Mengulik Tahun Naga Kayu yang Penuh Ambisi, Solidaritas, dan Prinsip Kepercayaan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi Imlek 2024 Tahun Naga Kayu. Freepik.com

Ilustrasi Imlek 2024 Tahun Naga Kayu. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perayaan Imlek 2024 tinggal menghitung hari akan memasuki tahun Naga Kayu. Dalam Feng Shui, Shio adalah lambang binatang yang digunakan untuk mewakili elemen, agar rakyat jelata di zaman Tiongkok dahulu mudah untuk mengingat waktu. Karena rakyat dulu tidak duduk di bangku sekolah, tidak mengenal baca tulis, jadi mengingat lambang binatang akan lebih mudah bagi mereka. 

Mereka akan mudah mengingat bahwa mereka lahir di tahun Shio apa. Tapi sebenarnya ada juga Shio di bulan, hari dan jam. Jadi untuk melihat karakter Shio Naga Kayu, kita tidak menggunakan sifat dari binatang Naga (yang di mana adalah binatang mistik/legenda, yang belum tentu ada di dunia nyata, di masa modern ini), tetapi menggunakan sifat dari elemen Tanah Besar yang diwakili oleh Shio Naga.

Menurut pakar Feng Shui dari Feng Shui Consulting Indonesia di tahun Naga Kayu 2024, Elemen Kayu Besar datang bersama dengan elemen Tanah Besar (Shio Naga). Berikut karakter dari kedua elemen ini.

Elemen Kayu Besar (Kayu Yang | dari YinYang) bayangkan seperti pohon besar di alam. Sifat dari pohon besar ini ada sifat positif dan negatifnya. Sifat positifnya seperti kokoh dan berani. Kemudian pohon juga punya sifat mau terus bertumbuh (selalu mau tumbuh naik ke atas), ambisius, aktif, antusias. Juga ada sifat baik hati, pemberi, bersimpati (seperti pohon yang memberikan teduh kepada binatang sekitar, senang membantu).

"Pohon ini juga punya sifat yang negatif seperti batang pohonnya yang keras kaku bisa berarti keras kepala, mudah konflik, cenderung kasar, impulsif, kurang sabar, sensitif, mudah emosi/ stres," ucapnya melalui wawancara tertulis kepada Cantika, Rabu, 31 Januari 2024. 

Kemudian Elemen Tanah Besar yang diwakili Shio Naga, bayangkan di alam seperti gunung yang berdiri kokoh dan tidak mudah bergerak. Maka sifat positifnya adalah sabar, berprinsip, jujur, stabil, teguh, setia, tulus, suka menolong, percaya (kepercayaan). Dan juga ada sifat negatif seperti keras kepala, tidak fleksibel, sulit berubah, menunda dan belajar dengan cara yang keras.

Bila kedua elemen ini digabungkan (Kayu Besar dan Tanah Besar), bayangkan seperti Hutan Hujan Subur di Area Perbukitan. Kondisinya Indah Menantang dan Butuh Perjuangan Untuk Menaklukkan.

Dengan hadirnya kedua elemen yang sama-sama keras ini, kita akan melihat tren di masyarakat di tahun Naga Kayu adalah tahun yang sensitif dan keras kepala, problem yang dihadapi adalah masalah berhubungan dengan prinsip dan kepercayaan. Pertumbuhan ambisius dikejar dengan cara agresif (persaingan sengit). Kemudian di tahun Naga Kayu, masyarakat akan penuh rasa ingin tahu, solidaritas & terkesan terlalu ikut campur.

Di tahun yang keras ini, sesuai prinsip keseimbangan YinYang , maka sebaiknya kita meraih kemajuan dengan keluwesan dan keramahan. Jadilah fleksibel dan baik hati, di tengah banyak orang terlalu keras kepala mempertahankan prinsip maupun kepercayaannya. Dengan demikian tahun Naga Kayu akan tetap bisa dilewati dengan lebih harmonis.

Pilihan Editor: Jelang Imlek 2024, Uniqlo Hadirkan Koleksi Lifewear Bertema Semangat Tahun Naga Kayu

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."