Berniat Resign? Pertimbangkan Kondisi Keuangan dan 4 Hal Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita keluar kerja atau resign. shutterstock.com

Ilustrasi wanita keluar kerja atau resign. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menemukan pekerjaan yang Anda sukai adalah impian banyak orang. Jika saat ini Anda tidak puas dengan tempat kerja Anda dan berencana berhenti dari pekerjaan alias resign untuk mendapatkan kesempatan yang lebih baik, pertimbangkan hal-hal berikut. Keputusan tergesa-gesa untuk berhenti dari pekerjaan dapat membuat Anda terkendala keuangan dan memicu masalah baru.

1. Ketahui Kondisi Keuangan Anda

Penting untuk mengidentifikasi dan menilai posisi keuangan Anda sebelum resign. Masa pengangguran yang harus Anda lalui setelah berhenti dari pekerjaan seharusnya tidak mengganggu kondisi keuangan Anda.

Dalam hal ini, Anda harus mengetahui tentang tabungan di rekening bank dan merencanakan keamanan finansial Anda sebelum menyerahkan surat pengunduran diri.

2. Renungkan Tujuan Karier Anda

Hal lain yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan adalah tujuan karier di masa mendatang. Misalnya, jika Anda tidak menghabiskan banyak waktu mengerjakan suatu peran pekerjaan, dan Anda memutuskan untuk berhenti di antara waktu tersebut, hal ini dapat memengaruhi peluang Anda untuk dipekerjakan pada peran pekerjaan lain. Selain itu, sebelum beralih ke industri lain, mengevaluasi peluang kerja tetap penting.

3. Pertimbangkan Kondisi Keluarga Anda

Jika sudah berumah tangga, pertimbangkan bagaimana keputusan untuk berhenti dari pekerjaan Anda dapat memengaruhi keluarga Anda dan komitmen lainnya. Penting untuk mengetahui dana yang tersedia bisa membayar premi asuransi, pinjaman mobil, atau tagihan tertunda lainnya selain kebutuhan sehari-hari. Keputusan berhenti dari pekerjaan tidak boleh mengorbankan kebutuhan dasar Anda dan keluarga.

4. Renungkan Kesejahteraan Emosional Anda

Keputusan untuk berhenti dari pekerjaan seharusnya tidak merampas ketenangan mental Anda. Sangat penting untuk mencoba dan memahami bahwa perubahan pekerjaan membutuhkan kesabaran dan tekad yang kuat. Perburuan pekerjaan dapat menimbulkan ketidakpastian dan kecemasan.

Anda perlu mengambil risiko yang telah diperhitungkan sebelum memutuskan untuk berhenti dari peran pekerjaan tertentu.

5. Rencanakan Tindakan Selanjutnya

Pertimbangkan untuk membuat rencana cadangan sebelum mengambil keputusan tergesa-gesa untuk berhenti dari pekerjaan. Pemetaan mental dalam pencarian kerja penting dilakukan sebelum mencari peluang baru. Lakukan analisis SWOT, dan identifikasi keterampilan dan kemampuan Anda untuk peran pekerjaan baru sebelum Anda memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan saat ini.

Memilih resign secara damai sangat penting untuk kelancaran transisi ke tempat kerja lain. Mematuhi kebijakan organisasi dan bersikap tulus di tempat kerja, bahkan ketika Anda sudah menyerahkan dokumen adalah penting untuk memastikan kesan positif di tempat kerja Anda.

Pilihan Editor: Kapan Saat Terbaik untuk Resign? Ini Saran Pakar

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."