Cerita Ivan Gunawan Menjajal Bisnis Kompor

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ivan Gunawan menunjukkan salah satu kompor SRY. Foto: Istimewa

Ivan Gunawan menunjukkan salah satu kompor SRY. Foto: Istimewa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Desainer Ivan Gunawan atau Igun menjajal bisnis kompor sejak tiga tahun lalu. Dia baru bagikan kisah itu baru-baru ini sebelum peragaan busana koleksi Raya Mandjha Hijab. Igun mengaku yang melatarbelakangi dia mencoba peruntungan usaha di kompor berkaca dari bisnis fashion-nya yang didominasi pelanggan perempuan.

"Tiga tahun terakhir ini saya punya usaha baru, bikin kompor. Karena 80 persen rezeki saya dari perempuan. Jadi, (saya berpikir apalagi) kebutuhan perempuan (selain pakaian), salah satunya kompor," jelasnya di Jakarta Pusat, Rabu, 24 Januari 2024.

Selain melihat pasar yang loyal padanya selama bertahun-tahun, ibundanya yang suka memasak juga menjadi inspirasi.

"Dan saya dibesarkan oleh ibu yang memasak untuk saya setiap hari di dapur," jelasnya.

Ketika ditanya mengapa baru sekarang dia bagikan kisah bisnis kompor, Igun mengaku butuh waktu mempelajari dan bangun jejaring. Sebab usahanya kali ini jauh berbeda dari bisnis mode dan kecantikan yang sudah dia geluti puluhan tahun.

"Karena ada trial and error dulu, aku bangun jaringan dulu. Harus dalam kondisi yakin, baru tahun ini berani launching (rilis)," tuturnya.

Partner dengan Teman Lama di Bisnis Kompor

Tanpa menyebut lama, Igun mengatakan dia bekerja sama dengan teman lamanya dalam bisnis kompor SRY (Sinar Raya Yogyakarta).

"Saya bersyukur sebagai desainer opportunity apa pun besar banget, salah satunya mencoba peruntungan di kompor. Saya ber-partner dengan teman lama saya, dia pny usaha keluarga kompor," katanya.

"Saya melihat dan tertarik terjun pengen buat kompor dengan harga friendly (terjangkau)," tambahnya.

Lantas apa yang membedakan kompor SRY dengan kompor dua tungku lainnya? Dari segi warna, Igun mengatakan kompor produksinya menawarkan pilihan warna seperti pastel selain hitam. Warna-warna tersebut terinspirasi dari palet warna koleksi Mandjha Hijab bertajuk "Light of Treasure".

Dia juga mengungkapkan warna-warni kompor tersebut bisa menambah semangat ketika sejumlah ibu membuat konten memasak untuk media sosial mereka.

"Ga ada desain (khusus), saya cuma pilihan warna gemes kekinian. Terinspirasi dari media sosial, sekarang zaman posting, buat konten. Kalo bikin konten, kompornya lucu, jadi semangat lagi," jelasnya.

Selain itu, Ivan Gunawan menyebut harga kompor SRY terbilang terjangkau, yakni Rp500 ribu, dan pembayarannya bisa dicicil tiga kali.

"Bikin produk yang bisa dinikmati banyak orang dengan harga terjangkau. Sementara ini masih di Pulau Jawa, dijual dari rumah ke rumah. Cicilan dengan kerja sama RT/RW setempat agar ibu-ibu di kampung bisa mudah untuk belinya. Harga Rp500 ribu bisa dicicil tanpa bunga," jelas Ivan Gunawan.

Pilihan Editor: Ivan Gunawan Tampilkan Koleksi di Front Row Paris 2023, Inspirasi dari Megahnya Kerajaan Majapahit

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."