Ada Apa Saja di Tokopedia Fashion Market?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Tokopedia Fashion Market secara offline digelar di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, pada 7 hingga 11 Februari 2024. Foto: Dok. Tokopedia

Tokopedia Fashion Market secara offline digelar di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, pada 7 hingga 11 Februari 2024. Foto: Dok. Tokopedia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Melihat pertumbuhan mode atau fashion lokal terus meningkat, Tokopedia untuk kali pertama menggelar Tokopedia Fashion Market. Bazar yang mewadahi sejumlah merek mode lokal itu digelar secara offline di Mal Kota Kasablanka atau Kokas, Jakarta Selatan dari tanggal 7 hingga 11 Februari 2024.

"Kontribusi kreatif lokal sampai 7,8 persen Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Dan, kategori fashion merupakan produk kedua terbesar yang berkontribusi terhadap industri kreatif. Di Tokopedia sendiri, produk fashion paling laris, terus dicari selama 2023," kata Head of Fashion Category Development Tokopedia, Aldhy Darmayo di Jakarta Selatan, Rabu, 7 Februari 2024.

"Dan, salah satu usaha kami untuk terus mendukung penggiat usaha lokal menghadirkan Tokopedia Fashion Market, ini acara offline pertama dari (kategori) fashion Tokopedia. Jadi, kami memberikan panggung lebih luas lagi kepada para penggiat usaha lokal untuk mengembangkan bisnisnya," tambahnya.

Lantas, produk apa saja yang bisa ditemukan di Tokopedia Fashion Market? Berdasarkan pantauan Cantika, ada lebih dari 20 merek lokal. Di atrium utama Kokas, ada sederet booth merek busana wanita, pria, baju muslim beserta jilbab, tas, alas kaki hingga aksesori. Beranjak ke area Food Society, hampir sama seperti di atrium utama plus ada baju bayi dan anak serta produk kecantikan.

Salah satu booth baju bayi dan anak-anak di Tokopedia Fashion Market 2024. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Promo Menarik di Tokopedia Fashion Market

Menurut Aldhy, pengunjung bisa mendapatkan rilisan eksklusif (hanya tersedia di Tokopedia) dari merek mode okal yang akan dirilis selama Tokopedia Fashion Market berlangsung, diskon hingga 90 persen, flash sale, cashback hingga Rp1.000.000, promo jasa titip (jastip), serta penawaran menarik lain.

Pengunjung Tokopedia Fashion Market juga dapat mengikuti kegiatan menarik di bazar, seperti fashion show, hadiah menarik setiap pembelian kelipatan Rp100.000 lewat program reward card, photo booth dan lain-lain.

Fitur Baru ‘Ambil di Tempat’ di Tokopedia Fashion Market

Demi meningkatkan pengalaman belanja, Tokopedia meluncurkan fitur terbaru ‘Ambil di Tempat’ bersamaan dihelatnya Tokopedia Fashion Market. Apa itu? Fitur ini mempermudah pengunjung mengambil produk yang dibeli melalui toko online penjual, yang membuka booth di bazaar Tokopedia Fashion Market secara langsung

"Kombinasi pengalaman belanja offline dan online, jadi satu," ucap Aldhy.

Pengunjung bisa menggunakan fitur ini dengan cara sebagai berikut (1) pilih produk yang ingin dibeli di offline booth, (2) scan QR code yang tersedia di masing-masing offline booth, (3) di halaman checkout, pilih pengiriman ‘Ambil di Tempat’, (4) pilih metode pembayaran dan lakukan pembayaran, (5) setelah pembayaran berhasil, pembeli bisa langsung mengambil pesanan secara offline di booth.

“Fitur Tokopedia ‘Ambil di Tempat’ sudah bisa digunakan untuk membeli produk selain fashion di berbagai pengalaman belanja online to offline (sebaliknya). Dengan adanya fitur ini kami berharap bisa mempermulus pengalaman belanja online to offline (sebaliknya) dan memungkinkan lebih banyak masyarakat merasakan kemudahan bertransaksi lewat ekosistem Tokopedia,” kata Aldhy.

Industri Fashion secara Digital Terus Bertumbuh

Menurut Aldhy, di Tokopedia, sejumlah wilayah mengalami peningkatan tertinggi jumlah penjual produk fashion sepanjang tahun 2023, antara lain Bangkalan (Jawa Timur), Lebak (Banten) dan Tanjung Pinang (Kepulauan Riau) dengan rata-rata kenaikan hampir 1,5 kali lipat.

Tingginya permintaan masyarakat akan produk fashion terlihat dari tren belanja online di Tokopedia yang mencatat bahwa fashion menjadi salah satu kategori produk yang paling laris sepanjang tahun 2023. Sejumlah wilayah juga mengalami peningkatan tertinggi transaksi produk fashion melalui Tokopedia, antara lain Raja Ampat (Papua Barat), Yahukimo (Papua Pegunungan) dan Puncak Jaya (Papua Tengah) dengan rata-rata kenaikan hampir 2 kali lipat.

“Data internal Tokopedia tercatat bahwa sejumlah produk mengalami transaksi tertinggi sepanjang 2023 di kategori Fesyen Wanita, antara lain jam tangan, sandal dan tas. Sedangkan di kategori Fesyen Pria, yaitu t-shirt, sneakers, dan tas,” ucap Aldhy.

Sebagai informasi, Tokopedia Fashion Market juga berlangsung secara daring atau online pada 19 hingga 29 Februari 2024 di situs maupun aplikasi Tokopedia.

Pilihan Editor: Ada Dua Fitur Baru di Tokopedia, Apa Saja Kegunaannya saat Belanja Online?

 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."