyak kekayaan untuk tahun berikutnya.

11. Penanak nasi Anda tidak boleh kosong di malam Imlek. Jika itu terjadi diyakini Anda bisa mengalami kelaparan.

12. Makan bubur termasuk pantangan saat Imlek. Riwayatnya di zaman dahulu, bubur adalah makanan yang dikonsumsi orang miskin. Jika hidangan itu dimakan saat perayaan Imlek dipercaya sebagai simbol kemiskinan.

Pilihan Editor: 7 Tradisi Imlek yang Perlu Kamu Ketahui

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."